7 Rumah Adat di Jawa Barat dan Keunikannya, Tahukah Anda? - WisataHits
Jawa Tengah

7 Rumah Adat di Jawa Barat dan Keunikannya, Tahukah Anda?

Selalu menarik untuk membicarakan keragaman budaya di Indonesia. Salah satunya adalah rumah adat. Dari sekian banyak rumah adat di Indonesia, ada satu yang menarik, yaitu: Rumah Adat di Jawa Barat.

Pada umumnya rumah adat di Jawa Barat memiliki bentuk dan nama yang berbeda-beda tergantung dari daerahnya. Konon, ada ciri khas di setiap tipe rumah adat. Nah, jika Anda ingin mengetahui seperti apa rumah adat di Jawa Barat, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis Rumah Adat di Jawa Barat

7 Rumah Adat di Jawa Barat dan Keunikannya, Tahukah Anda?Ilustrasi rumah adat Sunda di Tasikmalaya (commons.wikimedia.org)

Seperti yang Anda ketahui, rumah adat di Jawa Barat memiliki jenis dan keunikan tersendiri. Silakan baca informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Rumah Adat Kasepuhan Cirebon

Rumah Adat Kasepuhan Cirebon merupakan rumah adat paling populer di Jawa Barat. Keunikan rumah adat ini terletak pada jumlah ruangan yang terbagi menjadi empat bagian. Ada jinem atau paviliun untuk para abdi dalem kerajaan. Pringgodani atau tempat memberi perintah kepada Adipati. Lalu ada Prabayasa sebagai ruang tamu khusus Sultan, tempat belajar dan tempat peristirahatan.

2. Rumah Adat Suhunan Jolopong

Jolopong berarti berbaring lurus dalam bahasa Sunda. Suhunan Jolopong juga dikenal sebagai Suhunan Panjang. Keunikan rumah adat ini terletak pada bentuknya yang agak tua. Bahkan, ada atap bangunan saung yang diyakini memiliki bentuk kuno.

3. Rumah Adat Anjing Tagog

Rumah tradisional Dog Tagog ini cukup unik dan memiliki bentuk atap yang menyerupai anjing yang sedang duduk, lho! Sebenarnya, pemandangan ini adalah kamuflase dari dua tingkat atap yang berdampingan dengan garis suku. Bagian bawah rumah ini tidak ditopang oleh tiang.

4. Rumah Adat Badak Heuay

Rumah Adat Badak Heuay hampir mirip dengan Rumah Adat Dog Tagog. Rumah ini memiliki tingkat atap yang melintasi batang Suhunan yang disebut Haar. Oleh karena itu, bentuk rumah ini menyerupai badak dengan mulut terbuka lebar.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

5. Rumah Adat Parahu Kumureb

Selanjutnya ada Rumah Adat Parahu Kumureb. Rumah ini terdiri dari empat atap trapesium. Tentang bentuk atap bersorak nangkub ada dua Benar (batang pohon yang menghubungkan ujung suhunan dengan sudut rumah) yang berbentuk segitiga lembut. Dilihat dari samping, tampak seperti perahu di perutnya.

6. Rumah Adat Julang Ngaampak

Keunikan Rumah Adat Julang Ngapak terletak pada atapnya yang lebar di kedua sisinya. Ini menjadi lebih jelas jika dilihat dari depan. Bentuk atapnya menyerupai burung yang melebarkan sayapnya di tengah.

7. Buka rumah adat Palayu

Rumah adat Buka Palayu memiliki keunikan pada pintunya. Dilihat dari depan, pintu rumah adat ini akan menghadap satu arah di antara sisi-sisi area atap. Selain itu, Rumah Adat Buka Palayu juga memperlihatkan persilangan garis dari kiri ke kanan.

Baca Juga: Mengenal Ragam Rumah Adat Minangkabau dan Fakta Uniknya

Keunikan Rumah Adat Jawa Barat

7 Rumah Adat di Jawa Barat dan Keunikannya, Tahukah Anda?Ilustrasi rumah adat di Jawa Barat (commons.wikimedia.org)

Rumah adat di Jawa Barat tidak hanya terdiri dari beberapa jenis, tetapi juga memiliki beberapa keunikan yang perlu Anda ketahui. Nah ini dia informasinya :

  • Bentuk rumah seperti rumah panggung
  • Bangunan cenderung memanjang ke samping
  • Umumnya terbuat dari kayu jati
  • Memiliki ukiran dinding yang unik
  • Bentuk atap bervariasi menurut wilayah.

Nah, itulah ulasan tentang rumah adat di Jawa Barat sebagai bukti keanekaragaman budaya Indonesia. Anda juga dapat menemukan informasi wisata dari seluruh Indonesia di www IDN kali.

Baca Juga: 5 Tipe Rumah Adat di Jawa Tengah Lengkap Dengan Keunikannya

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button