16 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan Yang Masih Alami - WisataHits
Yogyakarta

16 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan Yang Masih Alami

TEMPO.CO, jakarta – Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak rekomendasi wisata alam mulai dari pegunungan, air terjun hingga danau atau Setu. Tidak jauh dari Jakarta, Anda juga bisa singgah di Kuningan untuk berlibur bersama keluarga. Apa saja rekomendasi tempat wisata menarik di Kuningan? Lanjut membaca.

Perjalanan di Kuningan

Seperti Bandung atau Bogor, kawasan Kuningan memiliki pesona alam yang indah. Lingkungan ini dijuluki Kota Kuda karena masih banyak gerbong untuk transportasi sehari-hari. Fitur ini menambah daya tarik Kabupaten Kuningan. Kolaborasi antara keunikan budaya dan panorama alamnya menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata yang populer.

Daftar tempat wisata alam di Kuningan

Untuk membantu memandu liburan Anda, berikut ini kumpulan rekomendasi tempat wisata alam di Kuningan, lengkap dengan lokasi, rating, dan harga tiketnya.

1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Tempat wisata pertama yang direkomendasikan di Kuningan adalah Taman Nasional Gunung Ciremai. Taman nasional ini terletak di Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Luas lahan taman nasional ini adalah 14.000 hektar dan termasuk dalam tiga kabupaten yaitu Kuningan, Majalengka dan Cirebon. Biaya masuk bervariasi tergantung pada kategori. Harga berkisar dari Rp 3.500 hingga Rp 225.000. Taman Nasional Gunung Ciremai buka setiap hari mulai pukul 8-15 WIB. Gunung Ciremai cocok bagi anda yang suka berpetualang atau ingin mendaki gunung.

Taman Nasional Gunung Ciremai. tngciremai.menlhk.go.id

2. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati terletak di Desa Linggasana Kecamatan Cilimus. Linggarjati juga menawarkan banyak hiburan yang menyenangkan untuk anak-anak. Misalnya wahana kolam renang, pacuan kuda, mengayuh perahu, bahkan keluar. Semua fasilitas hanya dapat digunakan dengan pembayaran sekitar Rp 10.000.

3. Wisata Alam Palutungan

Taman wisata alam terdekat di Kuningan adalah Taman Wisata Alam Palutungan. Wisata alam ini masuk dalam wilayah administrasi Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Pengunjung dapat melakukan aktivitas di luar Misalnya berkemah, kenaikanatau hanya penganiayaan. Pengunjung anak-anak akan dikenakan biaya pembalasan sekitar Rp 5.000 hingga 8.000. Sedangkan untuk dewasa sekitar Rp 15.000 – Rp 17.500.

Palutungan, kuningan. Shutterstock

4. Bukit Panembongan

Wisata lain yang direkomendasikan di Kuningan adalah Bukit Panembongan. Bukit Panembongan terletak di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi. Bukit Panembongan dianggap mirip dengan Kalibiru di Yogyakarta. Bukit ini memiliki jembatan yang berdiri tinggi di antara pepohonan. Pengunjung juga bisa bersantai dengan cara gantung diri dan berbaring di atasnya tempat tidur gantung. Biaya masuk ke Bukit Panembongan relatif terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000.

5. Batu Mulia

Tempat wisata di Kuningan yang direkomendasikan selanjutnya adalah Batu Luhur. Batu Luhur masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Berbagai kegiatan dapat dilakukan sendiri atau bersama kelompok, seperti B. melintasi jembatan gantung atau memanjat rubah terbang Panjang 200 meter yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Lokasi Batu Luhur tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan. Untuk tiket, anak-anak membayar sekitar Rp 10.000, dewasa sekitar Rp 15.000.

6. Hutan Desa Setianegara

Hutan desa Setianegara berhawa sejuk karena ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Hutan ini termasuk dalam wilayah Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus. Sebagian besar pengunjung wisata alam ini adalah anak muda atau “anak-anak senja” yang berburu matahari terbenam. Tak jarang mereka memutuskan bermalam dengan mendirikan tenda. Tiket masuk Hutan Desa Setianegara relatif murah, sekitar Rp 10.000.

Desa Setianegara, Kuningan. Shutterstock

7. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang terletak di Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana. Ekskursi ini dipimpin langsung oleh warga sekitar di bawah naungan Kelompok Tani Hutan (KTH). Pengunjung tidak perlu khawatir jika wisata terasa ramai dan sesak. Karena luas lembah ini sekitar 20 kilometer persegi. Tak hanya semak belukar, di sini juga terdapat beberapa air terjun dan sumber air panas yang pastinya akan merilekskan tubuh. Harga tiket masuk berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 12.500.

