15 tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi di akhir tahun - WisataHits
Jawa Barat

15 tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi di akhir tahun

Jumat, 16 Desember 2022, 07.00 WIB Rep:ceratiti.com/ Red:ceratiti.com

hati-hati di jalan
lihat lebih dekat | Foto: perhatikan baik-baik

Bogor adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi, terutama di akhir pekan. Para pengunjung biasanya dari Jakarta yang ingin berkumpul bersama keluarga di akhir pekan dan sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk ibu kota.

Berencana liburan akhir tahun di Kota Bogor?

15 Tempat Wisata di Bogor

Istana Bogor

Ada berbagai tempat wisata di Bogor yang bisa dikunjungi. Mulai dari pemandangan alam hingga kafe-kafe Instagrammable tak boleh dilewatkan. Berikut 15 daftar wisata di Bogor yang perlu diisi Daftar Keinginan Dia.

1. Venesia Kecil Bogor

Ingin berwisata Bogor dengan cita rasa Eropa? Anda bisa mengunjungi Little Venice di Puncak. Tempat ini awalnya adalah sebuah vila dan resor Tentu saja, namun konsepnya yang unik menjadikannya salah satu tempat wisata di Bogor yang paling populer.

Nuansa dan konsep bangunannya menyerupai Venesia, sebuah kota kecil di Italia. Tempat ini dijelajahi dengan kano sehingga terasa santai. Disini kamu bisa mengajak teman dan keluarga ke Bogor nanti untuk berlibur.

harga tiket: Rp 25.000 per orang.

2. Taman Bunga Nusantara

Lanjut ke desa Kawungluwuk Cianjur bisa datang ke Taman Bunga Nusantara. Salah satu kawasan agrowisata dengan deretan bunga yang indah. Mata Anda akan dimanjakan dengan bunga-bunga beraneka warna.

Yang paling menarik adalah di sini Anda bisa membawa tikar, jadi Anda juga bisa bersantai bersama keluarga. Jika waktu berkunjung Anda lebih lama, sebaiknya bawa makanan untuk dimakan di sini. Setelah lelah berkeliling taman, Anda bisa mengisi kembali energi dengan hidangan lezat yang dibawa dari rumah.

harga tiket: Rp 40.000 per orang.

3. Situ Gede

Situ Gede adalah sebuah danau di Bogor Barat. Danau ini memiliki kedalaman 6 meter dan luas 6 hektar. Pemandangan yang disajikan di tempat ini sangat indah dan cocok sebagai tempat bersantai setelah lima hari bekerja.

Selain menikmati pedesaan sekitar, Anda juga diperbolehkan memancing dan berperahu. Dijamin energi yang dikonsumsi akan terisi kembali setelah kembali dari sini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen bahagia akhir pekan Anda!

harga tiket: Rp 2.000 untuk anak-anak, Rp 4.000 untuk dewasa

4. Kebun Raya Cibodas

Jika Anda ingin menikmati getaran berbagai tempat wisata silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas. Di tempat ini Anda akan menemukan flora yang beraneka ragam. Salah satunya adalah spesies bunga sakura dengan hingga 400 pohon!

Selain Taman Sakura, Anda juga bisa berkeliling di sini untuk menikmati berbagai tempat. Ada rumah kaca, Araucaria Avenue, air terjun Cibeureum, taman rumput dan tempat dengan koleksi pakis. Pulang dari sini, dijamin pengetahuanmu tentang flora akan bertambah!

harga tiket: Rp 16.500 per orang

5. Curug Leuwi Cibalung

Air Terjun Cibaliung terletak di Sentul, Kabupaten Bogor. Terkenal dengan keindahan alamnya yang tak terbantahkan. Air di air terjun ini terbilang bersih dengan arus yang tidak terlalu deras sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berpetualang.

Untuk menuju air terjun Anda perlu mendaki sekitar 1-1,5 jam dengan kondisi jalan yang cukup sulit. Memang agak melelahkan jadi pastikan stamina dalam kondisi prima agar tidak terlalu lelah saat mendaki. Jangan lupa membawa air minum untuk melepas dahaga selama perjalanan.

harga tiket: Rp 10.000 per orang.

