5 Danau di Indonesia yang Punya Mitos Seram, Berani Datang? - WisataHits
Jawa Barat

5 Danau di Indonesia yang Punya Mitos Seram, Berani Datang?

Sabtu, 8 Oktober 2022 – 19.33 WIB

bandung Danau adalah dinding air yang dapat terbentuk secara alami atau buatan. Ternyata ada sejumlah cerita laut di Indonesia dengan mitos yang paling menakutkan, baik yang berasal dari legenda maupun dari cerita rakyat setempat.

Nah berikut ini adalah daftar danau mitos paling menakutkan di Indonesia berdasarkan data yang dikutip oleh VIVA.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Terdaftar sebagai kategori pariwisata prioritas, Danau Toba memiliki pesona alam yang indah dan menakjubkan. Di sisi lain, banyak cerita mistis yang berkembang di masyarakat sekitar danau tekto-vulkanik ini.

Mulai dari mitos ikan raksasa di dasar danau hingga penampakan Begu Ganjang yang berkarakter makhluk perusak kehidupan. Kemudian jin berwajah datar, digambarkan sebagai seorang wanita, yang sering muncul dari bawah perairan Danau Toba. Konon, seorang pengunjung pria yang sedang bersantai di tepi Danau Toba pernah terkesima dengan penampilannya.

2. Danau Tolire, Maluku

Danau ini memiliki keindahan dengan airnya yang hijau. Di balik keindahannya menyembunyikan legenda yang unik. Dikatakan bahwa benda-benda yang dibuang ke danau tidak pernah menyentuh permukaan air. Hal ini dikarenakan adanya kekuatan gaib yang dipercaya berasal dari buaya raksasa sepanjang 10 meter.

Tak hanya itu, Danau Tolire pertama kali dinobatkan sebagai desa yang terkutuk karena ada seorang ayah yang berhubungan seks dengan putrinya sendiri.

3. Telaga Sarangan, Jawa Timur

Selanjutnya ada Danau Sarangan di Magetan, yang dilempar oleh dua ekor naga raksasa. Kedua naga tersebut merupakan jelmaan dari pasangan petani yang dulunya tinggal di sekitar danau. Jika keduanya berada di tengah sarang, kabut tebal akan berkumpul di seluruh wilayah laut.

4. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Lokasinya di Kabupaten Kerinci, Jambi. Penduduk setempat menyebut Danau Gunung Tujuh sebagai tempat suci. Bagaimana tidak, ketika Anda datang ke tempat ini Anda tidak akan menemukan benda apapun yang berjatuhan di permukaan air bersihnya.

Tak hanya itu, konon danau angker di Indonesia ini ditunggu-tunggu oleh makhluk misterius berukuran setengah meter yang bertubuh manusia dan sebagian lainnya adalah orangutan. Selain itu, sosok ini dikatakan memiliki gerakan cepat yang sulit dilihat.

5. Danau Kaco, Jambi

Lokasi tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Tempat ini memiliki udara yang sangat jernih dan berada di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut. Kecil namun memiliki panorama eksotis yang begitu magis. Danau angker di Indonesia ini menyimpan beberapa misteri yang belum terpecahkan.

Salah satunya adalah kedalaman danau yang sebelumnya tidak diketahui. Namun ada orang yang mencoba mengukur kedalaman danau ini namun selalu gagal karena tangki oksigen yang digunakan kosong sebelum mencapai dasar danau.(dra)

Source: bandung.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button