Gubernur Jawa Tengah Hadiri Karnaval Mangkunegaran, Ajak Lestarikan Budaya dan Tingkatkan Pariwisata - Kempalan.com - WisataHits
Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Hadiri Karnaval Mangkunegaran, Ajak Lestarikan Budaya dan Tingkatkan Pariwisata – Kempalan.com

KEMPALAN SURAKARTA: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti prosesi Karnaval Pusaka Dalem 1 Sura EHE 1956 pada Jumat malam (29.7.2022). Karnaval Pusaka diadakan oleh Pura Mangkunegaran Surakarta untuk menyambut malam Sura 1 atau Malam Tahun Baru penanggalan Jawa.

Gubernur Jawa Tengah hadir didampingi istrinya Siti Atikoh. Keduanya berjalan di sepanjang jalan karnaval dengan sekelompok tentara. Rute karnaval dari Pendapa, keluar selatan, Pamedan, barat, sekali keliling Mangkunegaran, lalu masuk ke kawasan Pendapa. Ini merupakan kali pertama Pusaka Carnival digelar di depan umum pascapandemi. Selama sekitar 90 menit, Gubernur Jawa Tengah bertelanjang kaki seperti prajurit keraton lainnya.

Sepanjang jalan karnaval, dipadati warga. Anda mengarahkan kamera ponsel untuk mengabadikan momen tersebut. “Suasananya hidup. Sambutan dari masyarakat cukup baik,” ujar Gubernur usai karnaval.

Baginya, karnaval Pusaka Dalem yang digelar secara terbuka itu menunjukkan betapa dekatnya kerato dengan masyarakat. “Ya, saya bilang Keraton dan desa sudah dekat. Ya, suasana budayanya sangat kental,” ujarnya.

Gubernur yakin kegiatan budaya seperti itu masih bisa dipertunjukkan. Meski pandemi belum sepenuhnya berakhir, protokol kesehatan tidak boleh diabaikan. “Saya kira banyak kegiatan budaya yang perlu ditampilkan terus menerus. Kita cukup menikmati, masyarakat senang dan protokol kesehatan dipatuhi,” jelasnya.

Pelestarian tradisi dan budaya, menurut gubernur, otomatis menjadi daya tarik wisata. “Tentu saja otomatis (lihat di atas) pariwisata. Semua orang menunggu dan semua orang sangat menyambut,” jelasnya.

Salah satu warga, Joko Basuki, mengaku senang bisa menyaksikan kembali tradisi Kirab Pusaka Dalem. “Senang bisa kembali karena sebelumnya tidak ada masa pandemi. Mudah-mudahan terus berlanjut dan berkelanjutan,” ujarnya.

Penerbit: Freddy Mutiara

Source: kempalan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button