Tiket masuk, jam buka dan aktivitas Kebun Raya Cibodas - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk, jam buka dan aktivitas Kebun Raya Cibodas

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas: Rp15.500-Rp25.500 Jam Buka: 08:00-16:00 WIBNo. Telepon: 0263 – 2953070/0812 – 2466 – 7108 Alamat: Kebun Raya Cibodas, Cimacan,, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kebun Raya Cibodas Bogor adalah UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Balai Konservasi Kebun Raya Bogor. Lokasinya berada di antara Gunung Gede dan Pangrango pada ketinggian 1425 dpl.Zona sejuknya menempati lahan sedikitnya 85 hektare.

Selain sebagai pusat konservasi, kebun raya ini juga dibuka untuk melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Banyak layanan yang ditawarkan kepada masyarakat, termasuk pendidikan lingkungan dan penelitian. Namun, kebun raya ini juga menjadi tujuan wisata karena kesegaran dan keindahan pemandangan alamnya.

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas

Pengunjung yang ingin datang dan bersenang-senang di kebun raya ini akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah.

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas
Harga tiket masuk nasional dan internasional pada hari kerja Rp 15.500
Harga tiket masuk nasional dan internasional untuk akhir pekan Rp 25.500
Tiket masuk sepeda hari kerja Rp 15.000
Tiket masuk sepeda akhir pekan Rp 20.000
Tiket kendaraan
tiket mobil Rp35.000
Tiket Motor Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan MANDALAWANGI Cibodas

Syarat dan ketentuan untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas:

  • Wajib vaksin minimal 2 dosis.
  • Pakai masker dan bawa hand sanitizer.
  • Anak dengan tinggi 80 cm berlaku harga tiket masuk normal.

Informasi penting sebelum mengunjungi Kebun Raya Cibodas:

  • Dari Senin hingga Sabtu, kendaraan bisa masuk dan beredar.
  • Pada hari Minggu dan hari libur, kendaraan tidak diperbolehkan masuk dan beredar.
  • Anda boleh membawa makanan dan minuman dari luar asalkan menggunakan wadah.
  • Pengunjung bisa piknik asal tetap menjaga kebersihan.

Baca: Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas dan Tempat Wisata

Jam buka

Wisatawan bisa mulai datang ke Botanical Garden di pagi hari. Jam buka Kebun Raya dari pukul 08:00 pagi hingga sore hari.

Jam buka
Senin Jum’at 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional 07.00 – 16.00 WIB

Kegiatan di Kebun Raya Cibodas

Berbagai kegiatan dapat ditawarkan di taman rekreasi dan konservasi ini. Terutama kegiatan dengan nuansa alam dan pengenalan tumbuhan. Ini beberapa.

1. Pertemuan

kegiatan gathering kebun raya cibodasKebun Raya Cibodas juga dapat digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas dan perusahaan. foto: Pristowo Putra

Berencana mengadakan kegiatan bersama keluarga atau kolega, Kebun Raya Cibodas punya tempatnya. Lapangan terbuka dengan latar belakang keindahan alam dan udara segar cocok dijadikan lokasi mengumpulkan. Agar acara silaturahmi yang berlangsung tidak melelahkan karena segarnya udara.

Di luar komunitas atau staf, banyak Biro perjalanan Di mana Penyelenggara acara yang menyediakan paket koleksi disini. Mengenai fasilitas yang tersedia, tidak perlu khawatir. Karena di Kebun Cibodas semuanya lengkap mulai dari pembangunan hingga makan siang. Jadi pengunjung tinggal memilih harga paket yang pas dan siap berpetualang di taman wisata ini.

