Wisatawan Harus Kerja Keras Mendaki 1.000 Anak Tangga, Kediri Bangun Jalan Alternatif Menuju Air Terjun Dholo: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Wisatawan Harus Kerja Keras Mendaki 1.000 Anak Tangga, Kediri Bangun Jalan Alternatif Menuju Air Terjun Dholo: Okezone Travel

PEMERINTAH Kabupaten Kediri, Jawa Timur berencana membangun jalan alternatif untuk memperpendek jarak tempuh dari dan ke lokasi wisata air terjun Dholo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Setempat.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, rencana jalan alternatif itu dilakukan untuk memudahkan akses bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian 125 meter di Gunung Wilis (2.563 m).

“Nanti kita pikirkan bagaimana membuat jalan pendek dari bawah ke atas, jalan yang memotong itu,” kata bupati, dan mulai Diantara.

Selama ini pengunjung yang ingin melihat Air Terjun Dholo menggunakan tangga. Mereka harus menuruni anak tangga menuju air terjun dan jika ingin naik kembali harus menaiki 1.000 anak tangga juga.

Infografis air terjun dekat Jakarta

Untuk itu keberadaan jalur alternatif ini akan bermanfaat agar pengunjung tidak bosan menaiki tangga untuk melihat air terjun.

Namun, saat jalur tersebut dibangun, dia tidak mengizinkan ojek berbahan bakar minyak di kawasan air terjun.

“Kalau pakai kuda, sepeda motor listrik boleh saja karena apapun itu Gunung Wilis adalah wisata alam dan tidak boleh rusak akibat polusi udara,” ujarnya.

Baca juga: Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan donasi rambut, Save the Date!

Sementara itu, petugas objek wisata air terjun Dholo Sudiyoko mengatakan, pengunjung harus turun ke air terjun dari tempat parkir dan menaiki tangga sekitar 800 meter.

Diakuinya, dengan jarak tempuh yang cukup jauh itu, banyak juga pengunjung yang staminanya sudah tidak kuat lagi, bahkan ada yang pingsan saat hendak turun dari objek wisata air terjun itu.

“Jadi kalau ada yang pingsan, harus diusung untuk melanjutkan perjalanan,” kata Sudiyoko.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button