40.700 wisatawan mengunjungi Bantul selama liburan Tahun Baru Imlek - WisataHits
Yogyakarta

40.700 wisatawan mengunjungi Bantul selama liburan Tahun Baru Imlek

40.700 wisatawan mengunjungi Bantul selama liburan Tahun Baru Imlek

Harianjogja.com, BANTULDinas Pariwisata Bantul menemukan sejumlah 40.731 wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi di Bumi Projotamansari saat akhir pekan atau libur Imlek pada 20-22 Januari 2022.

Dari jumlah tersebut, puncak kehadiran di Pantai Parangtritis mencapai 35.580 orang. Sedangkan sisanya mengunjungi destinasi lain yang dikelola Pemkab Bantul seperti Pantai Samas hingga Pantai Pandansimo, Gua Selarong dan Gua Cerme.

“Jumlah itu belum termasuk libur Imlek pada Senin ini yang diperkirakan mencapai sekitar 6.000 orang selama satu hari,” kata Markus Purnomo Adi, Kepala Dinas Promosi dan Informasi Pariwisata Biro Pariwisata Bantul, saat dihubungi, Senin. (23/2023 ).

BACA JUGA: Kunjungan Wisatawan ke Jogja Saat Libur Imlek Tak Meningkat Signifikan

Markus mengatakan kunjungan akhir pekan lalu meningkat 18% dibanding akhir pekan sebelumnya. Jumlah kunjungan pada akhir pekan sebelumnya sebanyak 34.486 orang pada periode 13-15. Desember 2023 diketahui.

Selain jumlah wisatawan yang meningkat pada akhir pekan, juga terjadi peningkatan selama seminggu. Jumlah wisatawan pada pekan 16-22 Januari 2023 tercatat sebanyak 54.825 orang dengan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp532,1 juta. Pada sepekan sebelumnya atau 9-15 Januari 2023, sebanyak 50.993 orang berwisata dengan PAD Rp 496,9 juta.

“Mingguan naik delapan persen, sedangkan kunjungan wisatawan akhir pekan naik 18 persen dibanding biasanya,” ujarnya. Pria yang akrab disapa Ipung itu mengatakan, jumlah kunjungan itu tidak termasuk liburan bersama pada Senin atau 23 Januari 2023.

hunian hotel

Ipung mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan dengan pembayaran nontunai selama sepekan terakhir masih sedikit yakni sekitar 924 orang. Sementara itu, sekitar 518 pembayaran non tunai dilakukan selama akhir pekan. Menurutnya, wisatawan masih belum paham dengan pembayaran nontunai, sehingga tahun ini masih dibutuhkan tiket untuk pembayaran tunai.

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul, Yohanes Hendra Dwi Utomo mengatakan tempat wisata di Bantul berpeluang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan Imlek, terutama pantai. daerah. Namun jumlah wisatawan tidak mempengaruhi occupancy atau hunian hotel.

BACA JUGA: Libur Imlek, Kunjungan Wisatawan ke Breksi Menurun

Menurut Hendra, tingkat okupansi hotel-hotel di Bantul belum optimal karena saat liburan Imlek kebanyakan wisatawan hanya mampir. Wisatawan cukup mengunjungi beberapa destinasi wisata kemudian kembali ke daerah masing-masing tanpa menginap di hotel.

“Wisatawan yang datang ke Bantul hanya sekedar mampir, misalnya ke Pantai Parangtritis pada pagi atau sore hari kemudian ke Malioboro pada malam hari, tanpa menginap di hotel,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button