Tiang Listrik Runtuh di Lembang, PLN: Porositas Akibat Cuaca Ekstrem All - WisataHits
Jawa Barat

Tiang Listrik Runtuh di Lembang, PLN: Porositas Akibat Cuaca Ekstrem All

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membenarkan bahwa Selasa (8.2.2022) pukul 16.00 WIB tiang listrik roboh di Pasar Panorama Lembang Bandung.

Runtuhnya tiang listrik ini sempat viral di media sosial karena terjadi di tengah pasar dan ada satu korban dengan luka ringan dalam kejadian tersebut.

Salah satu akun media sosial yang mengunggah acara ini adalah akun Instagram Bandung.very.

Dalam video yang diunggah terlihat tiang listrik yang ambruk di tengah Marktstrasse. Namun, tiang listrik ini tampaknya tidak dialiri listrik karena seseorang secara tidak sengaja melompati rangkaian kabel listrik di jalan.

Baca Juga: PLN Dorong Investasi SPKLU di Jalur Utama dan Tempat Wisata Populer

Sebuah sepeda motor tertimpa tiang listrik. Menurut Pemilik Rekening, tiang listrik ini tiba-tiba ambruk, melukai pengendara sepeda motor dan merusak stand vendor.

“Untungnya, korban hanya mengalami luka ringan dan segera diberikan perawatan medis. Arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sudah tertata dan terjadi kemacetan,” tulis pemilik akun Instagram Bandung.banget, Rabu (3/8/2022).

Tiang listrik runtuh karena pori-pori

Humas PLN UP3 Cimahi Ridho Agung Nugraha mengatakan tiang listrik roboh karena terkorosi akibat cuaca yang tidak menentu belakangan ini.

Namun, dia memastikan bahwa tiang yang runtuh tidak lagi menerima daya karena itu adalah jaringan listrik yang tidak aktif.

“Dalam beberapa hari terakhir, terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim antara kondisi cuaca hujan, dingin, dan panas di Lembang dan sekitarnya, yang turut mempercepat proses korosi atau kehilangan komponen tiang logam,” katanya di dihubungi. Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Ia menjelaskan, setelah menerima laporan kejadian tersebut, PLN langsung memberangkatkan petugas teknis dan dibantu oleh petugas Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

PLN juga langsung berupaya mengurai kemacetan dan mengevakuasi tiang listrik yang ambruk di lokasi.

Namun, kejadian ini tidak mengakibatkan pemadaman listrik atau gangguan pada pasokan listrik di sekitar TKP.

Untuk itu PLN meminta maaf atas kejadian force majeure yang terjadi di sekitar Pasar Panorama Lembang, kata Ridho.

Baca juga: Harga BBM Tahan, Pemerintah Lunasi Hutang Pertamina dan PLN

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: money.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button