10 foto objek wisata Situ Wanayasa, harga tiket, tempat instagramable - WisataHits
wisatahits

10 foto objek wisata Situ Wanayasa, harga tiket, tempat instagramable

10 foto objek wisata Situ Wanayasa, harga tiket, tempat instagramable

Situ Wanayasa – Purwakarta adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat yang terletak di sebelah tenggara Jakarta, sekitar 80 km. Orang mengenal Purwakarta dengan rangkaian Waduk Jatiluhur dan Cirata, bukan daerah perbukitan yang sejuk dan hijau.

Selain keberadaan tempat wisata baru di daerah tersebut, Purwakarta akhir-akhir ini mulai banyak mendapat perhatian.

Dengan sejuta pesona dan pemandangan alam yang memukau serta masih banyak tempat tersembunyi yang indah, Purwakarta ternyata memiliki beberapa tempat wisata keren yang belum banyak diketahui orang.

Situ Wanayasa dari Ketinggian via Ig @rdr_aerialSitu Wanayasa dari Ketinggian via Ig @rdr_aerial

Tempat wisata keren di Purwakarta diantaranya situs budaya, situs sejarah bahkan air terjun yang sangat eye catching. Salah satu objek wisata di Purwakarta yang bisa dijadikan rekomendasi wisata adalah Wisata Alam Situ Wanayasa.

Periksa juga: 19 oleh-oleh khas Purwakarta

Lokasi Wisata Alam Situ Wanayasa

Obyek wisata alam Situ Wanayasa terletak di kecamatan Wanayasa, kabupaten Purwakarta, sekitar 23 km sebelah tenggara kota Purwakarta. Obyek wisata Situ Wanayasa tepatnya berada di Jalan Raya Wanayasa nomor 36, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Wisata Alam Situ Wanayasa melalui IG @patlot.hideungWisata Alam Situ Wanayasa melalui IG @patlot.hideung

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah, di tempat wisata ini pengunjung juga bisa mencoba berbagai jenis permainan. Menaiki bebek dayung yang sudah tersedia, pengunjung dapat bersenang-senang mengelilingi danau, atau mungkin mencoba memancing dan bahkan jogging.

Situ Wanayasa atau Danau Wanayasa merupakan sebuah danau alami yang memiliki luas sekitar 7 hektar dan berada pada ketinggian 600 mdpl, dengan suhu udara rata-rata berkisar antara 17 hingga 20 derajat Celcius.

Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan, perbukitan hijau, dan air telaga yang bersih dan alami. Danau ini memiliki latar belakang Gunung Burangrang yang indah.

Selain udaranya yang segar, Danau Wanayasa juga memiliki keistimewaan yaitu adanya sebuah pulau di tengah danau, tempat makam RA berada. Suriawinata, salah satu pendiri Purwakarta sekaligus bupati ke-9 Karawang, meninggal pada tahun 1827.

Untuk menuju pulau kecil di tengah Danau Wanayasa itu, sudah dibuatkan jembatan semi permanen untuk memudahkan akses. Di tahun yang sama juga dibuat tata taman di tengah danau, termasuk menyediakan beberapa tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai.

Banyaknya sumber air di kawasan dan di dalam Situ Wanayasa menjadi pertanda bahwa danau ini merupakan danau alami dan bukan danau buatan. Sejauh ini, kedalaman sebenarnya dari danau tersebut tidak diketahui karena air di danau tersebut tidak pernah benar-benar kering. Bentuknya yang seperti kuali membuat Danau Wanayasa sangat kokoh.

Pada masanya, ada seorang tokoh terhormat yang ditunjuk untuk mengatur air Danau Wanayasa untuk kepentingan persawahan yang bergantung pada air dari danau tersebut, orang yang dimaksud adalah Eyang Tambak.

Selain itu, Eyang Tambak juga kerap memperbaiki kolam danau yang cenderung bocor dan menyegelnya di beberapa tempat yang tanahnya labil. Diperkirakan Eyang Tambak hidup sekitar abad ke-19.

Di sekitar Situ Wanayasa kini banyak terdapat restoran atau snack bar yang akan menggoda selera pengunjung. Bagi pengunjung yang suka makan dan berwisata kuliner, ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Pengunjung dapat melakukan agrowisata di Situ Wanayasa, karena udara segar yang dimilikinya dan panorama alam perkebunan teh, manggis, dan pala yang indah.

