20 Rekomendasi Pantai di Malang Untuk Snorkeling dan Diving - WisataHits
Jawa Timur

20 Rekomendasi Pantai di Malang Untuk Snorkeling dan Diving

TEMPO.CO, jakarta – Malang adalah daerah dengan banyak wisata alam. Tidak hanya terkenal dengan objek wisata Batu, Malang juga memiliki sejumlah pantai berpasir putih yang indah. Namun, keindahan pantai di Malang tidak kalah bagusnya dengan wisata di Raja Ampat, Bali atau Bunaken. Pantai mana saja di Malang yang menarik untuk dikunjungi? Simak pernyataan lengkapnya.

Wisata pantai di Malang

Kabupaten Malang disebut sebagai jantung Jawa Timur karena menawarkan peluang wisata alam yang tak terhitung jumlahnya. Mulai dari air terjun, danau, mata air, sawah hingga formasi bebatuan yang menghiasi lautan. Selain itu, air laut Malang Selatan juga dikenal jernih dan dihiasi ombak besar karena terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Meskipun demikian, aktivitas olahraga air seperti selancar Menyelam masih sangat baik untuk dilakukan pengunjung.

Daftar pantai di Malang Jawa Timur

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa rekomendasi wisata pantai di Malang yang eksotis dan tak kalah menarik dari pantai-pantai lain di Indonesia. apa pun? Berikut ini adalah daftar pantai di Malang yang wajib Anda kunjungi untuk berlibur.

1. Pantai Sendiki

Rekomendasi pertama untuk wisata pantai di Malang adalah Pantai Sendiki. Terletak di sisi timur Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, pantai ini masih sepi pengunjung. Bagi Anda yang suka berpetualang di tempat yang sepi, Pantai Sendiki bisa menjadi alternatif. Namun Anda harus berhati-hati karena untuk sampai ke tempat tersebut Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok yang dikelilingi oleh jurang.

2. Pantai Tamban

Pantai yang masih termasuk wilayah desa Tambakrejo ini sudah dibangun untuk pemukiman penduduk. Mayoritas masyarakat di sekitar Pantai Tamban bermata pencaharian sebagai nelayan. Alhasil, pemandangan perahu nelayan para nelayan akan selalu melintas. Pemandangan ini sering dijumpai di Pantai Tamban. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap karena sudah ada penginapan di rumah-rumah penduduk setempat.

3. Pantai Sendangbiru

Sendangbiru merupakan salah satu ikon utama Kota Malang Selatan. Selain Lapangan Pelelangan Ikan (TPI) dan Pasar Ikan, Pantai Sendangbiru selalu ramai dengan aktivitas bongkar muat. Pengunjung dapat mencoba mencicipi makanan laut (makanan laut), yang banyak tersedia di stand pantai. Pantai ini juga berada tepat di seberang Cagar Alam Pulau Sempu yang tidak dibuka untuk wisatawan.

4. CMC tiga warna

Berbeda dengan pantai lain di Malang, Clungup Mangrove Conservation (CMV) Tiga Warna tidak dikelola oleh Perhutani setempat. Namun, CMC Tiga Varna mengusulkan aspek pemberdayaan masyarakat, yang berperan sebagai pemandu ekowisata. Meski namanya Tiga Warna, CMC mencakup 7 pantai yaitu Pantai Kondang Buntung, Pantai Savana, Pantai Watu Pecah, Pantai Mini, Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna.

Khusus untuk Pantai Tiga Varna, calon wisatawan perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Karena Pantai Tiga Varna tergolong kawasan perlindungan laut. Ada kuota harian kunjungan yang harus di temani untuk memimpin. Pada Juli 2022, Pantai Tiga Warna ditetapkan sebagai Pilot Project Pantai Rendah Karbon oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

5. Pantai Teluk Asmara

Berikutnya adalah pantai Teluk Asmara di Malang. Pantai ini juga dikatakan sebagai tempat penangkaran penyu. Untuk alasan ini, kata “romansa teluk” dipilih. Dilihat dari atas bukit, pantai Teluk Asmara dikelilingi oleh banyak pulau karang. Tak heran jika pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat dalam bentuk miniatur.

6. Pantai Goa Cina

Sejumlah pengunjung bermain air di pantai Goa Cina di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, (21/4). TEMPO/Aris Novia Hidayat

Pantai Goa Cina Malang awalnya bernama Pantai Rowo Indah. Pantai ini terletak di desa Sitiarjo di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Goa Cina menyajikan vegetasi hutan pantai yang terdiri dari pohon ketapang, cemara laut dan masih banyak lainnya. Biaya masuk Pantai Goa China sekitar 15.000 rupee. Seperti namanya, ada sebuah gua di pantai ini yang pernah dianggap sebagai tempat meditasi para biksu Tionghoa.

7. Pantai Watu Leter

dalam bahasa jawa’Batu‘ artinya batu dan ‘Surat“ artinya datar. Nama tersebut diambil karena Pantai Watu Leter memiliki bebatuan yang memiliki permukaan datar. Pantai ini menampilkan warna air laut yang berbeda-beda dari putih tosca hingga hijau. Saat surut, batu karang muncul, menambah kesan Estetika.

8. Pantai Tanjung Penyu

Pantai yang direkomendasikan selanjutnya di Malang adalah Pantai Tanjung Penyu. Pantai ini masih baru dan belum dibuka secara resmi oleh pemerintah Kabupaten Malang. Pantai Tanjung Penyu bersebelahan dengan Pantai Watu Leter. Ini berarti bahwa entri juga satu dan gratis. Jika datang ke Pantai Watu Leter, tidak ada salahnya menuju ke arah barat dan menghadap Pantai Tanjung Penyu yang asri. Pantai ini memiliki pendopo untuk berteduh dan patung penyu raksasa yang cocok untuk berenang Tempat Selfie.

9. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati terletak di Desa Bajulmati, Desa Gajah Rejo, Kabupaten Malang. Nama Bajul Mati sendiri berarti buaya mati. Hal ini disebabkan mitos buaya putih raksasa ditemukan mati di pantai.

Pantai Bajul Mati menghadap ke hamparan pasir yang luas. Ada juga tempat penetasan telur dan tukik (ayam penyu) di pantai ini. Sementara itu, terdapat juga patung Nyi Roro Kidul yang menambah daya tarik wisata Pantai Bajul Mati.

10. Pantai Parang Dowo

Berikutnya ada Pantai Parang Dowo, rekomendasi wisata pantai di Malang. Ada banyak bebatuan di sekitar pantai ini. Anda bisa merasakan suara deburan ombak yang menghantam karang dengan suaranya yang khas. Dilarang berenang di Pantai Parang Dowo.

11. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Pasir pantainya berwarna putih kekuningan dan lembut. Namun di sepanjang pantainya ditumbuhi bongkahan batu-batu besar. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk memakai sepatu jika ingin berkeliling.

12. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang dijuluki Tanah Lot Jawa Timur. Karena di pantai ini dibangun pura Hindu yang masih kokoh dan beroperasional. Pura itu tidak dibangun di pantai tetapi di pulau karang di laut lepas. Untuk mencapainya, pengunjung harus menyeberangi jembatan yang terkadang tenggelam saat air pasang. Ada juga arus putus di pantai ini (aliran air mata) sehingga banyak tanda dilarang berenang dipasang. Pasalnya, arus di Pantai Balekambang sangat berbahaya dan sering menelan banyak korban.

13. Pantai Merak Terkenal

Pantai Kondang Merak biasanya digunakan sebagai tempat menyelam (Menyelam) karena memiliki keindahan pemandangan bawah laut. Ada berbagai jenis terumbu karang yang menghiasi dasar laut Pantai Kondang Merak. Namun, ombak yang menerjang pantai cukup tinggi. Jalan menuju pantai ini berupa tebing kapur. Jadi pastikan Anda memiliki keterampilan mengemudi yang baik.

14. Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng terletak di Desa Sumberbening Kabupaten Bantur. Pantai yang berbatasan dengan Pantai Merak yang terkenal ini memiliki ombak yang relatif lebih tenang. Anda bisa berenang di pantai ini, namun tetap berhati-hati dan ikuti aturan yang berlaku.

15. Pantai Ngliyep

Rekomendasi wisata pantai di Malang selanjutnya adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini terletak di kecamatan Donomulyo, sangat dekat dengan Kabupaten Blitar. Pantai Ngliyep memiliki pintu masuk yang sama dengan Pantai Pasir Panjang. Di sekitar pantai ini Anda akan menemukan yang berbeda Pekerjaan Foto-foto menarik seperti jembatan, ayunan dan bingkai foto berbentuk cinta. Anda juga bisa mencoba air kelapa yang dijual oleh penduduk setempat.

16. Pantai Lenggoksono

Para peselancar menikmati olahraga selancar atau surfing di Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur, 29 Oktober 2015. TEMPO/Aris Novia Hidayat

Pantai Lenggoksono seolah membelah pulau karang ke kanan dan ke kiri. Sarana prasarana seperti warung makan, toilet dan mushola mudah ditemukan di sini. Pantai ini memiliki pasir yang cenderung lebih gelap.

17. Pantai Wedi Awu

Pantai Wedi Awu dinobatkan sebagai salah satu tempat selancar impian para peselancar peselancar. Ombak di laut bisa mencapai ketinggian 5 meter. Jadi sangat cocok untuk anda yang ingin belajar naik papan selancar. Pantai ini juga terhubung dengan muara. Pasir pantainya berwarna kecoklatan karena pengaruh endapan air sungai. Tidak ada biaya masuk, jadi Anda bisa menginap di sini.

18. Drop Pantai Banyu

banyu berarti air selama menjatuhkan artinya jatuh, maka banyu jatuh dapat diartikan sebagai air jatuh atau air terjun. Sebenarnya ada air tawar di pantai Banyu Anjlok yang mengalir langsung ke laut. Pemandangan pantai dengan air terjun ini sangat langka dan hanya ada satu di Malang. Namun untuk mengakses situs tersebut cukup sulit. Anda dapat mengambil jalan yang curam atau untuk cara yang lebih mudah naik perahu nelayan dari pantai Lenggoksono.

19. Pantai Bolu Bolu

Selain Pantai Tiga Varna dan Pantai Merak yang terkenal, Pantai Bolu-bolu juga menjadi tujuan para wisatawan Penyelam. Namun, menyelam di sini tidak disarankan bagi pemula. Karena arus laut dalam yang mengalir begitu kuat.

20. Pantai Pulodoro

Faktanya, Pantai Pulodoro kalah populer dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Malang. Karena letaknya di perbatasan Kabupaten Blitar, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 3-5 jam dari Kota Malang. Pantai Pulodoro merupakan pantai yang jarang dijamah orang. Datang kesini kasih bonus 2 pantai lagi yaitu Pantai Bantol dan Pantai Kedung Celeng.

Ini dia rekomendasi wisata pantai di miskin. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak pantai yang bisa dikunjungi di Malang Selatan. Silakan datang di tanggal merah atau hari biasa agar suasana tenang bisa Anda rasakan.

MELYNDA DWI PUSPITA

Baca Juga: Sepuluh Tempat Wisata Di Malang dan Kota Batu Yang Paling Seru

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button