12 Tempat Wisata Poso Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

12 Tempat Wisata Poso Yang Wajib Dikunjungi

Pemandangan & Tengara di Poso – Salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yaitu Poso memiliki potensi yang baik sebagai tempat wisata. Dengan luas hingga 8.712,25 km², diharapkan kabupaten ini memiliki beragam wisata populer, baik wisata bertema alam maupun pengembangan wisata khusus milenial.

Apalagi wisatawan yang ingin berwisata ke Poso tidak perlu khawatir karena Kabupaten Poso memiliki bandara domestik sendiri bernama Bandara Kasiguncu.

Tidak hanya wilayahnya yang luas, Kabupaten Poso juga memiliki warisan budaya dan sejarah. Kabupaten ini juga memiliki berbagai suku bangsa, mulai dari suku Pamona, Lore, Kaili, Napu, hingga pendatang seperti Jawa, Bugis, Makassar, Toraja dan Gorontalo. Kabupaten Poso memang menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Poso

Bagi Anda yang sangat tertarik dengan Poso, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Poso untuk dijelajahi.

1. Danau Poso dan Pantai Siuri

Danau Poso dan Pantai Siuri via Youtube IAN BAPONTARDanau Poso dan Pantai Siuri via Youtube IAN BAPONTAR

Alamat: Sirui, kota Tantena, Kab. Poso

Ada sebuah tempat wisata di Kabupaten Poso yang sangat unik dan menarik, namanya Danau Poso. Meskipun namanya danau, danau ini juga memiliki pantai karena pantainya terdiri dari pasir kuning berkilau.

Tak heran jika keberadaan Danau Poso sangat terkenal, apalagi danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia. Pantai di Danau Poso sendiri bernama Pantai Siuri.

Di sekitar Pantai Siuri banyak terdapat hostel dan fasilitas umum lainnya. Lokasi dua tempat wisata yang menjadi satu ini berada di Siuri, Kota Tantena, Kabupaten Poso. Tiket juga gratis. Jika Anda datang dari kota Poso, hanya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai ke danau Poso dan pantai Siuri.

2. Air Terjun Sulewana

Air Terjun Sulewana via Paradizhop.blogspotcomAir Terjun Sulewana via Paradizhop.blogspot.com

Alamat: Sulewana, Kec. Pamona Utara, Kab. Poso

Tidak hanya danau dan pantainya yang unik, tempat wisata Kabupaten Poso juga memiliki air terjun yang alirannya cukup deras, namanya Air Terjun Sulewana.

Debit air yang sangat deras ditunjang oleh bebatuan besar membuat air terjun ini memiliki tampilan yang sangat menawan. Bahkan aliran sungai air terjun ini digunakan sebagai pembangkit listrik. Lokasi Air Terjun Sulewana selalu berada di dekat kota Tantena, tepatnya 10 kilometer dari Danau Poso.

Untuk mencapai air terjun ini Anda juga harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit dari tempat parkir. Kalau mau foto harus hati-hati, karena banyak bebatuan dan sering berkabut.

3. Air Terjun Saluopa

Air Terjun SaluopaAir Terjun Saluopa

Alamat: Leboni, Kec. Pamona Pusalemba, Kab. Poso

Belum puas dengan Air Terjun Sulewana, Anda bisa langsung menuju Air Terjun Saluopa yang lebih terkenal. Lokasinya di Leboni, Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso.

Tak heran jika wisata ini begitu populer karena Air Terjun Saluopa sangat menakjubkan dengan 12 tingkat perosotan yang bisa Anda panjat satu per satu. Hal ini pula yang membuat Air Terjun Saluopa dijuluki Air Slide.

Karena air terjun ini tidak tinggi, Anda akan mendapatkan beberapa bidikan estetis jika berfoto di bebatuan, namun Anda harus berhati-hati. Jika Anda penduduk lokal, tiket masuknya sekitar Rp 5000. Namun, jika turis asing, akan dikenakan tarif sekitar Rp 20.000.

Kunjungi juga: 15 Tempat Wisata di Wajo

4. Gua Pamona

Gua Pamona melalui MosintuwuGua Pamona melalui Mosintuwu

Salah satu tempat wisata paling bersejarah di Kabupaten Poso adalah Goa Pamona. Bisa dikatakan goa ini merupakan bukti nenek moyang masyarakat Poso yang telah ada sejak dahulu hingga sekarang.

Gua Pamona terletak di desa Sangele di distrik utara Pamona. Tepatnya di sebelah Danau Poso. Gua ini memiliki 8 ruangan yang digunakan untuk menyimpan mayat.

Anda bahkan dapat menemukan tengkorak dan peti mati yang masih ada di dalam gua. Tak heran jika pemerintah menetapkan Gua Pamona sebagai situs bersejarah dan dilindungi.

5. Gua Tangkaboba

Gua TangkabobaGua Tangkaboba

Alamat: Tentena, Kec. Pamona Pusalemba, Kab. Poso

Ada lagi wisata goa bersejarah di Kabupaten Poso, yaitu Goa Tangkaboba yang terletak di desa Sangele, kecamatan Pamona Pusulemba. Isi Gua Tangkaboba kurang lebih sama dengan Gua Pamona atau Gua Latea I dan II.

Di dalamnya ada peti mati yang ditumpuk di tepi dinding. Ada juga kerangka dan tengkorak manusia. Tengkorak-tengkorak itu awalnya berada di dada, tetapi kemudian disingkirkan agar bisa dilihat.

