Tiket dan Situs Pesona Gunung Padang - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Situs Pesona Gunung Padang

Harga tiket masuk situs Gunung Padang: Rp 10.000. Jam buka: 08:00 – 16:30 WIB. Nomor Telepon : 0213805678. Alamat : Jl. Cibubur Alternatif, Karyamukti, Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43215.

“Tempat wisata megalitik keren”ini adalah salah satu hal yang dikatakan pengunjung Lokasi Gunung Padang Cianjur. Peninggalan sejarah tersebut diyakini berbentuk seperti piramida. Dikatakan lebih tua dari candi Borobudur dan piramida Giza di Mesir.

Situs megalitik ini diperkirakan sudah ada sejak 5.200 SM. Sering disebut sebagai misteri terbesar di Indonesia abad ini. Bukan tanpa alasan, karena masih banyak hal yang menjadi misteri disini.

Harga tiket masuk situs Gunung Padang

Kawasan wisata megalitikum ini tidak mematok tarif mahal bagi wisatawan. Cukup bayar Rp 10.000, pengunjung sudah bisa berkeliling dan menikmati lingkungan sekitar.

Harga tiket masuk situs Gunung Padang
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara Cianjur dan 10 Varietas Kebun

Jam operasional

Wisatawan bisa datang ke kawasan wisata ini setiap hari. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam buka
Setiap hari 08.00 – 16.30 WIB
Jumat 13.00 – 16.30 WIB

Obyek wisata Gunung Padang

Situs Gunung Padang resmi memiliki sertifikat sebagai cagar budaya pada tahun 2018. Dengan sertifikat tersebut, nama Gunung Padang menjadi Cagar Budaya Nasional Gunung Padang.

Terlepas dari berbagai misteri dan kontroversi yang beredar, kawasan Gunung Padang patut untuk dikunjungi. Selain sebagai destinasi wisata alam, disini juga terdapat peninggalan megalitik dari jaman dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang menarik dari objek wisata ini.

1. Situs Megalitik Dunia

batuan megalitik dari situs Gunung PadangHamparan bebatuan diyakini berasal dari zaman megalitikum. Foto: Google Maps/Okky Febrian

Megalitik adalah zaman kuno yang ditandai dengan peradaban besar dari batu. Hamparan bebatuan purba ini masih terlihat di sekitar area situs. Tidak salah jika kawasan ini disebut sebagai situs megalitik dunia.

Selain konstruksi bangunannya, juga karena ukuran dan usia situs ini. Situs ini memiliki ketinggian hingga 220 meter dan menempati area yang cukup luas yaitu 29,1 hektar.

2. Pemandangan perbukitan yang indah

Pemandangan perbukitan dari situs megalitik Gunung PadangSelain melihat situs megalitik, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah. Foto: Google Maps/chchusnul chikam

Untuk menuju Gunung Padang, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga. Kelelahan pasti akan muncul, namun akan segera tergantikan. Pengunjung akan terkagum-kagum dengan eksotisme peninggalan sejarah masa lampau.

Tak kalah menarik, banyak pemandangan yang menenangkan dari sini. Dimulai dari hijaunya pepohonan yang terbentang di bawah bukit. Dari kejauhan terlihat pemandangan yang lebih eksotis yaitu Gunung Gede Pangrango.

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Selain pemandangan pepohonan dan pegunungan, pengunjung juga bisa menikmati sunset. Melihat sunset dari atas bukit akan memberikan ketenangan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana LITTLE VENICE KOTA BUNGA Cianjur

3. Bukan sekedar bukit

Tidak hanya tempat di atas bukit, tetapi situs ini memiliki hal-hal lain. Menurut penjaga, namanya bukan gunung padang. Nama tempat ini adalah Nagara Siang Padang.

Menurut wali, nama Nagara Siang Padang memiliki filosofi tersendiri. Masih menurut Wali Gunung Padang, situs ini merupakan tempat berbagi ilmu. Mulai dari sejarah, arkeologi, antropologi, sosiologi hingga geologi.

Di dekat pintu masuk area situs terdapat sebuah sumur. Sumur itu bernama Sumur Kahuripan. Nama ini dikaitkan dengan air sumur yang tetap ada meskipun musim kemarau.

4. Situs misterius Gunung Padang

Situs misterius Gunung PadangSitus Gunung Padang masih menjadi misteri, karena diduga terdapat piramida yang terkubur di gunung tersebut. Foto: Google Maps/Styman Taroreh

Situs yang terletak di perbukitan ini memiliki ketinggian hingga 220 meter. Tapi tidak semuanya digeledah, hanya seratus meter yang digeledah. Tidak ada yang terungkap tentang teknologi yang digunakan untuk membuat situs setinggi itu di perbukitan.

Terdapat 5 tingkat atau anak tangga di situs bersejarah ini. Banyaknya undakan membuat situs ini dikenal sebagai punden berundak. Di tingkat 5, ada tempat bernama Sunan Ibu Sunan Rama.

Misteri selanjutnya ada di level 2 area situs. Misteri di Level 2 hadir dalam bentuk Batu Mahkota Dunia. Keberadaan batu ini membuat orang mengira ada harta karun yang tersembunyi di Gunung Padang.

Baca: Tiket Masuk KEBUN RAYA CIBODAS dan 6 Kegiatannya

5. Ternyata ada piramida

Menjadikan Gunung Padang sebagai cagar budaya menyebabkan banyak penelitian di situs ini. Pencarian menghasilkan beberapa hasil yang sangat menakjubkan. Diyakini bahwa bentuk segitiga sama sisi terkubur di bawah piramida.

Fasilitas di situs Gunung Padang

Banyak komentar layanan positif di sini. Hal ini tidak terlepas dari fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain: dari masjid, toilet hingga warung makan.

Lokasi dan Kontak Situs Gunung Padang

Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Cianjur Jawa Barat tepatnya di Jl Alternatif Cibubur Karyamukti Campaka Kabupaten Cianjur Jawa Barat 43215. Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 3805678.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button