4 Cemilan Goyangkan lidah kuliner Sulawesi Selatan - WisataHits
Jawa Tengah

4 Cemilan Goyangkan lidah kuliner Sulawesi Selatan

TEMPO.CO, jakarta – Berkunjung ke Sulawesi Selatan tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Bagaimana tidak, Sulawesi Selatan dikenal memiliki makanan khas yang rasanya bisa memikat hati. Bagi pecinta kuliner nusantara, kelezatan makanan khas Sulawesi Selatan tidak boleh dilewatkan karena menawarkan kelezatan yang bikin ketagihan.

Sulawesi Selatan memiliki beragam kuliner yang ditawarkan, mulai dari jajanan manis, pedas, pedas hingga gurih, semuanya sudah termasuk.

Dari Barongko ke Pisang Epe

Berikut empat makanan khas Sulawesi Selatan yang patut dicoba:

1. Barongko

Barongko adalah sebutan untuk jajanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari pisang, telur dan santan. Kue barongko dibuat dengan cara dikukus dengan adonan yang dibungkus dengan daun pisang. Camilan ini memiliki rasa yang unik karena terdiri dari kombinasi rasa manis, gurih dan lezat.

2. Kapur

Melansirjournal.unhas.ac.id, Kapurung memiliki rasa yang sedikit asam namun sangat segar saat disantap. Kulit jeruk nipis disajikan dengan saus kacang dan berbagai macam sayuran dan daging ikan. Bahan utama jajanan ini adalah bakso kecil yang terbuat dari tepung sagu.

3. Pisang Epe

Mulai repository.unhas.ac.id, salah satu jajanan tradisional khas Sulawesi Selatan adalah Pisang Epe atau dikenal juga dengan Banana Press. Hal ini dikarenakan pisang epe diolah terlebih dahulu sebelum dimasak dengan cara di press sebelum disajikan. Pisang epe terbuat dari pisang kepok yang setengah matang, kemudian dibakar dan diseleksi dengan kayu. Pisang Epe disajikan dengan kuah air gula merah yang sudah dicampur dengan durian atau nangka.

4. Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba adalah Coto Makkasar, yang juga dikenal sebagai Coto Magkasara. mulai digilibadmin.unismuh.ac.idCamilan yang satu ini siap menggoyang lidah dengan kuah segar yang dipadukan dengan sisi daging dan belum lagi racikan bumbu khasnya. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat atau buras dan sambal pedas dalam mangkuk.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca: 6 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari, Pisang Epe hingga Pallubasa

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button