4 Tempat Wisata Dekat Lokasi Musywil Muhammadiyah Ini, Kunjungi Malioboronya Ponorogo | PWMU.CO - WisataHits
Jawa Timur

4 Tempat Wisata Dekat Lokasi Musywil Muhammadiyah Ini, Kunjungi Malioboronya Ponorogo | PWMU.CO

Kerumunan di Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo pada malam hari (Instagram @Gigih_andy)

4 tempat wisata ini terletak di dekat situs Musywil Muhammadiyah. Kunjungi Malioboronya Ponorogo; menutupi Isministaf PWMU.CO Ponorogo.

PWMU.CO – Musyawarah Daerah (Musywil) Muhammadiyah Jawa Timur ke-16 akan berlangsung pada Sabtu hingga Minggu (24-25 Desember 2022) di Ponorogo, Jawa Timur.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman resmi Musywil16jatim.id, akan ada 38 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), 1200 Musyawirin dan 5000 penggembira yang siap memeriahkan acara.

Bagi penggembira yang nantinya mengikuti kegiatan, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke tempat wisata di Ponorogo sebelum atau sesudah acara di Musywil.

Ponorogo memang terkenal dengan kesenian Reognya. Namun banyak juga destinasi di Ponorogo yang tak kalah seru dengan kota lain: mulai dari wisata alam, sejarah, museum hingga seluncuran air.

Berikut tempat wisata terdekat dengan lokasi Musywil Muhammadiyah 16 Jawa Timur di Ponorogo yang cocok untuk dikunjungi :

1. Jalan HOS Cokroaminoto alias Malioboro adalah Ponorogo

Sejak tahun 2021, tempat ini menjadi salah satu pilar wisata saat jalan-jalan malam.

Berbagai spot foto menarik dihadirkan di sana, dihiasi dengan lampion warna-warni. Yang paling unik adalah mercusuar berbentuk burung merak yang cukup tinggi. Selain itu, kami juga menemukan beberapa patung berukuran besar yang melambangkan bahwa Ponorogo adalah kotanya Reog.

Wajah Jalan HOS Cokroaminoto disulap menjadi destinasi wisata baru ala Malioboro Yogyakarta. Bedanya, jika Malioboro dikelilingi oleh orang-orang yang menjajakan oleh-oleh khas maka di Ponorogo kedua sisi jalan dipenuhi oleh warung-warung angkringan yang siap menjadi pelepas lapar para pemburu kuliner malam hari.

Setiap orang yang berkunjung dapat dengan mudah memilih tempat minum kopi bersantai di sana. Ada juga masjid terdekat yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki, yang bisa disebut Masjid Darul Hikmah atau Masjid Agung. Disebut demikian karena bangunannya cukup besar dan mampu menampung pertemuan hingga 150 orang.

Pada waktu-waktu tertentu sering diadakan berbagai acara menarik di tempat ini, salah satunya adalah pertunjukan Reog di Grebeg Sura.

2. Alun-alun Ponorogo

Tempat ini juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi di Ponorogo. Banyak warga yang mengunjunginya. Berbagai hiburan dihadirkan di sini. Tak heran jika taman kota ini menjadi tujuan utama para wisatawan, terutama untuk wisata malam di Ponorogo.

Ornamen patung singa besar berpadu dengan pohon-pohon besar yang tertata rapi menjadi daya tarik tersendiri kawasan ini. Di malam hari, deretan lampu warna-warni menambah keindahan alun-alun di sekitarnya.

Terletak di jantung Kota Ponorogo, alun-alun ini akan langsung menarik perhatian semua orang yang lewat. Meski banyak dikunjungi orang, masuk ke kawasan ini gratis. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Selain itu, wisatawan membayar sejumlah uang untuk setiap perjalanan mengelilingi alun-alun.

Tempat ini buka 24 jam sehari, sehingga wisatawan bisa datang kapan saja. Namun waktu terbaik adalah pada malam hari sekitar pukul 19.00-22.00 WIB. Karena pada jam-jam tersebut akan banyak hiburan dan permainan. Yang tak kalah menarik, wisatawan bisa berkeliling dengan gerobak.

3. Makam Bathoro Katong

Ponorogo tak lepas dari nama Bathoro Katong. Dia adalah pendiri lingkungan dengan seni Reog yang khas itu. Nama aslinya Lembu Kanigoro, putra Brawijaya V. Ia dimakamkan di sebelah timur kota Ponorogo atau sebagai Kota Tua.

Bathoro Katong adalah pendiri yang juga merupakan adipati pertama di kabupaten ini. Bathoro Katong adalah utusan dari Kesultanan Demak untuk menyebarkan Islam di Ponorogo.

Jika ingin ziarah ke makam pendiri Kabupaten Ponorogo, bisa langsung ke Setono, Kecamatan Jangan, Kabupaten Ponorogo.

4. Telaga Ngebel

Objek wisata Telaga Ngebel atau disebut juga Telaga Ngebel merupakan sebuah telaga alami yang terletak di Kecamatan Ngebel. Inilah objek wisata alam di Kabupaten Ponorogo yang paling terkenal dibandingkan dengan objek wisata lainnya.

Telaga Ngebel terletak di lereng kaki Gunung Wilis pada ketinggian 734 mdpl. Telaga Ngebel memiliki luas sekitar 5 kilometer dan jika ingin melihat keindahannya Anda bisa menuju ke timur Kota Ponorogo dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Memang cukup memakan waktu untuk sampai ke sana, namun akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan. Tempat wisata Telaga Ngebel ini indah, sejuk, namun sangat alami, dan saat musim durian banyak penjual durian dengan harga miring.

Lokasi danau ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat karena kondisi jalan yang cukup baik. di area danau juga terdapat fasilitas seperti speedboatSepeda dan perahu bebek air dengan biaya tambahan.

Nah itulah beberapa destinasi wisata yang paling dekat dengan kawasan Musywil Muhammadiyah 16 Jawa Timur.

editor

Mohammad Nurfatoni

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button