6. Lembah Bada

Lembah Bada melalui GocelebesLembah Bada melalui Gocelebes

Alamat: Kolori, Kec. Lore Barat, Kabupaten Poso

Tempat wisata di Kabupaten Poso yang menawarkan pemandangan menakjubkan adalah Lembah Bada. Lokasi persisnya lembah ini berada di Kolori, Lore Barat, Kabupaten Poso.

Lembah Bada juga sering disebut sebagai Lembah Napu dan merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Lembah ini adalah rumah bagi situs megalitik yang dilindungi, yang diyakini berasal dari abad ke-14.

Jika Anda datang dari kota Palu, Anda bisa sampai ke Lembah Bada hanya dalam waktu 3 jam. Namun jika harus ke Kota Poso terlebih dahulu, perjalanannya akan lebih lama.

7. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore LinduTaman Nasional Lore Lindu

Alamat: Wuasa, Kec. Lore, Kab. Utara. Poso

Jika kunjungan ke Lembah Bada gagal, Anda semua bisa pergi ke Taman Nasional Lore Lindu. Luas taman nasional ini sendiri adalah 2.180 km2 dan sudah berdiri sejak tahun 1982.

Taman ini dibagi lagi menjadi tiga kawasan, yaitu Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Taman nasional ini juga memiliki flora dan fauna endemik, serta habitat mamalia asli Sulawesi seperti rusa, anoa, babi rusa, kuskus berkantung, bahkan musang Sulawesi. Jika ingin masuk ke Taman Nasional Lore Lindu bisa datang ke Kulawi, Sigi, Wuasa, Lore Utara, Poso, Kamarora.

8. Pantai Imbo

Pantai Imbo via Inspirock - tempat wisata di posoPantai Imbo melalui Inspirock

Alamat: Tegal Rejo, Kec. Poso Utara Kota, Kab. Poso

Pantai Imbo merupakan salah satu tempat wisata yang sangat potensial di Kabupaten Poso. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang bervariasi dan indah.

Anda yang suka snorkeling, Pantai Imbo sangat direkomendasikan selama Anda menginap di Poso. Apalagi letaknya tidak jauh dari pusat kota, bahkan di kawasan Kota Poso.

Tepatnya di Desa Tegalrejo, sebelah utara kota Poso. Untuk fasilitasnya sendiri masih banyak yang harus ditambahkan, namun tidak mengurangi keseruan bermain Pantai Imbo.

9. Pantai Madale

Pantai Madale via Detik - tempat wisata di posoPantai Madale melalui Detik

Alamat: Daerah. Poso, Sulawesi Tengah

Di Poso, jangan lupa langsung tancap gas di Pantai Madale. Lokasinya hanya 5 km dari kota Poso, tepatnya di timur laut kota Poso. Pantai ini sering dijadikan spot snorkeling karena air di sini jernih dan terumbu karangnya indah.

Di sekitarnya juga banyak terdapat hutan mangrove yang hijau. Di Pantai Madale juga terdapat Taman Laut Rumah Katu yaitu taman air laut yang menawarkan banyak permainan seperti banana boat dan lain-lain.

10. Batu Megalitik

Batu megalitik via Mongabay - tempat wisata di posoBatu megalitik melalui Mongabay

Alamat: Kolori, Kec. Lore Barat, Kabupaten Poso

Kabupaten Poso memiliki banyak situs batu megalitik yang bersejarah. Dimulai di Lembah Besoa, Lembah Bada dan area yang masih ada di Taman Nasional Lore Lindu, yang terbesar adalah situs megalitik Pokekea dan Tadulako.

Sedangkan di Lembah Bada terdapat arca Palindo dan Meturu yang berjenis kelamin laki-laki. Selain patung manusia, ada juga semacam guci besar yang bentuknya seperti tangki berbentuk lingkaran.

Kunjungi juga: 22 Tempat Wisata di Bantaeng

11. Kebun Anggrek Bancea Poso

Kebun Anggrek Bancea Poso via Youtube - tempat wisata di posoKebun Anggrek Bancea Poso via Youtube

Alamat: Desa Bancea, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

Selain itu, Wisataseru.com juga merekomendasikan Taman Anggrek Bancea yang memiliki luas sekitar 5.000 hektar. Taman ini sendiri memiliki banyak jenis anggrek alam, terutama anggrek hitam (black orchid).

Di taman ini juga terdapat hutan pinus yang akan membuat suasana semakin asri. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi taman ini, wisatawan dapat mengendarai mobil dan motor di danau, lokasi danau sendiri hanya sekitar 40 km selatan kota Tentena. Wisatawan akan memiliki tempat berteduh (rest area).

12. Perkebunan Teh Hijau dan Kopi Arabika di Lembah Napu

Perkebunan Teh Hijau dan Kopi Arabika di Lembah Napu via Antaranews - Tempat Wisata di PosoPerkebunan Teh Hijau dan Kopi Arabika di Lembah Napu via Antaranews

Alamat: Kecamatan Lore Selatan, Poso. Daerah

Rekomendasi terakhir kami untuk tempat wisata di Poso adalah perkebunan teh hijau dan kopi arabika di Lembah Napu. Disini wisatawan akan disuguhkan dengan perkebunan teh dan kopi serta hamparan ladang yang luas dan indah.

Lokasi perkebunan ini sendiri berada pada ketinggian 1000m dpl. Area sekitar perkebunan sangat cocok untuk dijadikan tempat riding karena disekitarnya terdapat perbukitan.

Penutupan

Demikian ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Poso yang layak untuk kita kunjungi selama liburan. Jangan lupa ke tempat-tempat yang disebutkan di atas kalau ke Poso ya?

Baca juga: 12 tempat wisata di Sigi

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button