10 oleh-oleh khas Bengkulu Utara yang paling banyak diminati wisatawan - WisataHits
wisatahits

10 oleh-oleh khas Bengkulu Utara yang paling banyak diminati wisatawan

10 oleh-oleh khas Bengkulu Utara yang paling banyak diminati wisatawan

Dengan banyaknya tempat wisata menarik seperti Pantai Tapak Balai, Air Terjun Lemo Nakai, Lorong Watu, Curug Sembilan, bahkan Pulau Enggano, Bengkulu Utara menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, oleh-oleh khas Bengkulu Utara juga banyak diburu wisatawan karena terkenal dengan keunikannya.

Padahal, antara Oleh-Oleh Bengkulu Utara dengan daerah Bengkulu lainnya seperti Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah tidak jauh berbeda. Namun, ada beberapa yang tidak akan Anda temukan di daerah lain. Untuk mengetahuinya, mari kita lihat semua detailnya di bawah ini.

1. Manisan terong ungu

Manisan terong unguKredit gambar: Instagram Yani Indriyani

Makanan khas Bengkulu yang menjadi buruan wisatawan yang datang ke daerah ini adalah asinan terong ungu. Jika biasanya terong dimasak untuk menemani nasi, di kabupaten ini terong banyak digunakan untuk manisan.

Dengan membuat manisan, rasa pahit terong akan hilang sama sekali dan berubah menjadi rasa manis seperti kurma. Selain murah, permen ini bisa bertahan hingga 1 bulan untuk versi tanpa bahan pengawet. Sedangkan untuk yang mendapat bahan pengawet tentunya bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Umumnya 1 bungkus ukuran kecil dijual mulai Rp 10.000. Nah, oleh-oleh khas Bengkulu ini bisa Anda dapatkan dengan mudah karena hampir tersedia di berbagai toko oleh-oleh khas Bengkulu.

2. Kafe Benkulu

Cafe BenkuluKredit gambar: Twitter kota selatan

Salah satu oleh-oleh yang paling populer dan banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke kota ini adalah kafe Bengkulu. Seperti yang kita ketahui, kopi Bengkulu memiliki cita rasa yang unik dibandingkan jenis kopi lainnya.

Kopi Bengkulu termasuk dalam kategori kopi robusta dengan rasa yang lebih kuat hampir mendekati kopi arabika. Selain itu, di akhir rasa saat meminum kopi, ada yang suka Milikmu buah-buahan lunak seperti lemon, coklat dan berbagai macam obat herbal yang begitu menyegarkan.

Saat ini sudah banyak produsen kopi olahan Bengkulu yang bisa Anda temui. Harganya juga terjangkau karena sekarang sudah ada kemasan kecil 50 gram. Bahkan, Kopi Bengkulu saat ini memasok sekitar 70% kopi Pulau Sumatera, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya saat berkunjung ke Sumatera.

3. Batik Besurek

Batik BesurekKredit gambar: Twitter Nyimas Wulandari

Kata “Besurek” berasal dari bahasa Bengkulu yang berarti sarjana. Hal ini menunjukkan bahwa batik ini memiliki corak seperti huruf berupa tulisan dari huruf Kaganga (huruf asli Bengkulu) dan huruf kaligrafi.

Berbeda dengan batik lainnya, Besurek masih dibuat secara manual oleh pengrajin batik lokal yaitu wanita asli Bengkulu. Sehingga kualitasnya tetap terjaga tanpa meninggalkan ciri aslinya secara turun temurun.

Harga Batik Besurek berkisar ratusan ribu hingga jutaan per potong. Semakin rumit modelnya, semakin mahal harganya. Anda bisa memilih sendiri sesuai dengan kisaran harganya.

4. Durian Manis

durian manisKredit gambar: Facebook Yoga Putri

Lempuk durian merupakan makanan sejenis jenang atau dodol yang terbuat dari bahan dasar durian yang dicampur dengan tepung terigu.

Makanan ini sangat populer di Bengkulu bagian utara karena durian merupakan salah satu produk unggulan daerah ini.

Tak heran, Anda bisa menemukannya dengan mudah saat berkunjung ke Bengkulu Utara. Apalagi harganya relatif murah dibandingkan jenis dodol lainnya yang biasa Anda temukan di pasaran.

5. Kue Tat

kue tatKredit Gambar: Instagram Kuntum Dahlia

Tat Cake atau biasa dikenal dengan Bay Tat Cake merupakan jenis kue pie yang awalnya hanya disajikan untuk para bangsawan atau pejabat kerajaan. Namun, kini Anda malah bisa menikmati kue ini dengan bebas karena banyak yang menjualnya.

Bahan dasar kue ini adalah tepung terigu, santan, gula pasir dan margarin. Ukuran kuenya sendiri besar, jadi dalam satu paket hanya ada satu kue. Dengan cara ini, itu harus dinikmati bersama teman atau keluarga.

