Tiket RAWA PENING dan 4 area kunjungan - WisataHits
wisatahits

Tiket RAWA PENING dan 4 area kunjungan

Tiket RAWA PENING dan 4 area kunjungan

Harga tiket masuk Rawa Pening : Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : Desa Klurahan, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Menyegarkan pikiran di akhir pekan tidak membutuhkan rencana perjalanan yang mewah. Rekreasi sederhana di Rawa Pusing dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Danau alami ini telah menjadi objek wisata populer sejak lama. Bahkan setelah mengalami revitalisasi, semakin menarik untuk dikunjungi.

Sedangkan posisi danau meliputi empat kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Karena hamparannya, terdapat beberapa tempat wisata yang juga sangat menarik. Beberapa di antaranya adalah Kampoeng Rawa, Radesa dan Bukit Cinta. Semua menyajikan beragam pengalaman menikmati Rawa Pening.

Tiket masuk Rawa Pening

Rawa Pening dapat dikunjungi dari berbagai lokasi wisata. Tiket masuk yang berlaku di setiap lokasi juga berbeda-beda. Biasanya tiket masuk ini belum termasuk tiket tambahan yang dikandungnya.

Harga tiket masuk tempat wisata di Rawa Pening
Tiket masuk Rawa Pening Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana ELING BENING Semarang

Jam buka

Seperti halnya harga tiket, jam buka setiap lokasi wisata berbeda-beda. Namun, di luar itu, tempat wisata ini bisa dikunjungi kapan saja. Jika ingin melihat keindahan danau, kunjungilah saat musim hujan. Biasanya kawasan danau surut saat musim kemarau

Jam operasional
Rawa Pusing 24 jam

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Pesona Pening Rawa

Pemandangan panorama pegunungan dari danau rawaKawasan danau seluas 2.470 hektar ini dikelilingi berbagai tempat wisata menarik – Foto: Google Maps/Zhemwel Elanor

Rawa Pening adalah salah satu danau alam di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini membentang di empat kabupaten: Ambarawa, Bawen, Tuntang, hingga Banyubiru. Sedangkan kawasan danaunya sendiri berada di cekungan terendah Gunung Merbabu.

Daya tarik objek wisata ini terutama terletak pada panorama alamnya. Selain Gunung Merbabu, wisata danau juga dipercantik dengan pemandangan Gunung Ungaran dan Telomoyo. Luas danau yang diselimuti legenda Baru Klinting ini mencapai 2.670 hektar. Maka jangan heran jika danau ini dikelilingi oleh tempat wisata berbayar maupun gratis.

Baca: Tiket Masuk Umbul Sidomukti Semarang dan Beragam Aktivitasnya

sabana dasar danau

Pengunjung berfoto selfie di sabanaSabana Rawa Pening yang hanya muncul di musim kemarau – Foto: Google Maps / Penthaz Bento

Rawa Pening mengalami penyusutan saat musim kemarau. Penyempitan ini seolah melahirkan sabana yang indah dan luas. Sabana atau padang rumput tidak lain adalah dasar danau. Objek wisata “seadanya” ini hanya muncul di musim kemarau.

Padang savana yang terbentuk terletak di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kabupaten Semarang. Padang rumput ini menempati wilayah bagian utara danau. Di padang savana, pengunjung bisa menikmati panorama sekitar dengan udara segar kawasan danau. Selain itu, padang rumput ini cocok untuk piknik keluarga atau sekedar untuk berfoto.

Baca: Tiket Masuk AYANAZ GEDONGSONGO dan Selfie Spot

Bukit Cinta Rawa Pening

teras kayu di pinggir Rawa PeningWisata modern sambil jalan santai di Bukit Cinta – Foto: Google Maps/Syaillendra

Ingin menikmati suasana yang lebih nyaman dan “modern” di Rawa Pening? Wisatawan bisa langsung mengunjungi Bukit Cinta. Lokasinya berada di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Meski namanya “bukit”, tidak ada dataran tinggi di sini.

Bukit Cinta merupakan kawasan tepi danau dengan taman buatan. Di taman ini terdapat teras kayu yang luas dan nyaman. Di sekitar area tersebut terdapat kursi-kursi teduh dan gazebo-gazebo yang juga cantik. Ada juga tempat menarik seperti ‘Gembok Cinta’.

Kawasan Bukit Cinta sangat cocok untuk dijadikan destinasi rekreasi akhir pekan. Selain tiketnya murah, fasilitasnya lengkap dan nyaman. Wisatawan juga bisa mencoba berperahu di sekitar danau.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana WATU GAJAH PARK Semarang

“Menara Eiffel” di tepi danau

Radesa Wisata dilihat dari atasRadesa Wisata menyuguhkan perpaduan suasana tepi danau dengan replika bambu raksasa Menara Eiffel – Foto: Google Maps/ariyo sulistiyono suparji

Pernahkah Anda melihat Menara Eiffel dari dekat? Di Rawa Pening, wisatawan bisa mengunjungi menara ini. Meski tidak identik, Menara Eiffel terbuat dari bambu dan terletak di Radesa Wisata. Radesa Wisata adalah objek wisata lain di sudut danau.

Jika Bukit Cinta didominasi eksterior kayu, maka Radesa lebih banyak memanfaatkan bambu. Lokasinya juga tidak jauh dari sabana dan masih di dusun Klurahan, kecamatan Tuntang. Merek dagang Radesa adalah replika bambu Menara Eiffel setinggi 38 meter. Tak hanya cantik, menara ini juga bisa dinaiki lho.

Selain berfoto di Menara Eiffel, pengunjung juga bisa menikmati jalan-jalan santai. Radesa menghadirkan dermaga dengan rumah apung dari bambu. Ada juga wahana unik berupa ban dengan bentuk lucu seperti unicorn. Wisatawan juga bisa berperahu di kawasan Radesa.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Wisata KOPENG

rumah terapung

Agrowisata di Kampoeng RawaKampoeng Rawa memadukan wisata kuliner dengan taman bermain tepi danau – Foto: Google Maps/Uke Indraswari

Beranjak sedikit ke arah barat Radesa, ada objek wisata menarik lainnya. Inilah Kampoeng Rawa, tempat rekreasi lengkap yang cocok untuk wisata keluarga. Di sini wisatawan bisa bermain berbagai wahana, memancing dan mencicipi kuliner yang nikmat.

Ikon Kampoeng Rawa adalah restoran terapung. Menu utama yang disajikan adalah aneka ikan yang dibudidayakan di Rawa Pening. Selain itu ada juga wahana bermain seperti ATV, jet ski, dan sepeda air. Restoran ini juga memiliki aula dan paviliun untuk acara besar seperti pernikahan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Kopeng Treetop

Fasilitas rawa

Kecuali Savannah, tempat wisata yang berbatasan dengan Rawa Pening umumnya memiliki fasilitas yang lengkap. Setiap tempat wisata memiliki tempat parkir yang luas, toilet dan mushola. Berbagai wahana juga tersedia. Di hampir semua tempat wisata, pengunjung bisa mencoba berperahu keliling danau.

Lokasi Rawa Pening

Rawa Pening terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini terdiri dari empat kabupaten, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Dari arah Semarang, jalur yang bisa ditempuh adalah melalui jalan tol Ungaran-Bawen. Danau ini lebih dekat dari Ambarawa. Jarak dari kota Semarang sekitar 41 kilometer, sedangkan dari Ambarawa hanya 3 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button