Tebing Keraton Bandung, Wisata Alam dengan Pemandangan Epik - WisataHits
Jawa Barat

Tebing Keraton Bandung, Wisata Alam dengan Pemandangan Epik

Tebing Keraton Bandung merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam yang epik. Diselimuti kabut tipis, barisan pegunungan sangat memesona seperti lukisan asli. Deretan pohon pinus di bawah tebing juga seolah menambah eksotisme yang memanjakan mata. Bentang alam Bandung tidak pernah mengecewakan.

Selain pesona alam yang indah dengan udara yang menyegarkan, ada berbagai aktivitas seru lainnya yang wajib kamu coba. Mulai dari yang memacu adrenalin hingga yang berhubungan dengan penyembuhan. Penasaran seperti apa informasi lengkapnya? Simak uraian berikut ini sobat Djava!

Pesona Tebing Keraton Bandung

Menjadi dekat dengan alam adalah cara untuk menemukan kedamaian. Selain itu, keindahan alam yang ditampilkan tak tertandingi. Seperti di tebing-tebing Keraton Bandung yang membuat setiap pengunjung merasakan damainya suasana pegunungan dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian ini Anda pasti dapat menikmati semua pesonanya dari sudut pandang 360 derajat!

Berdiri saja di atas tebing yang memiliki kayu solid sebagai pembatas akan memberikan banyak pengalaman menarik. Di bawah mereka melihat pegunungan hijau diselimuti kabut. Lihatlah ke bawah tebing dan Anda akan menemukan hutan bersih penghasil oksigen yang memancarkan kesegaran. Hutan ini bernama Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda.

Dari gerbang depan hingga pendakian yang landai, deretan pohon pinus eksotis siap menemani Anda. Pepohonan yang menjulang tinggi dengan rindangnya menghalangi sinar matahari begitu indah. Cocok sebagai background foto dan penghias feed Instagram.

titik matahari terbit dan terbenam

Berlibur di dataran tinggi dengan alam yang asri rasanya belum lengkap tanpa melihat dua acara yang membuat Anda ingin kembali lagi. Apa lagi kalau bukan matahari terbit dan terbenam yang selalu menunjukkan warna jingganya memenuhi cakrawala. Sobat Djava akan melihat betapa mempesonanya sinar matahari saat mengintip dari balik puncak gunung yang tinggi. Sore hari Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dengan anggun di antara pegunungan.

Bahkan di malam hari Anda dapat menikmati pemandangan yang menenangkan dan mengesankan. Langit mungkin gelap, tetapi bintang-bintang yang tidak terhalang oleh polusi akan mulai terjadi. Pemandangan ini tentu jarang terlihat di langit ibu kota dan daerah yang dipenuhi polusi udara. Pemandangan kota tidak hanya bertabur bintang tapi juga akan mewarnai malam Anda saat berkemah di tebing Keraton Bandung.

Berburu foto di tebing Keraton Bandung

Bagi pecinta fotografi wajib mengunjungi tempat wisata ini. Sobat Djava tidak akan kecewa apalagi mati ketika melihat indahnya pemandangan yang disuguhkan. Memotret dengan latar belakang gunung, tebing, ngarai, dan langit bersama kabut menciptakan kesan yang layak untuk Instagram! Selain itu, hutan lebat yang terletak di bawahnya memiliki suasana seperti Amazon.

Beberapa spot foto juga tersedia bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen lebih baik lagi. Jangan lupa untuk mengambil foto saat matahari terbit dan terbenam juga, karena pemandangannya sangat epik. Jadi bawalah kamera terbaikmu saat mengunjungi tebing Keraton Bandung, oke!

Berkemah dan kegiatan menyenangkan lainnya

Bersantai di tengah alam yang hijau dapat membantu Anda kembali ke semangat hari esok. Melupakan semua tekanan meditasi dan udara segar adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan juga. Bersantai di tebing dan mengamati potret di sekitarnya adalah cara mudah untuk menyembuhkan.

Untuk menyatu dengan alam, cobalah bermalam di sana dengan mendirikan tenda. Anda dapat meminta izin kepada pengelola untuk menempati tempat perkemahan yang tersedia. Aktivitas yang tak kalah seru adalah bersepeda di jalur pendakian yang tentunya tidak memiliki medan yang mulus. Trek berbatu dengan pasang surut di Tebing Keraton Bandung akan menantang adrenalin Anda.

Juga terdapat patahan atau sesar pada titik ini yang panjangnya 29 km. Menurut Center for Earthquake Studies, patahan ini memiliki pergerakan 3-5,5 mm/tahun. Sesar Lembang merupakan tanda jika terjadi gempa. Informasi lengkap mengenai deklarasi tersebut akan didapatkan dari Sobat Djava disana sebagai sarana edukasi.

Fasilitas dan jam buka

Tebing Keraton Bandung memiliki beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan. Seperti toilet, mushola, spot foto, camping dan warung makan. Waktu operasional setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 4 sore WIB. Namun, wisata ini tetap buka 24 jam karena selalu ada wisatawan yang sering berkemah.

Biaya masuk dan lokasi

Berlibur di tempat wisata di Bandung ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Harga tiket masuknya hanya Rp 12.000 per orang. Tempat wisata ini terletak di Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198.

Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor agar bisa langsung menuju lokasi dan menghemat biaya. Jika menggunakan mobil, kendaraan hanya bisa diparkir di kawasan Tahura atau Dago Pakar. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki atau ojek dengan biaya sekitar 30-50 ribu sekali jalan. Bagi anda yang menggunakan sepeda motor bisa berkendara langsung menuju lokasi/puncak namun harus hati-hati karena jalannya berbatu.

Demikian beberapa informasi mengenai tempat wisata alam yang memenuhi tebing keraton bandung. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik dan pakaian hangat, serta berhati-hatilah saat bepergian. Ingatlah untuk menjaganya tetap bersih. Agar keindahan alam yang telah lama terbentuk tidak hilang melalui tangan-tangan kotor manusia. (Ris/Djava hari ini)

Source: djavatoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button