Turis Internasional di Kota Batam Meningkat, Turis Malaysia Temui Wisata Religi - WisataHits
Yogyakarta

Turis Internasional di Kota Batam Meningkat, Turis Malaysia Temui Wisata Religi

TEMPO.CO, Batam wisata religi Kota Batam menjadi daya tarik bagi wisatawan baik asing maupun domestik. Sebanyak 40 turis asing asal Malaysia menjelajahi sejumlah masjid ternama di Kota Batam. Pemilik Bumi Madani Wisata Rahman mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Rihlah Ilmiah dan Iman bersama seorang ustadz dari Malaysia. “Kami sedang bersafari ke masjid terkenal Batam bersama ustadz dari Kuala Lumpur,” ujarnya, Jumat, 26 Agustus 2022.

Masjid yang diperiksa adalah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Masjid Raya Batam, Masjid Jabal Arafah, Masjid Sukajadi dan Masjid Tanwirun Naja (Tanjak). Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan wisata religi ke Kota Batam. “Kami melihat banyak masjid yang dibangun di Batam. Pemerintah telah membangun masjid yang megah, tidak hanya sebagai tempat salat tetapi juga menjadi ikon wisata yang menonjolkan budaya melayu,” katanya.

Selain menjelajahi masjid, para wisatawan ini mengunjungi mall atau mall yang ada di Kota Batam dan mengunjungi Museum Raja Ali Haji Batam, salah satu wisata sejarah di Dataran Engku Putri Batam Center. “Kita akan mengunjungi museum untuk melihat cikal bakal Kota Batam,” ujarnya.

Ia mengatakan, wisatawan asing sangat antusias untuk menjelajahi Batam. Mereka menyatakan akan kembali berwisata di Kota Batam. “Sangat antusias, seseorang yang berada di Batam mengatakan bahwa perkembangan Batam dari tahun ke tahun semakin meningkat,” ujarnya.

Kepala Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Batam terus meningkat setiap bulannya. Tercatat ada 39.671 kunjungan pada Juni 2022, meningkat signifikan 136,69 persen dibandingkan Mei 2022 yang mencapai 16.761 kunjungan.

Ia melanjutkan, pembenahan infrastruktur seperti jalan raya merupakan salah satu cara pemerintah Kota Batam untuk membuat wisatawan merasa nyaman berlibur di Kota Batam. “Banyak destinasi wisata baru yang disiapkan,” katanya.

Ardi berharap kunjungan wisman meningkat, yang berdampak positif bagi percepatan pemulihan ekonomi Kota Batam khususnya. “Kita masih ingat jumlah wisman yang berkunjung ke Batam pada 2019 mencapai 1.947.943 kunjungan. Setidaknya kita semua berharap tahun ini kunjungannya melonjak lagi, kalau bisa sampai di atas 1 juta,” harapnya.

YOGI EKA SAHPUTRA

Baca Juga: Sering Dijadikan Destinasi Wisata Religi, Inilah Tiga Masjid Cheng Ho di Indonesia

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button