5 Gunung Populer di Kabupaten Bogor yang Wajib Dikunjungi Pemula - WisataHits
Jawa Barat

5 Gunung Populer di Kabupaten Bogor yang Wajib Dikunjungi Pemula

TEMPO.CO, jakarta – Ada beberapa gunung terpopuler di Kabupaten Bogor Jawa Barat yang wajib dikunjungi oleh para pemanjat tebing. Bisa juga menjadi alternatif tujuan wisata bagi mereka yang mencari keindahan alam dan udara sejuk.

Hal ini dikarenakan kawasan Kota Hujan berada di dataran tinggi, sehingga tidak heran jika udaranya sangat sejuk dan segar.

Dilaporkan oleh bogorkab.go.id, wilayah Kabupaten Bogor memiliki luas ± 2.664 km². Secara geografis, morfologi daerah tersebut bervariasi. Namun di bagian selatan terdapat daerah dengan dataran yang relatif tinggi. Sekitar 8,43% daerah pegunungan tinggi berada pada ketinggian 1.000-2.000 meter di atas permukaan laut dan 0,22% pada ketinggian 2.000-2.500 meter di atas permukaan laut.

Berada di dataran tinggi, Bogor memiliki beberapa gunung yang tidak terlalu tinggi namun tetap menarik untuk didaki.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima gunung populer di Bogor yang wajib dikunjungi pemula:

  1. Gunung Batu Jonggol

Dengan ketinggian hanya sekitar 874 meter di atas permukaan laut (dpl), Gunung Batu Jonggol menjadi pilihan utama para pendaki pemula. Meski kecil, gunung yang terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Kabupaten Bogor ini memiliki tantangan tersendiri karena jalur trekking yang terjal dan menanjak. Semakin dekat Anda ke puncak, semakin ekstrim jalannya karena jalannya hampir 90 derajat dan sangat sempit.

  1. gunung emas

Gunung Kencana terletak di Desa Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Dengan ketinggian 1803 meter di atas permukaan laut, gunung ini cocok untuk pemula. Salah satu daya tarik gunung ini adalah tanjakan berupa tangga dengan kemiringan 45 derajat. Pendakian sepanjang hampir 100 meter ini disebut Pendakian Sambalado.

Pejalan kaki melintasi tanaman edelweis di Lapangan Suryakencana, Gunung Gede, 25 Mei 2010. Dok. TEMPO/Mazmur A. Sembiring

  1. Gunung Munara

Gunung yang terletak di sisi barat Kabupaten Bogor ini memiliki ketinggian 367 meter di atas permukaan laut. Pendaki pemula hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam untuk mencapai puncak. Dari puncak Gunung Munara, pendaki bisa melihat keindahan hamparan sawah yang hijau, pemukiman penduduk dan juga tebing-tebing di sekitarnya.

  1. Gunung Eusing

Gunung Eusing terletak di Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor dan memiliki ketinggian sekitar 360 meter di atas permukaan laut. Gunung Eusing sebenarnya adalah sebuah bukit, namun penduduk setempat biasa menyebutnya gunung. Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, gunung ini sangat cocok untuk pemula.

  1. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango adalah salah satu dari dua gunung yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor. Para pendaki dapat melewati jalur pendakian melalui Gunung Putri. Rute ini memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan Surya Kencana Square dan berfoto bersama bunga edelweis.

HARI SETYAWAN
Baca juga: Curug Leuwi Hejo, Keindahan Eksotis Air Terjun Tak Jauh dari Jakarta

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button