Hilangkan Kontroversi dulu, Ini Top Nine Hit MenPAN-RB Azwar Anas - WisataHits
Yogyakarta

Hilangkan Kontroversi dulu, Ini Top Nine Hit MenPAN-RB Azwar Anas

Azwar juga ditunjuk dan meraih predikat Bupati Paling Inovatif Bidang Kesehatan di Jawa Timur

SuaraJogja.id – Meski sempat menuai kontroversi di dunia maya terkait foto syur yang memanjangkan nama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi ini memiliki sederet prestasi yang telah dijuluki sebagai dapat digambarkan dengan baik. . Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tak henti-hentinya memujinya usai pelantikan kemarin pada Rabu (9 Juli 2022) di Istana Negara.

“Kita semua tahu bahwa Pak Azwar Anas memiliki rekam jejak yang jelas ketika memimpin birokrasi di Banyuwangi. Banyak hal yang saya lihat,” kata Jokowi.

Diketahui, Azwar Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni sejak 21 Oktober 2010 hingga 21 Oktober 2015 dan dari 17 Februari 2016 hingga 17 Februari 2021.

Dalam mengembangkan kabupaten yang sempat viral dan dinobatkan sebagai salah satu lokasi kejadian KKN mistis di Kampung Penari, Azwar Anas merumuskan beberapa kebijakan termasuk membangun inovasi publik di Banyuwangi. Sembilan kesuksesan pria berusia 49 tahun ini dirangkum di sini Suarajogja.id.

Baca Juga: Sehari Setelahnya, MenPan-RB Diresmikan Dengan Rilis Foto Syur, Azwar Anas Jadi Sorotan di Twitter

1. Pengembangan pelayanan publik

Inovasi pelayanan publik seperti KTP, urusan perizinan dan bisa dilakukan di pasar dan pusat perbelanjaan saat Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi.

2. Sasaran pembangunan di sudut desa

Azwar Anas pernah meluncurkan program “Kampung Pintar” yang menghubungkan 189 desa di Banyuwangi dengan jaringan internet serat optik. Ini seharusnya memudahkan warga untuk tetap up to date dengan teknologi yang mereka miliki.

3. Pasang ribuan WiFi di Banyuwangi

Baca Juga: Usai Dilantik, Ini Pesan Jokowi untuk Azwar Anas

Azwar Anas juga berjasa memasang 1.500 jaringan WiFi atau internet nirkabel di hampir seluruh wilayah Banyuwangi.

4. Pengembangan event di sektor pariwisata

Selain itu juga berhasil merevitalisasi sektor pariwisata Banyuwangi dengan rangkaian acara seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival dan Banyuwangi Jazz Festival.

5. Menjangkau anak-anak yang putus sekolah

Selain wisata edukatif, Azwar Anas juga mendirikan Gerakan Anak Muda Daerah Putus Sekolah (Garda Ampuh) dan program pengajaran Banyuwangi dengan memberikan uang saku dan tunjangan transportasi kepada siswa dari keluarga kurang mampu.

6. Pengembangan digitalisasi peternak Banyuwangi

Sesuai dengan perkembangan zaman, Azwar juga menorehkan kesuksesan dengan program kartu elektronik ternak atau e-Nak, yaitu data digital berisi sejarah peternakan.

7. Meraih gelar Bupati Inovatif

Azwar juga dinobatkan sebagai Bupati Paling Inovatif Bidang Kesehatan se-Jawa Timur oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada akhir 2012 dan menyabet gelar tersebut.

8. Bidik ODGJ di Banyuwangi

Azwar Anas juga mampu menjalankan program di bidang kesehatan, yaitu inovasi Teropong Jiwa untuk Penderita Gangguan Jiwa atau ODGJ.

9. Memberdayakan lansia miskin

Azwar Anas juga menjalankan program sosial Rantang Kasih, yaitu memberikan makanan bergizi gratis setiap hari kepada lansia miskin yang tinggal sendiri di Kabupaten Banyuwangi.

Azwar Anas dinilai berhasil mengembangkan Banyuwangi dan juga meraih beberapa penghargaan diantaranya

Pertama, memenangkan penghargaan di United Nations Tourism Board (UNWTO) Digital Society Awards 2017 di Madrid, Spanyol.

Kedua, Azwar Anas memimpin Pemkab Banyuwangi sukses meraih penghargaan Kota Wisata Bersih pada ASEAN Tourism Forum di Thailand tahun 2018.

Kontributor Suarajogja.id: Ismoyo Sedjati

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button