20 Foto Museum Pertiwi Purna Bhakti, Harga Tiket Masuk, Koleksi dan Atraksi - WisataHits
wisatahits

20 Foto Museum Pertiwi Purna Bhakti, Harga Tiket Masuk, Koleksi dan Atraksi

20 Foto Museum Pertiwi Purna Bhakti, Harga Tiket Masuk, Koleksi dan Atraksi

Anda yang bosan dengan jalan-jalan yang sama di Jakarta, mungkin bisa mencoba berkunjung ke Museum Pertiwi Purna Bhakti di Jakarta Timur. Museum Purna Bhakti merupakan peninggalan berharga mendiang Presiden Soeharto.

Di sini terdapat koleksi – koleksi peninggalan beliau yang sebagian besar merupakan pemberian dari para pejabat, politikus dan pengusaha yang diberikan kepadanya ketika beliau masih berkuasa dan berjaya di negeri ini.

Pendirian gedung Museum Pertiwi Purna Bhakti dicetuskan oleh almarhum Ibu Tien Soeharto. Tujuan Ibu Tien Soeharto adalah ingin berbagi keceriaan dengan masyarakat luas, atau lebih tepatnya ingin masyarakat melihat barang berharga peninggalan Presiden Soeharto yang sudah sangat langka dan kuno.

Bangunan museum ini letaknya cukup jauh dari tempat parkir, sehingga diperlukan kendaraan lain untuk menuju bangunan utama museum. Namun jangan khawatir karena Museum Purna Bhakti telah menyediakan angkutan gratis bagi pengunjung untuk mengantarnya menuju museum dari tempat parkir.

Halaman depan Museum Pensiunan Ibu Pertiwi di Kompleks Taman Mini Indonesia, JakartaHalaman depan Museum Pensiunan Ibu Pertiwi di Kompleks Taman Mini Indonesia, Jakarta

Jika dilihat lebih dekat, bangunan museum Purna Bhakti Pertiwi berbentuk kerucut mengingatkan pada nasi tumpeng dalam tradisi Jawa.

Museum Purna Bhakti Pertiwi didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1993Museum Purna Bhakti Pertiwi didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1993

Diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1993, bertepatan dengan hari ulang tahun Ibu Tien Soeharto yang ke-70, 3 tahun sebelum wafatnya pada tahun 1996. Museum ini masih berdiri megah di atas tanah seluas 19,7 hektar dengan total luas bangunan 25.095m².

Alamat

Museum Purna Bhakti bisa menjadi alternatif wisata edukasi dan sejarah yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Jika Anda tertarik untuk datang ke sini, Anda bisa langsung menuju ke lokasi museum ini di Jl.Jalan Utama Gerbang Mini Taman 1. Kel. Ceger, Kec. Cipayung, Jakarta Timur. Seperti. 021-8401604.

Harga Tiket Museum Pertiwi Purna Bhakti

Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Jakarta ini, Anda hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp2.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak. Jam operasional adalah Senin hingga Sabtu pukul 09.00 hingga 16.00 dan Minggu pukul 09.00 hingga 18.00.

Kunjungi juga: 18 pantai di Jakarta

Koleksi Museum Purna Bhakti Jakarta

Saat memasuki area utama Museum Pertiwi Purna Bhakti, Anda akan disambut oleh dua patung penari Bali yang terbuat dari kepeng, serta patung Ibu Tien Soeharto.

Ada pula hiasan berupa ukiran halus penghuni hutan di atas sebatang kayu besar. Patung tersebut diletakkan tegak di ruang utama museum.

Dulu, tepatnya pada masa Orde Baru, tidak terlalu sulit untuk mendapatkan kayu yang sangat besar dan bermutu tinggi, karena pada saat itu juga dilakukan penebangan kayu secara besar-besaran.

Pedagang kayu jati sering mendapat untung yang sangat besar, apalagi jika mendapat pesanan membangun rumah bagi pejabat yang sangat pemurah uangnya.

Namun, ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi setelah runtuhnya Orde Baru, kayu Indonesia yang berkualitas tinggi menjadi perdagangan ekspor yang menggiurkan karena harganya menjadi sangat murah bagi pemilik kayu dolar.

Adapun pajangan lainnya, ada mangkok dengan tutup perak dan patung gajah kayu berlapis perak dengan miniatur gading asli.