Baca juga: Tips Memilih Penginapan Saat Liburan

6. Danau Malimping

Tempat wisata alam di Bogor yang terdekat adalah Danau Malimping. Letaknya di desa Ciades, sekitar 40-60 menit dengan kendaraan pribadi dari stasiun kereta api Bogor. Tidak hanya pemandangan danau, karena tempat ini juga menawarkan seluncuran air untuk anak-anak dan orang dewasa.

Ada arung jeram, arung jeram, bola cat, rubah terbang, dan sebagainya yang bisa Anda coba. Harga tiket tiap kendaraan berbeda-beda. Sebaiknya tanyakan langsung ke penjualnya jika ingin mencobanya.

harga tiket: Rp 2.500 per orang

7.Panorama Pabangbon

Apakah Anda ingin berfoto selfie di ketinggian dengan pemandangan menakjubkan? Anda bisa menuju Panorama Pabangbon yang terletak di Desa Pabangbon, Kabupaten Bogor. Tempat wisata di Bogor ini memiliki ketinggian 720 meter, sehingga Anda bisa melihat keadaan Kota Bogor dari atas.

Tempat ini dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari kota Bogor. Dari Jakarta dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Ini bukan perjalanan singkat, tetapi begitu Anda berada di sini, Anda tidak akan menyesalinya.

harga tiket: Rp 10.000 per orang

8. Gunung Batu Jonggol

Meski tergolong baru, Gunung Batu Jonggol merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Apakah turis asli Bogor atau luar Bogor. Kebanyakan yang datang ke sini adalah turis yang suka kenaikan.

Gunung ini memiliki ketinggian 875 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai puncak, medan yang harus dilalui tidaklah mudah. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi prima agar bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung.

harga tiket: Rp 15.000 per orang

9. Taman Wisata Mekarsari

Berjalan di taman sepanjang hari? Anda bisa datang ke Taman Wisata Mekarsari, tempat wisata yang asyik karena berisi buah-buahan. Di sini Anda bisa memanen dan mencicipi buah yang dipetik.

Beberapa tanaman langka juga dapat ditemukan di Taman Wisata Mekarsari. Ada layanan persewaan mobil pribadi bernama Garden Drive Thru yang memungkinkan Anda berkendara melewati taman sehingga tidak perlu repot berjalan kaki. Harganya terjangkau dan sudah termasuk tiket ke beberapa wahana untuk dimainkan.

harga tiket: Rp 35.000 – Rp 40.000 (Tiket Masuk), Rp 70.000 (Garden Drive Thru)

10. Bukit Gantole

Salah satu daya tarik utama Bogor adalah Bukit Gantole. Keunikannya adalah Anda bisa menyaksikan latihan atlet paralayang sambil menikmati keindahan hutan pinus di sekitarnya. Cantik atau?

Jika belum puas hanya menikmati keindahan Bukit Gantole, Anda bisa berkemah di lokasi ini. Cukup bawa peralatan berkemah dan semua yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak membawanya, Anda dapat menyewanya dengan harga terjangkau.

harga tiket: Gratis, Rp 5.000 untuk foto di lokasi yang telah ditentukan

11. Air Terjun Malaikat

konfigurasi Yang menarik, Curug Bidadari merupakan tempat wisata di Bogor yang patut untuk dikunjungi. Air terjun setinggi 50 meter ini menawarkan tempat penampungan air yang berbeda untuk anak-anak dan orang dewasa. Masing-masing dengan kedalaman 30 cm dan 1,5 meter.

