Wisata Horor di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Horor di Yogyakarta

Destinasi semakin beragam. Sekarang bahkan ada yang menjadi tujuan wisata mistis. Bahkan setiap kota memiliki wisata mistik tersendiri yang terkenal dengan mitos dan cerita seramnya.

Dari berbagai destinasi, berikut daftar wisata horor di Yogyakarta yang wajib kamu ketahui. Apakah Anda berani menjelajahinya di malam hari?

1. Kandang rusa

5 Wisata Horror di Yogyakarta Yang Salah Satunya Pernah Menjadi Lokasi SyutingDermaga. Internet

Kandang Menjangan atau yang sering disebut dengan Panggung Krapyak dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1760. Awalnya bangunan berbentuk kubus ini dibangun untuk menjaga satwa – salah satunya rusa atau biasa disebut dalam bahasa jawa rusa.

Kandang Menjangan konon awalnya berada di tengah hutan belantara. Oleh karena itu, bangunan ini dibangun sebagai tempat persembunyian dan mencari hewan liar di hutan lebat.

Kini keramba Menjangan dijadikan sebagai tempat wisata sejarah. Namun, sejarah mistis yang terkait dengan bangunan tersebut tak luput menutupinya. Banyak cerita mistis yang beredar tentang tempat ini. Namun, salah satu yang paling familiar di telinga masyarakat setempat adalah penampakan seorang wanita yang bergelantungan di salah satu jendela.

2. Gereja Sayidan Gotik

5 Wisata Horror di Yogyakarta Yang Salah Satunya Pernah Menjadi Lokasi SyutingDermaga. Internet

Dijuluki Gereja Gotik Sayidan karena bangunannya menyerupai gereja-gereja di Eropa, lengkap dengan menara yang menjulang tinggi. Namun nyatanya, bangunan ini hanyalah kediaman seorang bangsawan keturunan Tionghoa bernama Esther Widyo Wanandyo, istri R. Petrus Haryono, seorang pengrajin batik yang memiliki ikatan dengan Keraton Yogyakarta.

Dibangun pada tahun 1797, bangunan ini awalnya dibangun sebagai hunian biasa. Namun, pada tahun 1986 rumah tersebut dipugar dengan menambahkan patung dan menara berarsitektur Gotik yang khas.

Bangunan di kawasan Gondomanan, Yogyakarta itu kini kosong tak berpenghuni. Masyarakat sekitar juga sering mengalami hal mistis karena sudah lama kosong dan memiliki ruang bawah tanah yang tidak terurus.

3. Benteng Vredeburg

5 Wisata Horror di Yogyakarta Yang Salah Satunya Pernah Menjadi Lokasi Syutingjogjakarta.go.id

Namanya saja sudah menunjukkan bahwa tempat ini merupakan peninggalan Belanda. Bangunan kuno ini dikenal dengan berbagai cerita mistisnya. Beberapa orang juga mengaku pernah melihat penampakan di sini.

Salah satu yang paling terkenal adalah penampakan seorang wanita Belanda yang sedang menunggang kuda. Wanita Belanda berkaki kuda ini konon sering ditemui tukang becak di tengah malam.

Konon, berdasarkan cerita yang beredar dari mulut ke mulut, seorang pengendara sepeda yang melintas di depan Benteng Vredeburg bertemu dengan seorang wanita Belanda dan menawarkan jasa antar. Kemudian wanita itu membuka keliman gaun panjangnya, memperlihatkan kaki kuda di belakangnya.

Ada juga kisah seorang tentara Belanda tanpa kepala. Namun, sekelompok tentara tanpa kepala telah terlihat beberapa kali berbaris di area benteng. Hei… menyeramkan, ya!

4. Pantai Parangkusumo

5 Wisata Horor di Yogyakarta yang Salah Satunya Pernah Jadi Lokasi SyutingDermaga. Internet

Pantai ini sering dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Tidak heran kalau begitu
Pantai ini juga dikenal sebagai gerbang atau jalan utama menuju Istana Laut Selatan yang magis, Kerajaan Nyi Roro Kidul.

Dikutip dari berbagai sumber, cerita ini bermula saat Panembahan Senopati sedang bertapa malaikat sebagai upaya untuk menyempurnakan sihir. Hingga suatu hari terjadi fenomena alam yang luar biasa. Pohon-pohon tumbang, beterbangan ke akarnya, terjadi badai besar, dan air laut mendidih dan ikan beterbangan, terlempar ke darat. Melihat keadaan tersebut, Ratu Kidul menampakkan wujudnya ke permukaan dan menghadap Panembahan Senopati untuk pertama kalinya.

Ada juga mitos yang menyebar dari mulut ke mulut jika kita tidak diperbolehkan memakai baju hijau saat berkunjung ke pantai ini. Jika Anda melanggar ini, bersiaplah untuk tersesat dan “dijemput” oleh pengawal Ratu Kidul.

5. Pesanggrahan Sarjanawiyata

5 Wisata Horror di Yogyakarta Yang Salah Satunya Pernah Menjadi Lokasi Syutingjogja.idntimes.com

Dulu rumah putih ini berdiri megah hingga akhirnya terbengkalai karena
Erupsi Gunung Merapi. Sejak saat itu, banyak cerita mistis bermunculan di sekitar rumah ini. Dari
Kisah ini menginspirasi pembuatan film Rumah Kaliurang.

Berawal dari beberapa mahasiswa yang menginap di tempat ini, banyak kejadian mistis yang mengikutinya. Berawal dari beberapa siswa yang mengalami hal itu Tidak Asyiknya mendengar cekikikan orang atau melihat hantu Noni Belanda dari atas.

Dari daftar tempat wisata di atas, manakah tempat yang pernah kamu kunjungi Bela?

Baca Juga: 6 Fakta Film “Terriffier 2”, Horor yang Sukses Bikin Penonton Muntah

Baca Juga: Rayakan Halloween, #Spotify Goosebumps Open Horror Free Install!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Jenis Film Horor untuk Merayakan Halloween

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button