Banyak koleksi barang berharga di museum ini berupa perak dan gading gajah di Museum Purna Bhakti Pertiwi. Ada juga hadiah dari penasihat ekonomi Malaysia tempo dulu, yaitu koleksi patung perak para penari Malaysia.

Anda juga bisa melihat miniatur kapal perak yang cantik dan rumit. Ada juga koleksi jangkar dan patung Tionghoa, serta berbagai benda kristal yang benar-benar memikat dan bernilai tinggi.

Tidak hanya dari Tiongkok, ada juga koleksi lain berupa burung porselen dari Herend – Hongaria, Bohemia – Cekoslowakia, Guiseppe Cherato dan Capodimonte – Italia, Kaiser – Jerman dan BNR – Spanyol. Langlang Buana, dari I Wayan Asin di Bali, juga menggunakan akar pohon karet berumur seabad yang membutuhkan waktu 16 bulan untuk berproduksi.

Patung Langlang Buana karya I Wayan Asin, seorang seniman BaliPatung Langlang Buana karya I Wayan Asin, seorang seniman Bali

Yang tak kalah menarik adalah patung pertarungan antara Rahwana dan Jatayu karya I Ketut Moderen dari Bali yang terbuat dari pohon Johar. Juga dari Bali, ada karya Dewa Made Windia (Peliatan, Ubud) berupa sekumpulan arca yang terbuat dari potongan kepeng. Kepeng adalah mata uang kuno yang masih digunakan dalam ritual keagamaan di Bali.

Selain itu, terdapat patung yang menceritakan kisah Nawa Sanga, atau sembilan dewa penjaga agama Hindu yang menjaga 9 arah mata angin. Mereka adalah Brahma (selatan), Wisnu (utara), Siwa (tengah), Iswara (timur), Mahadewa (barat), Sambhu (timur laut), Maheswara (tenggara), Rudra (barat laut) dan Sangkara (Barat daya).

Di lantai dua Museum Pertiwi Purna Bhakti, Anda akan menemukan koleksi Rangda, simbol kekuatan jahat, Barong Ket (Keket), simbol kekuatan baik, dan Celuluk, simbol kekuatan jahat lainnya, yang merupakan karya I Wayan Raka dari Bali.

Museum Purna Bhakti Pertiwi merupakan tempat wisata museum di Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi apalagi lokasinya sangat dekat dengan TMII. Anda tidak hanya berkesempatan melihat barang-barang antik peninggalan mantan presiden Indonesia, tetapi juga mengetahui sejarah masa lalu.

Koleksi foto

Salah satu aula Museum Pertiwi Purna Bakti menyimpan kisah perjalanan hidup SoehartoSalah satu aula Museum Pertiwi Purna Bakti menyimpan kisah perjalanan hidup Soeharto
Di dalam museum tersimpan berbagai peninggalan sejarah milik mantan Presiden SoehartoDi dalam museum tersimpan berbagai peninggalan sejarah milik mantan Presiden Soeharto
Gambar wajah mantan Presiden Soeharto yang merupakan ratusan foto yang menjadi koleksi museumGambar wajah mantan Presiden Soeharto yang merupakan ratusan foto yang menjadi koleksi museum
Museum Pertiwi Purna Bakti menampung lebih dari 13.000 benda bersejarahMuseum Pertiwi Purna Bakti menampung lebih dari 13.000 benda bersejarah
Relief yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia merupakan bagian dari Museum Pertiwi Purna BaktiRelief yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia merupakan bagian dari Museum Pertiwi Purna Bakti
Lantai 2 bangunan utama Museum Pertiwi Pertiwi menyimpan berbagai memorabilia penguasa negara asingLantai 2 bangunan utama Museum Pertiwi Pertiwi menyimpan berbagai memorabilia penguasa negara asing
Sebuah ruangan khusus yang menyimpan berbagai tanda kehormatan, seperti lencana, bintang kehormatan, dan selendangSebuah ruangan khusus yang menyimpan berbagai tanda kehormatan, seperti lencana, bintang kehormatan, dan selendang

* * * * *

Demikian ulasan tentang Museum Pertiwi Purna Bhakti yang merupakan museum yang menyimpan berbagai barang bersejarah yang berkaitan dengan Presiden Soeharto semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi berlibur bagi keluarga anda.

Kunjungi juga: Kota Tua Jakarta

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button