5 Fakta Unik Tentang Kota Berastagi, Sumatera Utara - WisataHits
Jawa Timur

5 Fakta Unik Tentang Kota Berastagi, Sumatera Utara

TEMPO.CO, Medan – Berastagi adalah sebuah kota di Kabupaten Karo. Kota ini merupakan terbesar kedua di Dataran Tinggi Karo setelah Kota Kabanjahe. Sudah bukan rahasia lagi, Kota Berastagi menjadi kota wisata populer di Sumatera Utara berkat keanekaragamannya yang unik.

Menurut situs resmi pemerintah Kabupaten Karo, Berastagi secara geografis diapit oleh dua gunung berapi aktif, Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

5 Keunikan Kota Berastagi

Ada beberapa destinasi wisata di Berastagi antara lain Bukit Gundaling, Taman Bunga, Loak Deleng dan lain-lain. Bagi siapa saja yang ingin mengunjungi kota ini, Anda harus mengetahui lima fakta unik tentang Berastagi ini terlebih dahulu:

  1. Salah satu kota terdingin di Indonesia

Berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari kota Medan. Selain diapit oleh dua gunung berapi aktif, Kota Berastagi secara geografis berada pada ketinggian lebih dari 1300 meter di atas permukaan laut. Hal ini menjadikannya salah satu kota terdingin di Sumatera Utara, bahkan di Indonesia. Suhu di sana antara 16 hingga 17 derajat Celcius.

  1. Dijuluki Kota Markisa dan Jeruk Manis

Kota Berastagi dikenal sebagai “Kota Markisa dan Jeruk Manis”. Disebut demikian karena banyak petani yang menanam markisa dan jeruk manis di sana.

Baca Juga: Material Longsor Terkubur Jalan Medan-Berastagi Ditutup Sementara

Saat ini, petani tidak hanya menanam markisa dan jeruk manis, tetapi juga stroberi dan terong belanda. Banyak petani juga menanam sayuran dan tanaman hias.

  1. pemasok buah dan sayuran

Secara geografis, Berastagi adalah kota yang sibuk dengan penjual buah dan sayuran berjejer di jalan-jalan kota. Buah dan sayur yang ditawarkan berasal dari tanah kota Berastagi. Dari Berastagi, pasokan sayuran dan buah-buahan dapat dipenuhi di Kota Medan atau kota-kota besar lainnya di Sumut.

  1. Pasar bunga yang unik di Berastagi

Warga setempat menyebut Pasar Bunga yang terletak di pinggir Jalan Desa Raya di Kabupaten Berastagi itu dengan Pajak Bunga Hidup. Selain harganya yang fantastis, keunikan dari pasar ini adalah para pedagang yang menjajakan bunga buatan warga sekitar. Meski sudah beroperasi selama tujuh tahun, dealer tidak berjualan setiap hari. Biasanya hanya pada hari Rabu dan Sabtu.

  1. Sektor pariwisata menjadi andalan

Selain sektor perkebunan atau pertanian, Kota Berastagi memiliki andalan penting dalam sektor pariwisata. mulai berinvestasi di Sumatera Utara, Beberapa tempat wisata unggulan di Berastagi adalah Bukit Gundaling, Kolam Renang, Taman Bunga, Taman Hutan Raya Bukit Barisan, Kutu Deleng dan Rumah Adat. Demikian informasi mengenai Fakta Unik Kota Berastagi.

HARI SETYAWAN
Baca Juga: Jalan Medan Longsor Terkubur – Berastagi Buka dan Tutup

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. Klik disini untuk bergabung.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button