Curug Citambur, Destinasi Air Terjun Eksotis di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Curug Citambur, Destinasi Air Terjun Eksotis di Cianjur

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Kota Cianjur mungkin tidak terlalu penting dalam hal pariwisata. Terletak tidak jauh dari Jakarta dan Bandung, Cianjur tampaknya masih tenggelam di bawahnya. Bahkan pesona alam kota yang terkenal dengan manisannya pun tak kalah indah dan berani bersaing dengan kota lain.

Di kota Cianjur Anda bisa menemukan banyak destinasi wisata indah yang masih sangat terjaga kelestariannya. Belum tersentuh oleh teknologi untuk memberikan rasa kesegaran dan kesegaran yang alami. Dengan cara ini, semua stres akibat aktivitas rutin bisa dilupakan sejenak.

Cianjur memiliki beragam pesona alam. Anda dapat menemukan bukit, pantai, gunung, taman, dan air terjun yang indah. Salah satu air terjun yang wajib dikunjungi saat berada di Cianjur adalah Curug Citambur. Berikut informasi lengkap tentang Air Terjun Citambur.

Wisata Bahari Curug Citambur dengan Pemandangan Eksotis

Air Terjun Eksotis CitamburKredit gambar: Google Maps Jelajahi

Berbicara tentang Curug Citambur, mungkin sebagian dari Anda masih cukup asing. Hal ini tampaknya wajar mengingat destinasi wisata di Kota Cianjur belum banyak terekspos. Curug Citambur terletak di selatan Cianjur. Tempat yang tergolong tersembunyi dan belum terlalu banyak terpapar teknologi.

Namun, dari segi keindahan, Curug Citambur tidak ada duanya. Karena kejernihan air yang mengalir deras akan berpadu dengan lingkungan alam yang masih alami. Air terjun setinggi 130 meter ini dikelilingi pepohonan rindang yang jelas menambah eksotisme pemandangan. Pengunjung akan sangat dimanjakan dengan pemandangannya.

Keindahan yang disuguhkan membuat Anda betah berlama-lama di Curug Citambur. Apalagi banyak spot foto menarik yang sangat Instagramable. Pengunjung bisa berfoto sesuka hati sambil merasakan kesegaran tempat yang tiada tandingannya. Anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga agar semakin berkesan.

Ada beberapa hal menarik yang dipercaya penduduk setempat tentang Curug Citambur. Ini terkait dengan nama air terjun ini yang merupakan kombinasi dari dua kata yang setara. Kata Ci sendiri dalam bahasa Sunda berarti air sedangkan Tambur adalah alat musik yang dipukul. Konon terkait dengan dentuman air yang mengalir dari atas ke bawah air terjun.

Objek wisata air terjun Citambur

Air Terjun CitamburKredit gambar: Google Maps Ridwan Ahmed

Air terjun Citambur memiliki pesona yang luar biasa. Keadaannya yang masih sangat alami akan sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan dan kesegaran suatu tempat. Pengunjung akan disuguhkan langsung dengan jernihnya air yang mengalir deras di sepanjang pepohonan rindang di area lokasi. Tanpa melupakan kehadiran kabut halus yang menambah eksotisme.

Kondisi air dan pepohonan yang jernih akan membuat Anda ingin berenang tepat di sekitar lokasi. Namun, hal itu tidak diperbolehkan karena bebatuan di bawah air terjun yang indah ini sangat curam sehingga berbahaya untuk dilewati. Pengunjung tidak perlu kecewa karena ada area tersendiri untuk bersantai di tepi air, yaitu di sekitar persawahan.

Kondisi airnya sangat dingin mengingat berasal langsung dari pegunungan. Jadi kamu harus membiasakannya. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah mengingat pemandangan eksotis yang luar biasa bisa dilihat. Anda bisa berfoto selfie bersama teman atau keluarga untuk membuktikan kehadiran pengunjung di tempat yang sangat indah.