Saat Lebaran atau Idul Fitri kue ini sangat populer. Masyarakat Bengkulu sering membuatnya sendiri atau membelinya untuk digunakan saat menerima tamu yang datang berkunjung. Umumnya kue ini memiliki rasa nanas, namun terkadang diberi rasa lain seperti strawberry dan durian.

6. Barang Kulit Lantung

Barang Kulit LantungKredit gambar: Twitter di Bengkulu

Sementara kebanyakan kerajinan tangan terbuat dari kulit binatang, kerajinan kulit lentung dari Bengkulu utara ini dibuat dari kulit pohon.

Lantung sendiri merupakan jenis kulit kayu khas Bengkulu dengan serat yang kuat, kasar dan memiliki corak warna yang indah. Jadi, tidak semua jenis kayu bisa dibuat dari berbagai jenis kerajinan yang satu ini. Oleh karena itu, kerajinan kulit Lantung merupakan pilihan yang tepat untuk tangan Anda.

Sehingga nantinya kulit pohon tersebut akan ditipiskan kemudian ditekuk untuk dibuat berbagai macam kerajinan seperti tas, keranjang, topi dan aneka manik-manik seperti gantungan kunci, dompet dan simbol bunga raflesia.

7. Emping Melinjo Bengkulu

Emping Melinjo BengkuluKredit gambar: Twitter Selamat Padmanegara

Emping melinjo memiliki rasa yang sedikit pahit, namun itulah yang disukai kebanyakan orang. Selain rasanya yang enak, juga sangat cocok dijadikan sarana untuk menemani waktu santai, seperti saat berkendara atau menonton film.

Umumnya emping melinjo khas Bengkulu dijual mentah. Jadi nanti Anda harus menggorengnya sendiri saat ingin menikmatinya. Namun, beberapa produsen juga menjualnya dalam keadaan matang.

Perbedaan keripik melinjo dari Bengkulu dengan daerah lain adalah bentuknya yang tipis dan biasanya berbentuk persegi panjang. Jual beli diikat dimana satu bundel berisi 10 lembar. Kavling biasanya dijual dengan harga Rp 5.000. Murah bukan?

8. Kerupuk gurita

Kerupuk guritaKredit Gambar: Facebook Kerupuk Gurita Bengkulu

Jika Anda tidak menyukai emping melinjo karena rasanya yang pahit, cobalah makanan khas Bengkulu utara lainnya, yaitu kerupuk gurita. Kerupuk ini terbuat dari daging gurita segar yang dicampur dengan tepung tapioka dan tepung terigu.

Seperti diketahui, Bengkulu Utara terkenal dengan banyak hasil lautnya makanan laut yang dijadikan makanan khas salah satunya adalah gurita.

Kerupuk gurita biasanya dijual dalam kemasan kecil, sehingga mudah dimakan dan dibawa kemana saja. Rasanya juga dijamin renyah dan gurih karena dipadukan dengan bumbu dan rempah yang sangat lengkap.

9. Sirup Kalamansi

Sirup calamansiKredit gambar: Twitter Amber Pravitasari

Bagi Anda yang menginginkan oleh-oleh yang bisa menyehatkan tubuh, sirup kalamansi bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Pasalnya, sirup ini sangat kaya akan vitamin C karena terbuat dari jeruk calamansi asli.

Bagi tubuh, sirup ini bermanfaat untuk menghilangkan racun, mencegah penyakit, menjaga imunitas, menyegarkan tubuh saat demam atau flu, serta untuk mengisi ulang vitamin C sehari-hari.

Sirup ini bisa dimakan hangat atau dingin. Namun, kondisi dingin akan terasa sangat dingin, apalagi saat kondisi panas seperti saat ini.

10. Kue Perut Punai

Kue Perut PunaiKredit gambar: Twitter Hadiwinata

Terakhir ada kue perut, yaitu jajanan sederhana yang terbuat dari tepung beras atau tepung sagu, kapur sirih, garam dan gula. Bentuknya menyerupai usus yang melingkar, sesuai dengan namanya “Perut Punai” yang berarti perut burung Punai.

Masyarakat setempat juga sering menyebutnya Arai Pinang, Juada Karei atau Juada Keras. Penyajian tersebut umumnya digunakan pada saat acara-acara tertentu seperti pada saat perayaan pernikahan, khitanan atau pada saat Idul Fitri.

Saat ini kue ini memiliki banyak varian rasa. Mulai dari rasa gurih (asli), gula aren, pedas, udang, encer dan manis. Tertarik untuk mencobanya?

Dalam daftar oleh-oleh khas Bengkulu Utara, apakah ada yang ingin Anda beli suatu hari nanti saat liburan di Bengkulu?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button