15 Tempat Wisata Palu Terbaru dan Wisata Yang Lagi Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

15 Tempat Wisata Palu Terbaru dan Wisata Yang Lagi Dikunjungi

15 Tempat Wisata Palu Terbaru dan Wisata Yang Lagi Dikunjungi

Ibu kota provinsi Sulawesi Tengah ini merupakan daerah yang kaya akan budaya dan keindahan alam. Karenanya, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata yang bisa dipilih saat berada di kota Palu.

Tempat wisata di Palu cukup beragam mulai dari pemandangan alam dan laut yang indah, taman yang indah bahkan pemandangan gunung tersedia disini. Anda pasti betah dan ingin berlibur ke Kota Palu lagi dan lagi.

Nah, untuk memudahkan dalam memilih tempat liburan nantinya. Anda bisa memilih dari daftar 15 tempat wisata di sekitar kota Palu di bawah ini.

1. Anjungan Nusantara

Paviliun NusantaraFoto oleh Ahmad Suparjo di Google Maps

Tempat ini sebenarnya adalah sebuah taman yang dibangun oleh pemerintah setempat sebagai tempat rekreasi dan olah raga bagi warga sekitar atau bagi wisatawan. Di sini Anda dapat dengan jelas melihat pemandangan gunung dan laut.

Lokasi taman ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti jogging track, area skateboard dan lain-lain. Ada juga persewaan mainan dan peralatan olah raga khususnya untuk anak-anak. Taman ini berada di Jl. Rajamoli yang berada di kota Palu.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Komodo No.16, Besusu Barat, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

2. Taman Damai Kota Palu

Taman Damai Kota PaluFoto oleh Taman Perdamaian Kota Palu di Google Maps

Di taman ini terdapat gong perdamaian “Nosarara Nosabatutu” dengan logo 444 kota, logo 33 provinsi Indonesia dan logo yang mewakili 5 agama besar di Indonesia saat itu. Sebagai informasi, saat ini ada 6 agama yang diakui di Indonesia.

Tempat ini bukan hanya tempat untuk mengingatkan kita akan keberagaman Indonesia, tapi juga tempat wisata dengan pemandangan yang indah. Jadi Anda ingin mengambil gambar saat berada di sini.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tondo, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

3. Taman Gor

Taman GorFoto oleh Dwi Budisantoso di Google Maps

Taman ini menjadi tujuan wisata populer setelah direnovasi oleh pemerintah setempat. Terdapat berbagai fasilitas tambahan seperti taman bermain anak, arena skateboard dan lapangan olah raga lainnya.

Terdapat food court serta kafe yang menjajakan aneka minuman dan makanan yang bisa Anda santap sambil mengagumi keindahan taman yang telah dihiasi berbagai ornamen cerah. Karena itu, tempat ini semakin ramai di malam hari.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pusat Besusu, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

4. Lapangan Vatulemo

Alun-alun ValulemoFoto oleh Lukman Hakim di Google Maps

Kota Palu menawarkan banyak tempat rekreasi yang bisa Anda pilih dan nikmati. Namun lapangan Vatulemo bisa dibilang tempat yang paling banyak diminati oleh warga sekitar. Karena kamu akan melihat banyak orang berjualan, berolahraga atau sekedar nongkrong disini.

Tempat ini biasanya ramai pada pagi dan sore hari, karena kedua waktu tersebut sangat cocok untuk berolahraga. Selain itu, Anda akan menemukan banyak jajanan kuliner lokal atau ringan yang enak dan murah.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl Balai Kota Tanamodindi Mantikulore Timur, Lolu Utara, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

5. Jembatan Palu

Jembatan PaluGambar oleh Toshio Nabeyama di Twitter

Bangunan jembatan yang diresmikan tahun 2006 ini menjadi icon utama kota Palu. Oleh karena itu, berkunjung dan berfoto di tempat ini menjadi suatu keharusan bagi wisatawan.

Anda bisa menikmati pemandangan indah Palu dari atas jembatan ini. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Jembatan Palu adalah pada malam hari. Karena Anda bisa menikmati keindahan gemerlap kota dan nuansa gelap yang begitu kontras dengan pemandangan alam sekitarnya.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Gajah Mada No.5, Ujuna, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

6. Cagar Alam Morowali

Cagar Alam MorowaliFoto oleh Acca Accaevara di Instagram

Cagar alam ini bisa diakses dari dua lokasi, yakni kecamatan Bungku Utara dan Petasia. Tempat wisata ini memiliki berbagai ekosistem seperti hutan lumut, hutan alluvial, hutan mangrove dan lain-lain. Selain itu, ada banyak satwa liar yang indah.

Selain flora dan fauna yang beragam, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam di tempat ini. Sebagai cagar alam, kawasan ini dijaga oleh pemerintah agar tetap alami, asri dan cocok bagi anda yang berjiwa petualang untuk menjelajah.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Hidayat, Lere, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

7. Pantai Talise

Pantai TaliseFoto oleh Pandan Wangi di Google Maps

Tempat wisata berupa pantai menjadi salah satu yang paling populer di kota Palu. Tempat ini sangat mudah dijangkau dari pusat kota karena jalanannya cukup bagus untuk dilalui berbagai jenis kendaraan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore dan pagi hari karena udaranya yang tidak terlalu panas, sehingga Anda bisa berenang atau berkumpul bersama teman atau keluarga sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

8. Pantai Taipa

Pantai TaipeFoto oleh Rainydaysfadeaway di Google Maps

Lokasi pantai ini juga dekat dengan pusat kota Palu sehingga memudahkan akses wisatawan. Pemandangan pantai yang indah tentu akan membuat kunjungan semakin menarik.

