Wisata air terjun Curug Cipendok Banyuma sejak zaman penjajahan Belanda - WisataHits
Jawa Barat

Wisata air terjun Curug Cipendok Banyuma sejak zaman penjajahan Belanda

Curug Cipendok Banyumas adalah tempat wisata yang direkomendasikan dengan pesona air terjun yang indah. Mampu menenangkan jiwa dan jiwa, destinasi ini terletak di Banyumas yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya Purwokerto.

Wisata air terjun yang penuh sensasi dan banyak dikunjungi wisatawan domestik. Air terjun ini memiliki ketinggian 92 meter di atas permukaan laut. Selain udara segar, ada juga hal-hal yang berbau mistis.

Keindahan Curug Cipendok diresmikan pada 27 Februari 1987. Situs tersebut merupakan bagian dari kawasan Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Wisatawan menemukan beberapa pohon langka dan disebut-sebut oleh pengunjung sebagai tempat belajar.

Kisah Asal Usul Curug Cipendok Banyumas

Curug Cipendok Banyumas dikaitkan dengan sejarah perang melawan pemerintah kolonial Belanda. Raden Renusantika, seorang Ajibarang Wedana yang mendapat tugas dari Belanda untuk membuka kawasan hutan di dekat Gunung Slamet. Raden Renusantika kemudian menebang beberapa pohon, namun akhirnya pohon tersebut tumbuh kembali.

Dia menanyakan arah dan kemudian memancing di sekitar air terjun. Menangkap ikan sambil memancing. Namun ketika ditarik, ikan itu berubah menjadi cincin, yaitu kerangka. Kerangka tersebut biasa disebut dengan pendok. Akhirnya air terjun ini diberi nama pendok.

Trekking Curug Cipendok bersama wisatawan

Jalan yang harus dilalui saat menuju wisata alam Curug Cipendok Banyumas tidak terlalu sulit. Sepanjang jalan, wisatawan akan menghargai jalan yang mulus dan beraspal, tetapi agak kecil. Karena itu, saat mengendarai kendaraan, Anda perlu memperhatikan jalan.

Sesaat setelah memarkir kendaraan, wisatawan menikmati segarnya udara pegunungan dengan pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata.

Setelah pintu masuk, wisatawan berjalan hingga 500 meter di jalan berbatu. Namun tidak membosankan karena ditemani dengan keindahan dan suara alam yang menenangkan.

Seseorang harus sangat berhati-hati saat trekking ke Curug Cipendok. Di sebelah jalan berbatu ada ngarai dari sisi jalan. Wisatawan akan merasa seperti sedang berjalan di tengah hutan, dikelilingi pepohonan yang masih sangat rindang dan sejuk sekali.

Nikmati Curug Cipendok Banyumas dari sudut pandang

Curug Cipendok Banyumas memiliki ketinggian sekitar 92 meter dan terletak di lereng Gunung Slamet. Aliran airnya sangat deras. Air terjun ini terletak di antara dua tebing tinggi, kesegaran udaranya sangat jernih saat mendekati area aliran air.

Aliran air terjun langsung mengalir ke sungai yang dikelilingi bebatuan besar. Tidak disarankan untuk mendekati Air Terjun Cipendok karena terlalu berbahaya.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun yang sangat indah. Sungai Curug Cipedok jatuh ke danau kecil dan bermuara di sungai. Sungai ini dihiasi dengan batu-batu besar yang umumnya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan untuk berfoto dengan air terjun.

Jika ingin melihat air terjun dari jauh, pengunjung bisa melihatnya dari sudut pandang. Gardu induk ini merupakan spot foto yang populer di kalangan wisatawan. Namun jika ingin melihat lebih dekat, Anda harus mengikuti jalan berbatu sekitar 100 meter. Derasnya aliran air membuat setiap orang yang mendekati air terjun merasakan semilir angin yang menyegarkan dan cipratan air.

Fasilitas Utama Curug Cipendok Banyumas

Fasilitas utama di tempat ini antara lain cottage, fasilitas outbond, jogging trail, jungle trail, Danau Pucung dan bumi perkemahan.

Selain itu juga terdapat fasilitas penunjang yang cukup baik seperti tempat parkir, rest area, toilet, taman bermain anak seperti ayunan dan menara observasi untuk menikmati pemandangan kota Purwokerto saat cuaca cerah.

Sebagai sumber mata air, Danau Pucung tidak hanya bisa menghilangkan penat, tapi juga cocok untuk berkemah. Panorama alam selalu terlihat alami. Di sekitar Telaga Pucung masih ada elang dan harimau jawa. Dimana keberadaannya kini berkurang. Danau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1997 dan diresmikan pada tanggal 8 Agustus 2005.

Destinasi menarik lainnya: Batu Pandang Wailing Wind Wonosobo Spot Viewing Telaga Varna

Tiket Masuk Air Terjun Cipendok

Tiket masuk Curug Cipendok adalah Rp 10.000/orang (weekdays) dan Rp 12.500/orang (hari libur). Wisatawan bisa berpuas hati menjelajahi dan menikmati pesona alam air terjun di Purwokerto Banyumas ini.

Tiket masuk objek wisata alam Curug Cipendok dapat berubah sewaktu-waktu dan belum termasuk biaya parkir kendaraan. Jam buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00.

Artikel menarik lainnya: Desa Wisata Kasongan, kawasan gerabah di Bantul, Yogyakarta

Alamat Wisata Air Terjun Curug Cipendok Banyumas sejak zaman penjajahan Belanda

Jadi, Curug Cipendok adalah salah satu tempat wisata paling populer di Purwokerto, Jawa Tengah. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang datang ke sana. Banyumas dikelilingi oleh sekitar 47 hektar lanskap alam dan hutan. Ada berbagai jenis kunjungan ke Curug Cipendok seperti hutan alam, danau, air terjun, desa Panginyongan dan perkemahan.

Lokasi destinasi wisata berada di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini dengan kendaraan roda 2 dan 4 yang berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Purwokerto.

Rute dari Purwokerto ke Curug Cipendok mengarah ke alun-alun melalui Jalan Sudirman. Setelah itu, langsung menuju jalan raya Cilongok hingga pertigaan Losari. Kemudian Anda akan menemukan tanda-tanda lampu kuning. Dari sana, belok kanan ke Air Terjun Cipendok yang berjarak sekitar 8 km.

Setelah masuk, wisatawan bertemu dengan tempat parkir, ada sekitar 500 meter antara Air Terjun Cipendok dan tempat parkir mobil dan motor. Tapi jangan khawatir tentang perjalanan ke pintu masuk air terjun, itu adalah tempat yang indah dan cantik.

Artikel menarik lainnya: Obyek Wisata Puncak Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Tempat Melihat Danau Maninjau

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button