8. Pendaratan Curug

Curug Landing juga merupakan salah satu air terjun di Taman Nasional Gunung Ciremai. Curug Landing buka 24 jam sehari. Namun, disarankan untuk datang saat cuaca cerah agar aliran air tidak terlalu deras. Bagi pengunjung yang ingin berenang di Curug Landing, pastikan kondisi fisik Anda prima karena harus berani menghadapi cuaca dingin. Biaya masuknya sangat terjangkau sekitar Rp 10.000 per orang.

9. Danau Biru Cicerem

Air di Telaga Biru Cicerem berwarna biru jernih, sesuai dengan namanya. Di dalam air Anda bisa melihat ikan berwarna-warni. Ada juga ayunan tepat di atas danau yang menarik untuk dicoba. Telaga Biru Cicerem terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 10.000.

10. Air Terjun Payung

Wisata di Kuningan selanjutnya adalah Curug Payung. Air terjun ini terletak di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru. Karena belum ada yang mengaturnya, siapa pun bisa masuk ke sini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pukul 07:00 – 16:00 WIB.

11. Air Terjun Putri

Curug Putri adalah salah satunya Pekerjaan populer di Taman Nasional Gunung Ciremai. Air terjun ini terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Ada hutan pinus di sekitar air terjun yang terasa pas untuk bermalam dan berlama-lama di alam. Dan ada juga fasilitas spot selfie seperti rumah hobbit, bunga matahari dan menara bambu. Harga tiket masuk berkisar Rp 20.000, tentunya biaya ini belum termasuk tiket taman.

Curug Putri, Kuningan. Shutterstock

12. Laut Nil

Wisata alam terdekat di Kuningan adalah Danau Nilem. Danau ini terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Air di danau ini terlihat tenang, sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin belajar menyelam. Namun pengunjung tetap perlu berhati-hati karena dasar danau terdiri dari bebatuan yang diselimuti lumut hijau. Harga tiket masuknya sekitar Rp 5.000 untuk hari dalam seminggu dan Rp 17.500 per jam akhir pekan.

13. Waduk Darma

Tempat wisata di Kuningan yang direkomendasikan selanjutnya adalah Waduk Darma. Meski namanya waduk yang berguna untuk irigasi pertanian, waduk Darma juga dijadikan sebagai tujuan wisata. Terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti mushola, toilet dan taman bermain anak. Waduk ini terletak di Desa Jagara, Kecamatan Darma, dengan luas sekitar 425 hektar. Biaya masuknya sekitar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa.

14. Sawah Kadugede

Jika ingin merasakan suasana pedesaan yang khas, persawahan Kadugede bisa menjadi pilihan. Pengunjung disuguhi hamparan nasi dari hijau hingga kuning. Dengan sedikit keberuntungan, pengunjung dapat menyaksikan para petani membajak sawah. Area persawahan ini tidak dimaksudkan sebagai objek wisata, jadi siapapun bisa datang. Namun, persawahan di kabupaten tersebut. Kadugede, Cab Brass bisa masuk Daftar Keinginan.

15. Situs Wulukut

Tempat wisata di Kuningan yang direkomendasikan terakhir adalah Situ Wulukut. Wulukut mirip dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Situs ini termasuk dalam wilayah Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang. Situ Wulukut terletak di tengah hutan yang lebat dan asri. Untuk merasakan udara segar di sini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 saja.

16. Pemandian Cibulan

Inilah tempat wisata tertua di Kuningan yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh penguasa Kuningan saat itu, yaitu RAA Mohamad Achmad. yaitu RAA Mohammad Achmad. Di kolam pemandian ini, pengunjung bisa berenang dan bermain dengan ikan-ikan yang dipelihara oleh pengelola dan masyarakat sekitar.

Menariknya, di Cibulan ada seekor ikan mas yang dipercaya sebagai pejuang pemberontak pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Raja yang marah segera mengutuk prajurit pembangkang itu menjadi seekor ikan. Dipercaya bahwa ikan lele ini jumlahnya konstan dan tidak pernah bertambah jumlahnya.

Itulah rekomendasi tempat wisata di kuningan beserta lokasi dan harga tiket masuknya. Ada sawah, waduk, danau, air terjun, hutan, lembah, gunung. Berkunjung ke tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai momen relaksasi. Tur mana yang menurut Anda paling menarik?

MELYNDA DWI PUSPITA

Baca Juga: 27 Rekomendasi Wisata Pantai di Pangandaran, Beserta Tempat dan Tiket Masuknya

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button