5 Tempat Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan - WisataHits
Jawa Tengah

5 Tempat Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan

5 Tempat Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan

Merdeka.com – Salah satu daerah di Jawa Tengah yang sering dikunjungi wisatawan berlibur adalah kota Solo. Solo memiliki banyak tempat wisata yang berbeda. Wisata di Solo tersebar di seluruh wilayah, tidak hanya terfokus di kota Solo.

Namun, banyak juga tempat wisata Solo di dekat Stasiun Balapan yang bisa dikunjungi. Jika Anda berkunjung ke Solo dengan menggunakan kereta api, Anda bisa turun di stasiun kereta Balapan dan langsung mengunjungi tempat wisata Solo yang terletak di dekat stasiun kereta api Balapan ini.

Artikel media taboola

Hal ini penting karena banyak orang yang berkunjung ke Solo dan belum menemukan tempat wisata di dekat stasiun kereta api, sehingga sulit mencari destinasi wisata untuk dikunjungi.

Oleh karena itu, berikut beberapa tempat wisata di Solo yang lokasinya dekat dengan stasiun kereta Balapan yang bisa dijadikan referensi saat berkunjung ke kota Solo yang dikutip dari berbagai sumber.

2 dari 3 halaman

1. Desa pewarna dasi Laveyan

Tempat wisata solo pertama di dekat stasiun Balapan adalah Kampung Batik Laweyan. Desa pewarna dasi Laweyan adalah salah satu desa batik dengan sejarah panjang di kota Solo. Desa tie-dye di Laweyan ini sudah ada sejak lama dan bahkan sebelum kemerdekaan, desa ini terkenal dengan penghasil pedagang tie-dye.

Karena sejarah panjang dan daya tarik batik yang sangat tradisional di Laweyan, Anda dapat mengunjungi tempat ini sebagai tempat wisata solo, yang terletak di dekat stasiun kereta Balapan. Di Kampung Batik Laweyan, Anda bisa menyaksikan orang-orang membuat ikat celup dan membelinya langsung.

Alamatnya terletak di Jalan Sidoluhur, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini hanya berjarak sekitar 12 menit dari stasiun kereta Balapan.

2. Museum Keraton Surakarta

Tempat wisata Solo yang dekat dengan stasiun Balapan kedua adalah Keraton Surakarta. Anda dapat mengunjungi Museum Keraton Surakarta dan mempelajari lebih dalam tentang sejarah Keraton Surakarta dari awal berdirinya, konfliknya, hingga seperti sekarang ini.

Rekonsiliasi di Keraton Surakarta

©2012 Merdeka.com/imambuhori

Keraton Surakarta memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi Surakarta dari penjajah di masa lalu. Di sana Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis koleksi dan Anda memiliki cerita yang unik dan bersejarah.

Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat berada di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan hanya berjarak sekitar 11 menit dari Stasiun Kereta Api Balapan.

3. Peringatan Pers Nasional

Monumen Pers Nasional merupakan tempat wisata solo yang berada di dekat stasiun Balapan terdekat. Monumen Pers merupakan museum khusus pers nasional Indonesia yang dibangun pada tahun 1918 sebagai balai pertemuan dan perkumpulan.

Koleksi dalam memorial pers sangat beragam dan berkisar dari teknologi sinyal dan teknologi mesin tik hingga penerangan, telepon, pemancar, dan angsa Kenton besar. Di dalam tugu juga terdapat arsip surat kabar terbitan Surakarta sejak masa pra-kemerdekaan.

Lokasi Press Memorial berada di Jalan Gajahmada 76, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Monumen pers ini hanya berjarak sekitar 4 menit dari stasiun kereta Balapan.

3 dari 3 halaman

4. Museum Batik Danar Hadi Solo

Tempat wisata solo terdekat di dekat Stasiun Balapan adalah Museum Batik Danar Hadi. Museum ini merupakan museum yang didirikan oleh seorang pengusaha yang bertujuan untuk melestarikan batik. Museum Danar Hadi didirikan pada tahun 1967.

Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk melihat berbagai koleksi Museum Batik yang dipajang di museum. Di Museum Danar Hadi, Anda bisa melihat berbagai koleksi batik mulai dari batik Cina, batik asli keraton, batik Hokokai Jawa, batik Sumatera dan lain sebagainya.

Lokasi museum ini berada di Jalan Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Pura Mengkunegaran

Puro Mangkunegaran

©Surakarta.go.id

Last but not least, tempat wisata solo di dekat Stasiun Balapan yang bisa kamu kunjungi adalah Pura Mangkunegaran. Candi Mangkunegaran adalah sebuah keraton di Surakarta yang berdiri bersebelahan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Pura Mangkunegaran adalah pusat seni dan budaya kota Solo.

Candi Mangkunegaran memiliki berbagai koleksi barang berharga yang berasal dari peninggalan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram. Candi Mangkunegaran didirikan pada tahun 1757. Tempat wisata solo di dekat stasiun kereta Balapan ini merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dengan bangunan candi yang indah.

Candi Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito Keprabon No. 83, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pura Mangkunegaran hanya berjarak sekitar 7 menit dari Stasiun Balapan.

Ini dia 5 Tempat Wisata di Solo yang Dekat dengan Stasiun Balapan yang Wajib Dikunjungi. Meski demikian, masih banyak tempat wisata lain yang tidak bisa dijelaskan di sini. Namun, 5 tempat wisata ini cukup mewakili tempat wisata solo di dekat Stasiun Balapan.

[mff]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button