Bukit Gronggong, wisata dari ketinggian, cocok untuk malam tahun baru - WisataHits
Jawa Barat

Bukit Gronggong, wisata dari ketinggian, cocok untuk malam tahun baru

Cirebon

Daerah dataran tinggi atau perbukitan kerap menjadi spot populer saat perayaan malam tahun baru. Tak sedikit warga yang memilih tempat ini untuk melihat keindahan lampu kota atau cahaya kota.

Di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Bukit Gronggong menjadi salah satu tempat yang kerap dipadati pengunjung dari berbagai daerah setiap perayaan malam tahun baru.

Bukit Gronggong terletak di Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon tepat di jalur penghubung Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Jalan setapak di kawasan ini dipenuhi dengan kios-kios sederhana yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Salah satu andalan warung tersebut adalah jagung bakar. Hampir semua warung yang ada di kawasan Bukit Gronggong menyajikan jagung bakar dengan rasa yang berbeda-beda. Dari manis dan asin hingga asin dan panas.

Menurut seorang penjaga toko, Mistiah, 50 tahun, Bukit Gronggong selalu ramai pengunjung saat perayaan tahun baru. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Cirebon tetapi juga dari beberapa daerah lainnya. “Malam tahun baru banyak yang datang ke sini. Mereka datang dari berbagai penjuru. Ada yang dari Cirebon, Indramayu, Brebes, macam-macam,” kata Mistiah kepada detikJabarakhir-akhir ini.

Di hari biasa atau akhir pekan, Bukit Gronggong juga menjadi tempat yang sering dikunjungi pengunjung. Namun tidak sebanyak pada malam tahun baru. Pengunjung biasanya sengaja datang hanya untuk menikmati aneka makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan.

Lokasi yang paling diminati adalah di lapangan belakang toko. Karena dari sana pengunjung bisa melihat dan menikmati pemandangan indah kota Cirebon dari ketinggian. Di lapangan berumput, pemilik toko juga menyediakan meja dan tempat duduk untuk pengunjung.

“Orang-orang juga datang ke sini pada hari kerja atau hari libur. Tapi itu bisa lebih sibuk di Malam Tahun Baru. Ramai juga di jalanan. Biasanya orang banyak berada di belakang warung. “kata Mistia.

Ada berbagai menu yang disajikan oleh warung-warung yang ada di kawasan tersebut. Mulai dari jagung bakar, mie rebus hingga jajanan lainnya. Untuk minumannya juga beragam menu mulai dari kopi, susu, kelapa muda dan lain-lain.

Harga makanan dan minuman yang dijual di warung yang ada di kawasan bukit Gronggong juga tidak terlalu mahal. Seperti jagung bakar, harganya hanya Rp 8.000. Untuk berkunjung ke kawasan ini, pengunjung juga tidak perlu membeli tiket masuk. Siapkan uang secukupnya saja untuk membayar makanan dan minuman sambil ngemil di loket dan parkir.

Bagi yang penasaran ingin berkunjung dan menikmati momen malam tahun baru di Bukit Gronggong, kawasan ini terletak di Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon tepatnya di Jalan Cirebon Kuningan.

Dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon, kawasan perbukitan Gronggong hanya berjarak sekitar 7,3 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 17 menit tergantung kondisi lalu lintas. Tempatnya sendiri bisa didekati dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

(enak/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button