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan khawatir karena tempat ini menawarkan persewaan pelampung. Setelah berenang Anda dapat menikmati wahana rubah terbang untuk melihat keindahan lanskap sekitarnya secara keseluruhan. Apakah Anda yakin tidak ingin datang ke sini?

harga tiket: Rp 25.000 per orang (hari kerja), Rp 30.000 per orang (akhir pekan)

Baca juga: 5 Fashion Item yang Wajib Dibawa Liburan Agar Tidak Mengganggu Pelayanan

12. Penangkaran rusa Giri Jaya

Konsumsi akhir pekan di Bogor bersama si kecil? Bagus, Anda dapat memasuki tempat ini di dalam Daftar Keinginan karena si kecil ingin dibawa ke sini. Ada berbagai jenis rusa yang ditemukan di sini termasuk rusa Jawa, Rusa Cheetal dan Bawean.

Tempat ini memiliki pemandangan yang cukup bagus. Saat Anda berinteraksi dan memberi makan rusa, Anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar Anda. Ada berbagai cara keluar dan berkemah yang juga bisa dinikmati di akhir pekan.

harga tiket: Rp 8.000 per orang

13. Museum Zoologi

Museum Zoologi terletak di sebelah Kebun Raya Bogor. Situs ini sudah ada sejak tahun 1894 dan menyimpan jutaan fosil hewan. Mulai dari mamalia, burung, ikan, dan serangga.

Ada lebih dari 2.000 koleksi fosil yang bisa ditemukan di sini. Beberapa di antaranya digunakan sebagai pajangan, memungkinkan Anda untuk melihat kerangka hewan langka yang diawetkan. Tempatnya cukup seru untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

harga tiket: Rp 15.000 per orang (hari kerja), Rp 25.000 per orang (akhir pekan)

14. Kampung Budaya Sindangbarang

Apakah Anda ingin mempelajari budaya Sunda secara mendalam? Anda bisa mengunjungi Kampung Budaya Sindangbarang yang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor. Selain merasakan kehidupan masyarakat Sunda, Anda juga bisa melihat adat dan berbagai pertunjukan tradisional.

Kampung Sindangbarang terawat dengan baik sehingga suasananya masih cukup bagus. Ada beberapa kegiatan menarik di sekitar desa ini. katakan saja arung jeram, Penganiayaan, dan tempat relaksasi.

harga tiket: Rp 25.000 per orang (hari kerja), Rp 35.000 per orang (akhir pekan)

15. Pemandian Air Panas di Gunung Peyek

Setelah puas mengunjungi beberapa tempat wisata di Bogor, kini saatnya bersantai. Anda bisa singgah di pemandian air panas Gunung Peyek di Kabupaten Parung Bogor. Ada beberapa lingkaran kecil untuk tempat pemandian yang bisa diisi oleh dua orang.

Udara di tempat ini sangat sejuk. Anda dapat yakin bahwa Anda akan sangat santai di sini. Hindari datang saat musim hujan karena kondisi cuaca yang tidak mendukung akan menggagalkan rencana relaksasi Anda.

harga tiket: Rp 5.000 untuk anak-anak, Rp 10.000 untuk dewasa

kiat & anggaran Liburan di Bogor

Karena kondisi saat ini belum kondusif, tetap terapkan protokol kesehatan. Kenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan setelah menyentuh benda-benda di sekitar Anda. Disarankan datang dengan kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilisasi di Bogor.

Sedangkan untuk anggaran Liburannya sendiri cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyediakan Rp 500.000 per orang untuk liburan 2 hari 1 malam di Bogor. Biaya ini sudah termasuk hotel, makan, transportasi dan tiket tour.

Ke rute Sebisa mungkin sebelum keberangkatan

Jika Anda berencana untuk menghabiskan akhir pekan di Bogor, sebaiknya luangkan waktu untuk melakukannya rute atau rencana perjalanan. Penting untuk diingat bahwa tempat wisata di Bogor sangat banyak. Dengan Rute, Mereka tahu tempat-tempat wisata utama sehingga Anda tidak akan bingung lagi saat sampai di sana.

Baca juga: 9 Tips Pintar Menikmati Liburan dengan Budget Hemat

Penafian:
Berita ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dan Cermati.com. Hal-hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, grafik, video dan semua konten berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

artikel lainnya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button