Untuk fasilitas, Pantai Taipa memiliki berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung. Di sini Anda akan menemukan kafe, tempat ibadah bahkan kolam renang bagi Anda yang tidak ingin terkena air laut yang asin.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Taipa, Kec. Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

9. Pantai Enu

Pantai EnuFoto oleh Idox Jie di Google Maps

Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari kota Palu untuk mencapai tempat wisata ini. Sesampainya di sana, Anda bisa menikmati pantai yang terjaga kebersihannya, pasir putih yang indah, dan air laut yang jernih.

Ada fasilitas lain yang bisa Anda coba seperti diving, surfing atau snorkeling. Hal ini dimungkinkan karena lingkungan pesisir dan laut sangat diawasi oleh pemerintah dan penduduk setempat.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Enu, Kec. Sindue, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah.

10. Presentasi

PresentasiFoto 大仁偉 di Google Maps

Destinasi wisata ini berjarak 12 km dari pusat kota Palu. Anda bisa menikmati pemandangan goa dengan airnya yang jernih, begitu indah dipandang mata. Tempat wisata ini berupa sumur yang tersembunyi namun airnya asin seperti air laut.

Nama tempat ini diambil dari bahasa suku setempat yaitu Kaili yang berarti air sumur laut karena memang terdapat saluran tersembunyi yang terhubung dengan laut, airnya sangat jernih dan sejuk serta terdapat berbagai macam ikan.

Harga tiket: Rp2.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Towale, Kec. Banawa Tengah, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah.

11. Pulau Kadidiri

Pulau KadidiriFoto Jessy Rambu di Instagram

Jika punya banyak waktu, tidak ada salahnya mengunjungi Pulau Kadidiri di Kabupaten Tojo Una-una. Soalnya tempat ini lumayan jauh dari kota Palu karena harus ke kota Ampana dulu baru menyeberang menggunakan perahu.

Sangat disarankan untuk menginap beberapa hari di chalet yang tersedia. Sehingga Anda dapat menikmati keindahan pulau, pantai, biota laut dan pemandangan indah di waktu senggang Anda sebelum kembali ke Kota Palu.

Harga tiket: Rp30.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Pude, Kec. Una-Una, Kab. Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

12. Air Terjun Saluopa

Air Terjun SaluopaFoto oleh Brigita Forsta di Google Maps

Lokasi wisata ini cukup terpencil karena cukup jauh dari pusat kota Palu. Setelah sampai di titik pemberhentian awal, Anda harus berjalan kaki sejauh 3 km dengan jalur yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental jika ingin datang ke sini.

Namun, Anda bisa menikmati air terjun yang selalu bersih, airnya sejuk dan memiliki dua tingkatan yang terbentuk secara alami setelah sampai di tempat ini. Dengan demikian, lelahnya perjalanan Anda akan terbayar sebanding dengan keindahan yang ditawarkan di kawasan air terjun ini.

Harga tiket: Rp1.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Leboni, Kec. Pamona Pusalemba, Kab. Poso, Sulawesi Tengah.

13. Gunung Gawalise

Gunung GawaliseFoto oleh Ikram Aji Kalla di Instagram

Destinasi wisata di Desa Silae di Kota Palu ini sering dijadikan tempat pendakian bagi pecinta alam atau peneliti dan ilmuwan flora dan fauna. Karena di puncak gunung ini terdapat bunga edelweis yang terhampar begitu indah.

Titik awal pendakian ini sangat mudah dijangkau dari kota Palu karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan sepeda motor. Namun, tantangan sesungguhnya baru saja dimulai. Karena harus mendaki gunung dengan ketinggian sekitar 2023 m dengan jalur yang cukup ekstrim.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kota Palu, Sulawesi Tengah.

14. Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi TengahFoto Sri Sumarnis di Google Maps

Jika ingin mengetahui sejarah Sulawesi dengan baik dan lengkap, Anda bisa mengunjungi museum yang berada di kota Palu ini. Terdapat berbagai artefak sejarah seperti pakaian adat dan patung kuno milik suku Bada, senjata tradisional dan meriam kuno.

Anda juga akan melihat sejarah kegiatan dan kehidupan sehari-hari masyarakat Sulawesi di masa lalu, seperti bercocok tanam, membuat obat, membuat pakaian dari kulit binatang, dan lainnya. Semua ini dijelaskan dalam ukiran di dinding museum.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Kemiri No.23, Kamonji, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

15. Danau Lindu

Danau LindaFoto Semut Merah di Google Maps

Danau yang terletak di Kabupaten Sigi, Kecamatan Lindu ini merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan luar biasa. Karena Anda bisa melihat berbagai burung terbang dan pepohonan yang rimbun.

Lokasi danau ini berada di pegunungan sehingga akses jalan cukup sulit. Namun Anda bisa menggunakan kuda atau sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam. Waktu perjalanan Anda akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Linda, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah.

Itulah berbagai rekomendasi tempat wisata menarik di Palu. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama teman, keluarga, pasangan atau bahkan sendirian. Namun, sebagai wisatawan yang baik, Anda harus selalu bersikap sopan dan santun serta menjaga kebersihan di lokasi wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button