Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya, cocok untuk rekreasi keluarga - WisataHits
Jawa Barat

Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya, cocok untuk rekreasi keluarga

Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya, cocok untuk rekreasi keluarga

Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya merupakan kawasan air terjun paling terkenal di kawasan Cikatomas. Selain keindahan alamnya yang indah, jalur trekking pun cukup mendukung wisatawan. Oleh karena itu, air terjun ini menjadi tujuan wisata yang populer bagi warga setempat untuk menampung rekreasi keluarga.

Air Terjun Cikoja terletak di Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Dari pusat kota Lake, wisatawan berkendara selama 2 jam. Setelah melewati Cikatomas Square, ambil rute ke Jalan Curug Koja.

Saat ini belum ada papan petunjuk di lokasi Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya. Namun ketika jalan setapak menyempit berupa bongkahan batu dan bebatuan serta terdapat gubuk-gubuk sederhana, maka kawasan air terjun semakin dekat. Ada juga warga di sekitar saung ini yang mengelola tempat parkir.

Baca juga: Air Terjun Arjuna Tasikmalaya, air terjun yang bersinar terang

Kelebihan Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya

Untuk memasuki kawasan air terjun, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk karena masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Untuk parkir kendaraan, wisatawan harus membayar Rp 5.000 per sepeda motor.

Jalur trekking dituangkan

Jalur trekking Taman Wisata Curug Cikoja dibuat lebih mudah bagi wisatawan untuk berjalan kaki karena terasa lebih ringan dan tidak berkelok-kelok.

Namun fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, wisatawan sebaiknya membawa perlengkapan dari rumah karena tidak ada penjual makanan di sekitar air terjun.

Kawasan air terjun ini bisa dikunjungi 24 jam sehari, namun sebaiknya datang pada pagi hari dan kembali sebelum matahari terbenam.

Pasalnya, fasilitas pendukung seperti paviliun dan bumi perkemahan belum ada, sehingga tidak memungkinkan untuk bermalam di tempat-tempat tersebut.

Baca juga: Pasir Kirisik Tasikmalaya, wisata alam dengan spot foto yang menarik

Namun ada beberapa hal menarik yang bisa kita lakukan, yaitu menjelajahi area sekitar air terjun dan berburu spot foto dengan pemandangan yang indah.

tubuh melompat dan memanjat

Wisatawan dapat melakukan body jumping dan panjat tebing di Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya. Ketinggian bebatuan air terjun menjadi arena pemanjatan yang menantang karena agak licin. Namun tantangannya menjadi lebih menarik karena pendaki bisa melihat air terjun dari dekat.

Di bawah jatuhnya air terjun terdapat kolam yang cukup lebar namun tidak terlalu dalam. Banyak wisatawan yang suka bermain air karena kolamnya jernih dan sejuk saat disentuh. Namun, kehati-hatian disarankan karena bebatuan di sekitar kolam juga cukup licin. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button