10 Gunung Tertinggi Pulau Jawa dan Ketinggiannya, Keajaibannya Menarik Wisatawan: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

10 Gunung Tertinggi Pulau Jawa dan Ketinggiannya, Keajaibannya Menarik Wisatawan: Okezone Travel

PALING SEDIKIT itulah 10 gunung tertinggi di pulau jawa beserta ketinggiannya. Pegunungan bisa menjadi tujuan wisata yang menakjubkan bagi pecinta alam.

Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di berbagai pulau yang terkenal dengan keindahannya. Tak tanggung-tanggung, beberapa gunung di Indonesia tingginya mencapai 5.000 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Pulau Jawa juga merupakan pulau dengan banyak gunung dan Seven Summits atau tujuh puncak tertinggi. Berikut deskripsi gunung tertinggi di pulau jawa :

Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang di Jawa Timur ini juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan merupakan salah satu dari Seven Summits Indonesia atau tujuh puncak tertinggi.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang paling populer bagi para pemanjat tebing. Semakin terkenal dan ramai setelah rilis film berjudul 5cm.

ilustrasi

Gunung Semeru

Merupakan gunung berapi aktif dan pada tanggal 4 Desember 2021 terjadi letusan besar yang memotong Jembatan Gladak-Perak yang merupakan jembatan penghubung Kabupaten Malang dan Lumajang.

Gunung Slamet

Gunung ini meliputi lima kabupaten di Jawa Tengah yaitu Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang dan Brebes. Dengan ketinggian 3.428 mdpl.

Pendaki disarankan untuk berhati-hati karena jalurnya sebagian besar berbatu dan berpasir. Salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah ini memiliki banyak jalur pendakian dengan ciri khas dan kesulitannya masing-masing.

Salah satunya, jalur Bambangan yang terletak di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, merupakan jalur pendakian standar atau tingkat kesulitan off-road yang tidak terlalu sulit.

Jalur Baturade di Desa Gambuhan Jurangmangu dan Gunung Sari di Kabupaten Pemalang merupakan jalur yang populer di antara jalur lainnya. Jalur Dipajaya terletak di Kabupaten Pemalang yang baru mulai beroperasi pada tahun 2013.

Jalur Pemandian Air Panas Guci terletak di Kabupaten Tegal, sebuah jalur dengan medan yang terjal namun terdapat pemandangan kawasan Guci yang bagus.

Gunung Sumbing

Memiliki ketinggian 3.372 mdpl dan terletak di tiga kabupaten yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau Jawa dan gunung tertinggi kedelapan di Indonesia setelah Gunung Slamet.

Gunung Sumbing merupakan gunung berapi aktif yang terakhir kali meletus pada tahun 1730. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga dijadikan sebagai jalur pendakian yang bisa dilalui dalam lima jalur.

Rute tersebut antara lain Garung, Caput, Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso dan Sipetung.

ilustrasi

Gunung Sumbing (Instagram @van.chariel)

Gunung Arjuno

Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut. Puncak Gunung Arjuno dikenal dengan nama Puncak Ogal Agil. Gunung ini terletak di tiga wilayah yaitu Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ada empat jalur pendakian Gunung Arjuno yaitu Tretes, Sumber Brantas, Tambaksari dan Lawang. Kawasan pegunungan ini berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno juga dekat dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I dan II, terakhir meletus pada tahun 1952. Gunung Arjuno aktif hingga terjadi 18 kali gempa di kedalaman satu kilometer.

Baca juga: Saatnya anak muda bangkit bersama Astra untuk Indonesia

Gunung Roung

Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut dan terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur dan merupakan gunung berapi aktif.

Selama 20 tahun terakhir, gunung berapi ini meletus rata-rata setiap 2,8 tahun. Puncak Gunung Arjuno adalah Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

Puncak Sejati merupakan puncak tertinggi yang mencapai 3.344 mdpl. Puncak Sejati merupakan penyebab tertinggi Gunung Raung di gugusan Gunung Ijen.

Gunung Lawu

Memiliki ketinggian 3.265 mdpl, terletak di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepat di perbatasan antara Ngawi dan Magetan.

Menurut situs Indonesia.go.id, ada lima objek wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Gunung Lawu, yaitu Candi Cetho, kompleks pemakaman pendiri Keraton Mangkunegaran, Cemoro Sewu, Grojogan Sewu dan Telaga Sarangan.

ilustrasi

Gunung Welirang

Gunung Welirang merupakan gunung berapi aktif dan memiliki ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur yang masih satu wilayah dengan Gunung Arjuna.

Karena pendaki gunung berada di area yang sama, tidak jarang mendaki dua gunung sekaligus.

Gunung Sindoro

Letaknya tidak jauh dari Gunung Sumbing di ketinggian 3.150 mdpl. Gunung Sindoro merupakan gunung yang populer bagi para pemanjat tebing. Selain itu, warga menanam sayuran dan teh di dekat gunung.

Wisatawan bisa menikmati deretan pohon pinus dan perkebunan teh. Terletak di Temanggung, Jawa Tengah, gunung ini merupakan gunung berapi aktif.

Gunung Sindoro terakhir meletus pada 2011-2012, dengan asap solfatara keluar dari kawah. Di puncak Gunung Sindoro terdapat Kawah Jolotundo, sebuah kawah aktif yang mengandung belerang.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi pada tahun 2004. Memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut. Gunung ini membentang di beberapa wilayah yakni di Kabupaten Magelang, Boyolali, Salatiga dan Semarang di Jawa Tengah.

Memiliki tebing yang tidak terlalu sulit namun pendaki yang melintasinya perlu berhati-hati dengan tantangan seperti udara dingin, kabut tebal, hutan yang homogen dan kurangnya mata air akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki.

ilustrasi

Gunung Merbabu (Okezone.com/Salman Mardira)

Gunung Ceremai

Terletak di perbatasan antara kabupaten Majalengka dan Kuningan di Jawa Barat. Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Gunung Ciremai merupakan gunung api aktif.

Letusan pertama tercatat terjadi pada tahun 1698. Namun, letusan besar terakhir terjadi pada tahun 1938. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Ada lima jalur pendakian ke Gunung Ciremai yang memiliki tantangan tersendiri yaitu Apuy Pass, Palutungan Pass, Linggarjati Pass, Linggasana Pass, Sadarehe Pass.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button