5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok Lamongan - WisataHits
Jawa Timur

5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok Lamongan

Kawasan pantai utara Jawa Timur memang terkenal dengan keindahan pantainya yang mempesona. Maka tak heran jika banyak sekali wisata pantai di kawasan ini. Salah satunya adalah Wisata Tanjung Kodok di Lamongan.

Wisata Tanjung Kodok selalu dipadati pengunjung terutama pada akhir pekan dan saat musim liburan. Tanjung Kodok memiliki pesona unik tersendiri yang jarang ditemukan pada wisata lainnya. Yuk simak 5 fakta menarik tentang Wisata Tanjung Kodok Lamongan berikut ini!

1. Lokasi strategis dan akses mudah

5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok LamonganTanjung Kodok (instagram.com/yu.ni.ar)

Wisata Tanjung Kodok terletak di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Wisata Tanjung Kodok juga tidak jauh dari salah satu tempat wisata terkenal di Lamongan yaitu Wisata Bahari Lamongan (WBL). Tidak jarang banyak wisatawan yang mengunjungi Tanjung Kodok setelah keluar dari WBL.

Jarak Tanjung Kodok dari pusat kota Lamongan kurang lebih 40 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam. Akses mudah. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat untuk menuju wisata Tanjung Kodok.

Baca Juga: 5 Kuliner Paling Lezat di Lamongan, Ada Soto dan Nasi Boran

2. Ada batu yang menyerupai katak

5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok LamonganTanjung Kodok (instagram.com/lamongan_terkini)

Nama wisata ini didasarkan pada batu yang ada di lokasi pantai. Batu itu berbentuk katak. Konon cerita yang beredar di komunitas batu adalah putri dikutuk karena menentang ayahnya karena mencintai seorang nelayan.

Selain menceritakan kisah seorang putri yang dikutuk menjadi katak, daerah pantai ini juga merupakan habitat katak, menurut pemerintah kota. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kawasan ini menjadi tempat wisata, katak-katak tersebut dikatakan telah berpindah habitat.

Batu yang menyerupai katak menjadi simbol tempat wisata ini. Orang juga mudah mengingat wisata ini karena namanya yang unik.

3. Sering disebut sebagai Bali-nya Jawa Timur

5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok LamonganKatak Tanjung (instagram.com/duniadian)

Wisata Tanjung Kodok sering disebut sebagai Bali-nya Jawa Timur. Itu karena wisata ini memiliki panorama yang mirip dengan Tanah Lot Bali. Di daerah pantai terdapat bebatuan yang berbentuk seperti tanah berwarna coklat, kemudian pantainya berwarna kebiruan. Mirip dengan Tanah Lot.

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di sini. Seperti menikmati keindahan pantai, berfoto dengan latar belakang keindahan Tanjung Kodok, atau bermain air. Selain itu, ombak di pantai utara Jawa Timur tidak terlalu tinggi, sehingga wisatawan bisa bermain air di pantai. Meski begitu, kamu harus hati-hati dan jangan main jauh ke laut, ya!

Selain itu, wisatawan dapat merasakan serunya olahraga air seperti kano, dayung, perahu tradisional, perahu pisang, perahu panjang, dll.

4. Dapat melihat matahari terbit dan terbenam

5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok LamonganTanjung Kodok (tanjungkodokbeachresort.com)

Tanjung Katak tidak hanya menawarkan pantai yang indah tetapi juga pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Di sepanjang pantai, wisatawan bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Pemandangan ini tentu sayang untuk dilewatkan, ya!

Selain itu, ada juga Menara Rukyat pada wisata ini yang sering digunakan oleh pemerintah dan ulama untuk melihat hilal sebagai tanda awal dan akhir puasa di bulan Ramadhan.

Karena letaknya yang strategis, Pantai Tanjung Kodok juga pernah digunakan oleh NASA pada tahun 1983 untuk melakukan pengamatan dan penelitian gerhana matahari total.

5. Ada penginapan yang super cozy

5 Fakta Menarik Tentang Wisata Tanjung Kodok LamonganTanjung Kodok (tanjungkodokbeachresort.com)

Jika Anda datang dari luar kota, jangan khawatir jika ingin bermalam setelah tour Tanjung Kodok. Pasalnya, wisata Tanjung Kodok ini juga menawarkan akomodasi yang masih berada di lokasi yang sama dengan wisata tersebut. Penginapan tersebut adalah Tanjung Kodok Beach Resort Lamongan.

Penginapan ini memadukan konsep hotel dan resort berbintang tiga yang pastinya akan menjadi tempat istirahat yang sangat menyenangkan. Tipe kamarnya juga berbeda-beda lho! Seperti kamar junior, kamar keluarga, kamar deluxe. Jadi bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Properti ini memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti akses internet, kolam renang, sarapan pagi, Layanan binatu, layanan kamar sampai layanan pramutamu. Andalan dari penginapan ini adalah menawarkan pengalaman menginap dengan pemandangan langsung pantai. Sangat keren, kan!

Tanjung Kodok memiliki pesona unik tersendiri yang jarang ditemukan pada wisata lainnya. Jadi jika Anda berada di Lamongan, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk datang ke Wisata Tanjung Kodok. Anda dapat menikmati pantai, mengambil foto, dan menginap dengan nyaman. Jika Anda datang ke sini, liburan Anda pasti tidak akan terlupakan!

Baca Juga: Batik Daliwangun, Cerita Rakyat Lamongan yang Lepas dari Kejaran Belanda

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button