View Berbagai Destinasi Wisata di Kawasan Wisata Pohon Pinus Kuningan - WisataHits
Jawa Barat

View Berbagai Destinasi Wisata di Kawasan Wisata Pohon Pinus Kuningan

Kabupaten Kuningan dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat. Secara geografis, Kuningan terletak di kaki Gunung Ciremai. Kawasan di kaki Gunung Ciremai, Jawa Barat ini ditumbuhi pohon pinus yang menjadi destinasi wisata. Oleh karena itu, diketahui ada kawasan wisata pinus Kuningan.

Kawasan wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan di Kuningan. Para wisatawan bisa menikmati kesegaran udara pegunungan sambil merenungkan panorama deretan pohon pinus ini.

Dikutip dari situs tngceremai.menlhk.go.idBerikut rekomendasi wisata pohon pinus di Kuningan Jawa Barat yang bisa dikunjungi wisatawan.

1. Bukit Panembongan

Objek wisata pinus Kuningan yang pertama adalah Bukit Panembongan. di bukit ini. Wisatawan dapat menikmati panorama alam dari ketinggian. Bukit ini terletak di Desa Tembong, Garawangi, sekitar 7 kilometer (km) dari pusat kota Kuningan.

Dari tempat wisata Bukit Panembongan, wisatawan bisa melihat keindahan alam perbukitan dan pegunungan yang dipenuhi pohon pinus. Saat cuaca cerah, Anda bisa melihat area pemukiman yang luas di kejauhan dengan latar langit biru. Sementara itu, saat kabut mulai turun, gradasi putih menutupi diri mereka seperti daratan di atas awan.

Daerah ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan sudut pandang dan drive foto yang menarik. Selain itu, situs ini dilengkapi dengan gazebo untuk area berkemah. Belum lagi, dataran tinggi ini adalah tempat yang tepat untuk mencoba berbagai wahana adrenalin pilihan.

2. Menggambar Danau

Kawasan di kaki Gunung Ciremai ini menawarkan berbagai tempat wisata alam. Salah satunya adalah objek wisata alam laut Talaga Remis yang terletak di tengah Kawasan Wisata Pinus Kuningan. Nama Remis disematkan karena danau tersebut menjadi habitat potensial bagi kerang. Daerah tersebut merupakan lahan hijau subur dengan beberapa titik laut.

Talaga Remis adalah danau utama di tengah lebatnya pohon pinus sebagai vegetasi utama. Selain Danau Remis, ada delapan danau lainnya yaitu Talaga Buruy, Talaga Deleg dan Talaga Nilem.

Ditambah dengan Talaga Tespong, Talaga Leat, Talaga Leutik, Situ Ayu Salintang dan Sumur Jalatunda. Berbagai fasilitas melengkapi kawasan tersebut seperti wahana petualangan air, paviliun, spot foto, ruang pertemuan hingga cottage.

3. Huludayeh Trijaya

Kawasan wisata Huludayeh Trijaya merupakan hamparan pohon pinus Kuningan dengan suasana khas yang menyegarkan. Berada di kaki Gunung Ciremai, tempat ini memiliki camping ground yang bernuansa alam hutan pinus.

Sedangkan lokasinya berada di desa Trijaya, sekitar 23 km dari pusat kota Kuningan. Selain untuk kegiatan camping, destinasi keindahan alam ini cocok untuk wisata keluarga.

Di sekitarnya Anda akan menemukan berbagai spot foto menarik di deretan hutan pinus dan panorama dari atas. Berbagai wahana keluar bagaimana rubah terbang bisa juga dicoba untuk menambah keseruan liburan.

4. Pondok Pinus Kuningan

Destinasi wisata pinus kuningan ini sayang untuk dilewatkan. Terletak di pinggir jalan Pejambon-Sagara Hiang di Kecamatan Cigugur, Pondok Pinus menjadi magnet wisata.

Dengan menerapkan konsep wisata kuliner di tengah luasnya panorama alam dari atas bukit. Terhubung dengan kawasan hutan hijau. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan Landing Gorge, Air Terjun Landing dan Air Terjun Putri Palutungan.

Pondok Pinus dirancang dengan gaya kastil Eropa dan menawarkan berbagai pilihan menu. Aneka sajian kuliner tradisional bisa dicicipi, seperti ikan bakar Mujaer, Garang Asem dan Karedok.

Berbagai wahana foto modern tersedia. Beberapa bahkan mengatakan wahana foto di sini adalah beberapa yang terbaik. Beberapa wahana foto termasuk rumah hobbit, sangkar burung, rumah balon, rumah warna-warni dan banyak lagi.

5. Monyet Leuweung

Seperti namanya, wisatawan bisa melihat monyet-monyet liar di objek wisata Leuweung Monkey Cibeureum. Situs itu sendiri masih berada di dalam Taman Nasional Gunung Ciremai.

Deretan pohon pinus berusia puluhan tahun berjejer di sekitar kawasan wisata ini. Memiliki suasana yang masih alami ditambah dengan keindahan pemandangan alam menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Bagi yang ingin berkemah, tersedia Family Camp Cibeureum.

Jangan lewatkan melihat berbagai spesies kera di kawasan wisata seluas 7 hektar ini. Dari kecil hingga besar dan memiliki ekor yang panjang. Jenis mamalia ini cukup jinak bagi wisatawan untuk mendekat dan berinteraksi atau menawarkan makanan.

6. Wisata Cipaniis

Fasilitas wisata Cipaniis menyuguhkan kesegaran mata air alami di kaki Gunung Ciremai. Lokasinya berada di Jalan Cirea-Pasawahan, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Kawasan ini tidak pernah sepi pengunjung karena diyakini kesegaran air alami Paniis memiliki manfaat kesehatan. Konon airnya juga berkhasiat untuk ilmu kebatinan, bisnis, jodoh, kekuatan dan obat yang tak lekang oleh waktu. Bahkan, mitos yang beredar ini mempengaruhi orang untuk mencari kesendirian dan bermalam di hulu sungai.

Selain itu, gemericik sungai di dekat kawasan tersebut merupakan aliran langsung dari mata air alami. Suasana alam di sekitarnya sejuk dengan ekosistem pohon pinus, sehingga kesegarannya semakin terasa.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button