Tarian Bali, angklung dan rindik memukau masyarakat Jepang pada Hari Budaya Indonesia di Toride, Jepang - WisataHits
Jawa Barat

Tarian Bali, angklung dan rindik memukau masyarakat Jepang pada Hari Budaya Indonesia di Toride, Jepang

Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com – Duta Besar Republik Indonesia (Duta Besar Indonesia) untuk Jepang, Heri Akhmadi, membuka Festival Hari Budaya Indonesia di Toride yang merupakan kerjasama anggota Indonesia-Jepang, pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 di Toride, Prefektur Ibaraki , Jepang dari Perhimpunan Aktivis Kebudayaan Indonesia – Toride.

Ratusan diaspora Jepang dan Indonesia yang hadir sejak pagi tampak antusias mengikuti workshop Angklung, pagelaran gamelan dan berbagai tarian Indonesia, serta kesenian Genjek Bali yang terkait dengan tari Maumere bersama para peserta dan pendukung acara berakhir.

Pengunjung juga menikmati bazar yang memamerkan masakan Indonesia, kerajinan Indonesia dan promosi pariwisata Indonesia.


Dubes Heri yang hadir dalam sambutannya bersama Ibu Nuning Akhmadi memberikan apresiasi kepada Perhimpunan Pegiat Budaya Indonesia – Toride yang telah menyelenggarakan acara ini, yang merupakan bentuk nyata diplomasi seni dan budaya Indonesia di Jepang.


“Masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang juga berperan penting dalam menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang. Kegiatan hari ini, serta sejumlah perayaan Indonesia lainnya, menjadi jembatan yang baik menjelang perayaan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang 2023. Saya berharap acara serupa dengan skala yang lebih besar akan diadakan tahun depan ,” kata Dubes Heri yang didampingi koordinator fungsi informasi sosial budaya KBRI Tokyo, Meinarti Fauzie.


“Sejak awal tahun 2021, KBRI Tokyo telah mengadakan program Indonesia Friendship Day (IFD), program promosi perdagangan, pariwisata dan investasi (TTI) terpadu yang berlangsung di sejumlah kota besar di Jepang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada pemerintah dan masyarakat Jepang. Pada tahun 2023, program IFD akan diperluas dengan menggandeng kelompok diaspora, Friends of Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya pada Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD),” tambah Dubes Heri.


Ketua Panitia Indonesia Day in Toride Yulia Rosa menjelaskan acara ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan Indonesia-Jepang dengan mengenalkan langsung budaya tari dan alat musik gamelan, angklung, rindik dan khas Indonesia.


“Saya berharap orang Jepang akan lebih tertarik dengan budaya Indonesia dan ingin melakukan wisata ke Indonesia. Ini adalah acara pertama di Toride. Semoga bisa diadakan lebih besar dan semarak lagi kedepannya,” ujar Yulia Rosa.


Sejumlah pengisi acara pada acara ini adalah grup artis Duta Melati, grup Bli Bagus, Lagu Rakyat Akustik Indonesia dan grup Angklung Jawara Entertainment Indonesia (JEI) Bandung.

Source: elshinta.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button