Selesai direvitalisasi Situ Gede Bogor, kini dilengkapi seluncuran air hingga "jogging track" - WisataHits
Jawa Barat

Selesai direvitalisasi Situ Gede Bogor, kini dilengkapi seluncuran air hingga “jogging track”

Selesai direvitalisasi Situ Gede Bogor, kini dilengkapi seluncuran air hingga “jogging track”

BOGOR, KOMPAS.com – Kawasan wisata Situ Gede di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor kini memiliki “wajah baru” setelah direvitalisasi.

Menghabiskan anggaran revitalisasi Rp 7 miliar dari dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov), danau seluas 4,2 hektar ini semakin padat bernuansa eksotis sebagai bentuk pengembangan ekowisata.

“Silakan manfaatkan Situ Gede yang dihidupkan kembali oleh provinsi untuk mendongkrak ekonomi pariwisata,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (20/01/2023).

Baca juga: Bogor ke Tangerang Selatan Waspadai Hujan Deras 2 Hari Kedepan

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan objek wisata di kawasan hutan lindung ini setelah direvitalisasi dengan berbagai fasilitas seperti seluncuran air, seluncuran, rute jogingTempat istirahat hingga warung kuliner di sekitar danau.

“Tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena masyarakat yang ke Kota Bogor memiliki minat kuliner dan wisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat penduduknya yang memiliki danau seperti ini,” kata Emil.

Menurut Emil, masih banyak danau atau danau di Jabar yang perlu didorong untuk dikembangkan. Ia berharap keberadaan Situ Gede membawa manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Tanggul Pantai Kalibaru Selesai, Tapi Masih Ada Perbaikan di Sekitarnya

Ia pun berpesan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto untuk memperkuat dan meningkatkan potensi wisata di Situ Gede.

“Titipkan ke Pak Wali, aktifkan, ramaikan kegiatan Agustus, Cap Go Meh dan lain-lain. Saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” kata Emil.

Dicky Ahmad Sidik, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat (SDA), yakin kawasan Situ Gede bisa mendongkrak jumlah wisatawan.

Sebab, lanjut Dicky, lokasi Situ Gede dekat dengan perkotaan dan mudah dijangkau.

Baca Juga: Skywalk Kebayoran Lama Akhirnya Dibuka Besok Sabtu

Dicky menjelaskan, Situ Gede merupakan sambungan dari danau-danau di sekitar Desa Situ Gede, Kabupaten Bogor Barat, seperti Situ Leutik, Situ Panjang, dan Situ Burung.

“Infrastruktur yang ada meliputi tempat parkir, jalur pejalan kaki, alun-alun, rute jogingSasaran, lanskapShelter, toilet, mushola, tempat selfie,” jelas Dicky.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button