Untuk mengembangkan atraksi, Pemdes Paraanggupito mengupayakan spot mancing batu karang - WisataHits
Jawa Tengah

Untuk mengembangkan atraksi, Pemdes Paraanggupito mengupayakan spot mancing batu karang

RADARSOLO.ID – Keindahan pantai di desa/kecamatan Paranggupito tidak hanya menjadi daya tarik wisatawan. Tapi juga para pemancing yang menggunakan teknik tersebut di masa lalu memancing batu. Terutama di kawasan tebing Nglonjok.

Karena itu, Pemdes Paranggupito (Pemdes) berupaya menggali potensi tersebut untuk menarik kunjungan wisatawan alternatif. Menurut Kepala Desa (Kades) Paranggupito Dwi Hartono, ada empat titik pantai di wilayahnya. Mulai dari Pantai Dhadhapan, Njojogan, Klotok dan Semmbuh.

“Antara Pantai Njojogan dan Pantai Klotok ada spot mancing dari atas tebing memancing batu. Salah satunya di Tebing Nglonjok. Cukup ramai pemancingnya,” jelasnya, Senin (14/11).

Pekerjaan lainnya, lanjut Dwi, yakni tebing Mlinas. Hanya kontur tebing yang kurang representatif di sana. “Paling cocok untuk memancing batu Ya, di tebing Nglonjok,” katanya.

Di mata Dwi memancing batu menjadi magnet bagi wisatawan. Pada 2019, pemerintah daerah membuat satu acara das Ternyata animo wisatawan khususnya pemancing cukup besar.

“Awalnya kami mencoba membukanya dengan mengundang 40 peserta. Pada saat ini harga pintutidak mabuk. Ternyata bagus. Ada lebih dari 80 peserta,” jelasnya.

Meski memiliki potensi, fasilitas pendukung di Tebing Nglonjok masih belum memadai. Terutama akses jalan. Pemancing yang ingin ke sana terlebih dahulu harus melewati kawasan Pantai Semukan atau Klotok. Masih ada jalan.

Berdasarkan permasalahan tersebut, kawasan tebing Nglonjok dibersihkan. Perbaikan dianggarkan Rp 5 miliar dari dana alokasi khusus (DAK). Proyek tersebut rencananya akan dimulai tahun depan.

“Selain membuka akses jalan, kita juga akan menambah pendopo, tempat parkir, alun-alun kuliner, mushola, warung dan lain sebagainya. Beberapa jalan setapak yang ada sudah kita perlebar hingga 3 meter,” kata Dwi.

Dwi berharap Pemkab Wonogiri berpihak pada pengembangan pariwisata di Parangupito. Mengingat desa Paranggupito sedang berkembang menjadi desa wisata. Dengan mengembangkan wisata alam, seni dan budaya. (al/fer/dam)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button