Wisata tujuh air terjun di Curug Cilember Bogor yang dipercaya sebagai tempat pemandian putri Prabu Siliwangi - WisataHits
Jawa Barat

Wisata tujuh air terjun di Curug Cilember Bogor yang dipercaya sebagai tempat pemandian putri Prabu Siliwangi

Wisata tujuh air terjun di Curug Cilember Bogor yang dipercaya sebagai tempat pemandian putri Prabu Siliwangi

Liputan6.com, Bogor – Kota Bogor memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Salah satu destinasi wisata alam kota ini adalah Curug Cilember.

Curug Cilember terletak di Desa Cilember tepatnya di Jalan Raya Puncak No KM 15, Kecamatan Megamending, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Seperti namanya, tempat wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan wisata air terjun.

Awalnya Curug Cilember bukanlah tempat wisata. Pada tahun 2000-an, air terjun ini dibuka untuk umum dan hingga saat ini tetap menjadi salah satu tujuan wisata Bogor yang paling banyak dikunjungi.

Curug Cilember memiliki daya tarik utama yang cukup menarik, yaitu adanya tujuh air terjun. Ketujuh air terjun ini berada di tempat yang berbeda.

Jarak air terjun satu dengan air terjun lainnya kurang lebih antara 150 sampai 800 meter. Untuk berpindah dari satu air terjun ke air terjun lainnya, Anda harus mendaki terlebih dahulu.

Tak hanya soal jumlah air terjun, tempat wisata di Bogor ini juga punya legenda. Namun, tempat wisata ini dulunya merupakan tempat peristirahatan para putri Kerajaan Siliwangi di tepi pantai.

Hal ini diperkuat dengan adanya beberapa makam keramat keturunan Prabu Siliwangi yang berada di atas lokasi air terjun. Ada juga kepercayaan bahwa orang yang mandi di air terjun bisa awet muda, mudah menikah dan sembuh dari penyakitnya.

Selain keindahan air terjunnya, destinasi wisata ini juga terasa lebih sejuk dengan hutan pinus yang asri. Saat memasuki kawasan wisata Curug Cilember, pengunjung akan disambut oleh taman hutan raya Agathis seluas 2 hektar yang didalamnya terdapat hutan pinus.

Beberapa dari pinus ini bahkan berumur sepuluh hingga seratus tahun. Lokasi hutan pinus bisa Anda gunakan sebagai tempat perkemahan.

Tak hanya itu, Curug Cilember juga memiliki Taman Konservasi Kupu-Kupu. Taman ini menjadi tempat penangkaran puluhan spesies kupu-kupu dalam bentuk kubah jaring raksasa dengan konsep Rumah kaca. Taman seluas 500 meter ini juga ditumbuhi bunga.

Untuk melengkapi perjalanan Anda, Anda juga dapat menikmati berbagai aktivitas seru dan menantang di sini. Anda dapat memainkan berbagai wahana keluarsebagai rubah terbangmemanah, selancar layang-layang, target tembakdan lainnya.

Pengarang: Resla Aknaita Chak

Rencana pembukaan atraksi iluminasi di proyek wisata Glow Night di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat menuai kritik. Lima mantan direktur Kebun Raya Bogor, yakni Made Sri Prana, Usep Soetisna, Suhirman, Dedy Darnaedi, dan Irawati, bahkan…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button