2 Rekomendasi Desa Wisata di Jawa Tengah, Cocok Untuk Destinasi Akhir Pekan Tentang Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

2 Rekomendasi Desa Wisata di Jawa Tengah, Cocok Untuk Destinasi Akhir Pekan Tentang Semarang

LUAR NEGERI – Desa Wisata merupakan salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memilih 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) tahun ini.

Dari 50 desa wisata terpilih, dua di antaranya berasal dari Jawa Tengah.

Nah, penasaran desa mana? Mari simak dua desa wisata di Jawa Tengah berikut ini yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata favorit Anda.

  1. Desa Wisata Bugisan, Klaten

Desa wisata pertama di Jawa Tengah tahun ini adalah Bugisan. Bugisan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, bersebelahan dengan DIY.

Website resmi Pemerintah Desa Bugisan menawarkan berbagai paket wisata disana, antara lain paket wisata 1H (1 Hari), 1H1N (1 Hari 1 Malam), 2H1N (2 Hari 1 Malam).

Destinasi Paket Wisata 1D : Candi Plaosan, Pertunjukan Musik Gejog Lesung dan Karawitan, Proses Pembuatan Jamu Tradisional (UMKM).

Perabot:

      • pemandu wisata lokal, sepeda/pertunjukan/kereta sapi plus atribut lainnya.

Harga (tanpa konsumsi):

      • Paket Tour Sepeda 1D: Rp @145.000, minimal 2 orang
      • Paket Tour 1H1M Gig or Ox Cart: Rp 340.000, minimal 4 orang.
    • Paket wisata 1H1N

Paket Wisata 1H1M Destinasi : Candi Plaosan, Pertunjukan Musik Gejog Lesung dan Karawitan, Proses Pembuatan Jamu Tradisional, Ampingang dan Emping (UMKM), Wedangan Daleme Simbah.

Perabot:

      • Pemandu lokal dan makan malam

Harga:

      • Paket Tour Sepeda 1H1M: [email protected], minimal 2 orang
      • Paket Tour Dokar atau Oxcart 1H1M: Rp 340.000, minimal 4 orang
    • Paket wisata 2H1M

Paket Wisata 1H1M Destinasi : Candi Plaosan, Pertunjukan Musik Gejog Lesung dan Karawitan, Proses Pembuatan Jamu Tradisional, Ampingang, Emping dan Batik Ecoprint (UMKM), Wedangan Daleme Simbah, Candi Sunrise Plaosan.

Perabot:

      • Pemandu lokal, makan siang dan makan malam, homestay.

Harga:

      • Paket Tour Sepeda 2H1M: IDR @445,000, minimal 2 orang
      • Paket Tour Gig or Ox Cart 2H1M: Rp490.000, minimal 4 orang.
    • Paket Wisata Berkemah

Desa Wisata Bugisan juga menawarkan paket wisata camping di Bumi Perkemahan Candi Plaosan. Ada 3 jenis paket camping, yaitu:

      • Paket Hemat (Rp 190.000/orang),
      • Paket Sedang (Rp 200.000/orang)
      • Paket VIP (Rp 250.000/orang).

Setiap paket sudah lengkap dengan fasilitas berupa perlengkapan camping (tenda dome 7 orang, sleeping bag, kasur busa, listrik/penerangan, dispenser dan galon air), 3-4 kali makan, 1-2 kali snack, api unggun, first aid kit , toilet, pemandu lokal dan tiket masuk ke Candi Plaosan. Kunjungi desabugisan.com untuk informasi lebih lanjut.

  1. Desa Wisata Sembungan, Wonosobo

Desa wisata terbaik kedua di Jawa Tengah tahun ini adalah Sembungan. Menurut situs Kemenparekraf, Sembungan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 2.300 MDPL (meter di atas permukaan laut).

Desa wisata di Jawa Tengah ini menawarkan eksotisme alam dan budaya, sunrise dari Bukit Sikunir yang oleh Kemenparekraf menduduki peringkat terindah se-Asia, Danau Cebong yang airnya selalu berkilau, dan Air Terjun Sikamim yang menjulang tinggi.

Beragam olahan makanan dan minuman khas seperti carica, purwaceng, terong kemar, dan lombok dieng juga bisa Anda nikmati di desa wisata Jawa Tengah ini. Ada juga Wisata Edukasi Pengelolaan Sampah Sembungan di gedung Bank Sampah Adem Ayem.

Desa wisata di Jawa Tengah ini bisa ditempuh dari Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara atau Batang. Tempat parkirnya juga luas dan terbagi menjadi tiga lokasi. Fasilitas di desa wisata ini juga cukup lengkap, mulai dari balai pertemuan, jungle trail, toilet umum, kios cinderamata, wisata kuliner, mushola, spot foto dan lain-lain.

Inilah dua desa wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi terutama saat akhir pekan. Semoga bermanfaat.***

Source: aboutsemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button