Fasilitas yang tersedia di Curug Citambur

Fasilitas air terjun CitamburKredit gambar: Google Maps Heriyanto

Bicara soal fasilitas, mungkin Curug Citambur belum cukup lengkap. Namun hal ini bukanlah masalah yang serius karena tempat wisata ini masih tergolong tersembunyi dan membutuhkan banyak usaha untuk sampai ke air terjun ini. Anda akan benar-benar merasakan pengalaman yang berbeda di tempat yang benar-benar alami dan sejuk.

Namun, beberapa fasilitas umum tersedia di Curug Citambur. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir saat berkunjung. Sebut saja mushola, toilet, area parkir, spot foto dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin bermalam, beberapa penginapan siap menampung. Jadi kenyamanan Anda selalu menjadi prioritas utama bagi pengelola.

Jika Anda lelah pergi ke sana atau setelah mengunjungi Curug Citambur, Anda bisa beristirahat sejenak di sekitar air terjun. Pengunjung juga dapat menikmati sajian makanan atau minuman yang dijual di toko-toko yang tersedia. Jadi perut yang keroncongan tidak akan menjadi alasan bagi Anda untuk menjelajahi tempat uang Indah ini.

Petunjuk Menuju Lokasi Curug CItambur

Rute Air Terjun CItamburKredit gambar: Google Maps pangestu adji

Bagi Anda yang menyukai tantangan, akan menjadi keputusan yang tepat untuk pergi ke Curug Citambur. Berada di tempat yang tersembunyi memudahkan untuk melewati akses jalan menuju air terjun. Beberapa rintangan akan ditemui mulai dari berjalan melewati bebatuan hingga jalan setapak. Saat tiba di lokasi harus berhati-hati mengingat bebatuan yang licin.

Segala penat selama perjalanan akan hilang seketika saat melihat indahnya pemandangan Curug Citambur. Pengunjung akan dibungkam oleh keindahan tempat yang dibalut pepohonan cantik seperti karpet hijau yang membuatnya semakin eksotis. Tak hanya itu, air yang mengalir dari atas terlihat jernih dan menyejukkan untuk dipandang.

Jika Anda ingin menuju lokasi air terjun di Jawa Barat ini, Anda bisa berkendara melalui kota Bandung kemudian mengambil jalan Soreng dan Ciwidey. Kemudian, pengunjung akan melewati desa Rancabali dan Karangjaya. Nah, di desa ini Anda akan menemukan air terjun yang mempesona ini. Setelah itu, perjalanan Anda harus dilakukan dengan berjalan kaki menuju tempat wisata air terjun.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Citambur adalah saat musim hujan. Karena pepohonan akan terlihat hijau segar seperti karpet hijau. Hal ini akan menambah eksotisme keberadaan air terjun tersebut. Datang saat musim hujan bukan berarti datang saat hujan. Perlu diketahui bahwa air terjun ini buka 24 jam sehari, namun Anda harus meninggalkan tempat tersebut pada sore hari.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Citambur

Harga Tiket Air Terjun CitamburKredit gambar: Saluran Google Maps 33

Untuk biaya masuk, Anda tidak perlu khawatir. Karena satu-satunya biaya yang diperlukan sangat terjangkau. Bayangkan untuk masuk ke destinasi wisata eksotik ini, Anda hanya mendapatkan tiket masuk mobil seharga Rp 5.000, sedangkan bus seharga Rp 10.000.

Tarif ini sangat terjangkau mengingat keamanan dan tempat parkir yang sangat luas. Jadi Anda tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan untuk sementara waktu. Beberapa biaya tambahan mungkin timbul terkait pengunjung ketika mereka datang untuk menginap atau berwisata kuliner.

Perlu diketahui bahwa harga masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengecek secara rutin sebelum mengunjungi Curug Citambur. Jangan lupa juga untuk menyiapkan baju ganti untuk mengantisipasi pakaian basah sebelumnya saat mengunjungi air terjun.

Berikut beberapa informasi menarik tentang tempat wisata di Curug Citambur. Keindahan tempat wisata yang ditawarkan akan semakin lengkap bila Anda datang bersama teman atau keluarga. Dengan cara ini kedekatan akan lebih terjalin dan tentunya lebih menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button