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, dimungkinkan untuk melakukan kegiatan pesta kebun sambil mencicipi hidangan khas dengan kegiatan petik pala, maranggi dan manggis.

Keindahan Situ Wanayasa via IG @shiddiq_ynwaKeindahan Situ Wanayasa via IG @shiddiq_ynwa

Jam operasional

Situ Wanayasa buka 24 jam setiap hari, jadi setiap saat pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini, namun selama ini pengunjung biasanya datang dari siang hingga malam hari.

Tidak jarang ada pengunjung yang datang di pagi hari hanya untuk merasakan segarnya udara di sekitar danau. Udara pagi yang segar mendorong penduduk setempat untuk berolahraga.

Untuk biaya masuk objek wisata Situ Wanayasa, pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Bagi pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata ini bisa dibantu dengan menggunakan peta yang ada di ponsel pintar karena dia diberi detail kontak yang berhubungan langsung dengan aplikasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Situ Wanayasa

Kira-kira berapa biaya untuk masuk ke tempat wisata di Purwakarta ini? Untuk dapat menikmati keindahan serta berbagai fasilitas dan wahana permainan, wisatawan tidak perlu merogoh kocek sedikitpun atau gratis.

Dengan demikian, semua orang bisa bermain di danau ini tanpa harus membayar tiket masuk. Bahkan dengan instalasi penuh, Anda tidak dikenakan biaya apapun untuk menikmatinya.

Hanya wisatawan yang datang demi keselamatan yang boleh menitipkan kendaraannya di tempat penyimpanan atau tempat parkir yang disediakan. Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk tiket parkir.

Reda

Untuk fasilitasnya sendiri objek wisata Situ Wanayasa Purwakarta memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap mulai dari :

  • Area parkir untuk kendaraan penumpang
  • Spot foto yang instagenic
  • WC dan kamar mandi
  • Restoran
  • Olahraga Air
  • ruang sholat

Pemandangan & Tengara di Situ Wanayasa

Spot instagramable via IG @misterjalanjalan.idSpot instagramable via IG @misterjalanjalan.id

Danau ini memiliki banyak spot instagramable yang bisa kita gunakan sebagai background foto. Selain menawarkan pemandangan yang indah, banyak spot yang sengaja dibuat pengelola untuk lebih memeriahkan tempat ini agar semakin sukses.

Nah, bagi anak muda yang sedang mencari spot instagramable di Purwakarta, Danau Kahuripan Wanayasa bisa menjadi salah satu pilihannya.

Selain spot-spot Instagrammable, di sekitar Situ Wanayasa juga terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai menu lezat yang siap mengganjal perut Anda yang mulai keroncongan sambil menikmati danau yang asri dan tenteram.

Kunjungi juga: 22 tempat makan di Purwakarta

Beragam aktivitas seru bisa kita lakukan di sini, mulai dari memancing, berkemah, permainan air, dan lainnya. Dengan demikian, Anda tidak akan bosan mengunjungi danau ini berkali-kali.

Pertunjukan musik di Situ Wanayasa via IG @siisuebPertunjukan musik di Situ Wanayasa via IG @siisueb

Tips berkunjung

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata populer di Purwakarta ini, berikut beberapa tips liburan yang harus Anda perhatikan agar liburan Anda semakin seru, berikut ini:

  • Pertama waktu berkunjung, sebaiknya Anda mengunjungi situs ini pada pagi atau sore hari.
  • Ajak rombongan ke sana, jangan kriuk-kriuk sendirian, kamu bisa ajak pasangan, teman, atau keluargamu untuk liburan bareng di sana.
  • Agar liburanmu semakin berkesan, jangan lupa untuk membawa kamera beresolusi tinggi, karena banyak spot foto yang Instagrammable di sini.

* * * * *

Situ Wanayasa wajib masuk dalam daftar wisata untuk dikunjungi, karena pesona keindahan alamnya yang kekinian.

Demikian ulasan tentang objek wisata Situ Wanayasa Purwakarta yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk Anda dan orang tersayang di akhir pekan atau musim liburan ini.

Selamat berlibur!

Kunjungi juga: 9 Air Terjun di Purwakarta

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button