Wajah baru objek wisata air terjun Sodong Sukabumi akan segera dibuka dan menelan biaya Rp 7 miliar - WisataHits
Jawa Barat

Wajah baru objek wisata air terjun Sodong Sukabumi akan segera dibuka dan menelan biaya Rp 7 miliar

SUKABUMIUPDATE.com – Curug Sodong, salah satu objek wisata di kawasan Geopark Palabuhanratu Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, akan segera diresmikan oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Usai peresmian, destinasi wisata yang terletak di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas ini akan dibuka untuk umum.

iklan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan peresmian wajah baru Air Terjun Sodong awal tahun ini memang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Namun, dari Januari hingga Juni dia dalam masa pemeliharaan, sekarang dia telah diserahkan kepada kami. Rencananya Air Terjun Sodong akan dibuka kembali setelah diresmikan Bupati Marwan Hamami pada 4 September lalu,” kata Sigit kepada tim media belum lama ini.

Menurut Sigit, tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan peringatan 152 tahun pemerintahan Sukabumi.

iklan

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan Sodong Curug menghabiskan anggaran sekitar Rp 7 miliar yang berasal dari APBN 2021.

Dengan nominal anggaran sebesar itu, Curug Sodong kini telah mendirikan berbagai fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat seperti Musala, MCK dan tempat parkir khusus.

Selain itu, jalan di sekitar lokasi sudah diaspal, dan terdapat dua ornamen berupa nama Curug Sodong dan tugu bambu sebagai tempat selfie masyarakat. Selain itu, pusat jajanan satu atap, amfiteater, 7 unit paviliun dan menara dibangun.

“Kemudian ada warung yang dikelola oleh kelompok sadar wisata, ada homestay ketika wisatawan datang ke sana untuk berkunjung,” lanjutnya.

Sigit memastikan pembangunan seluruh fasilitas umum yang saat ini berada di Curug Sodong sudah selesai dibangun.

“Mudah-mudahan dengan adanya infrastruktur pendukung ini dapat mendorong semakin banyak pengunjung yang berwisata ke Curug Sodong,” ujarnya.

Rangkaian pelantikan, kata Sigit, akan diawali dengan kegiatan touring yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sukabumi. Tur dengan tema “Wisata Gratis Ngabumi” akan dimulai pada 3 September 2022.

Source: sukabumiupdate.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button