2. Merekam video

syuting & film kebun raya cibodasLanskap yang indah dan taman yang ditata dengan baik sering menjadikan kebun raya tempat untuk mengambil foto. Baik untuk film atau hanya syuting. foto: Agie Putra

Masih banyak daerah yang masih alami dan belum tersentuh modernisasi. Karena itulah, kebun raya sering dijadikan lokasi syuting film layar lebar dan sinetron televisi. Selain kawasan ini, keindahan pemandangan dan kesegarannya menjadi alasan lain untuk memotret kebun raya ini.

Sementara bagi wisatawan yang suka membuat film pendek atau ingin merekam video musik, kebun raya ini adalah tempat yang tepat. Karena suasana alam bisa dijadikan background video dengan berbagai tema, baik natural maupun kolosal. Namun demi kelancaran pengunjung dengan kegiatan ini, ada biaya tambahan hingga maksimal enam juta per hari.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi, Aktivitas dan Aneka Taman

3. Sesi foto

Selain syuting video, kawasan Botanical Garden juga kerap dijadikan lokasi syuting. Biasanya pemotretan ini untuk keperluan pre-wedding atau kegiatan komersial seperti pemotretan produk komersial. Sedangkan biaya pemotretan ini berkisar antara 1 hingga 2 juta rupiah.

Bagi wisatawan yang tidak profesional dalam menggunakan kamera, juga bisa mendapatkan foto yang bagus dengan kamera ponsel sederhana. Hal ini sangat mungkin karena keindahan alamnya terkait dengan pengelolaan kawasan yang baik. Karena itu, ini membuat beberapa titik cocok untuk berswafoto. Jika Anda hanya berfoto selfie, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan apa pun.

4. Menginap di Kebun Raya Cibodas

area penginapan bernuansa hijauPengunjung juga bisa menginap di kebun raya. Ada beberapa pilihan kamar tamu yang bisa disewa dari pihak pengelola. foto: Penciptaan Ford

Sedangkan bagi wisatawan yang tidak hanya sekedar bermain dalam satu hari, mereka bisa bermalam dengan menyewa penginapan. Di sekitar Kebun Raya terdapat penginapan yang siap menampung wisatawan yang ingin bermalam. Setidaknya ada 3 wisma dengan jumlah kamar dan tempat tidur yang berbeda. Turis hanya perlu beradaptasi.

5. Mengunjungi galeri tanaman hias

Sebagai tempat yang kaya akan keanekaragaman hayati, Kebun Raya Cibodas juga memiliki galeri tumbuhan. Salah satu galeri yang ada adalah Galeri Tanaman Hias. Koleksinya penuh dengan tanaman hias yang cantik. Wisatawan dapat mengunjunginya mulai pukul 08:00 hingga 16:00 setiap hari.

6. Berpartisipasi dalam pendidikan lingkungan

pelatihan kebun rayaKegiatan lain yang tak kalah seru adalah mengikuti pelatihan tentang lingkungan dan tumbuhan. foto: Sony Wirawan

Jangan lewatkan wisata edukasi untuk program pendidikan lingkungan. Sangat cocok untuk pengunjung yang secara khusus ingin mengenal lingkungan lebih dekat. Terutama berbagai tanaman dan bunga.

Sedangkan untuk programnya sendiri dibagi menjadi dua kategori besar yaitu Flora Tours dan Guides. Flora Tourisme adalah perangkat pendidikan lingkungan untuk siswa SD hingga SMA.

Sedangkan untuk masyarakat umum dapat mengikuti program kepramukaan. Kegiatan ini terutama berisi pengenalan lingkungan, tanaman hias dan keingintahuan. Untuk berpartisipasi dalam program ini, wisatawan harus memesan tiket terlebih dahulu.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor dan Aneka Aktivitas

Alamat dan kontak Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya ini terletak di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Berjarak kurang lebih 45 kilometer dari kota Bogor. Untuk sampai ke sini Anda membutuhkan setidaknya 1,5 mengemudi.

Untuk kontak lebih lanjut, silahkan hubungi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI. PO. kotak. 19 sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253. Telp. 0263-520448, 511385 Faks. 0263-512233. [email protected]

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button