Rute ke Jalan Surya Kencana Bogor dari Stasiun Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Rute ke Jalan Surya Kencana Bogor dari Stasiun Bogor

Rute Menuju Jalan Surya Kencana Bogor, Photo Unsplash/Arya FerrariSalah satu tempat kuliner yang terkenal di Kota Bogor adalah Jalan Surya Kencana. Di kawasan tersebut terdapat banyak kuliner lezat yang wajib dicoba. Bagi anda yang datang kesana, pada artikel berikut ini kami akan membagikan informasi mengenai rute dari Stasiun Bogor menuju Jalan Surya Kencana Bogor.

Berdasarkan informasi dari majalah berjudul “Perancangan buku ilustrasi tentang Surya Kencana di Kota Bogor‘ oleh Gabriella (2022), Jalan Surya Kencana Bogor merupakan pusat komersial dan ruang kuliner yang populer. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini untuk wisata kuliner.

Rute ke Jalan Surya Kencana Bogor dari Stasiun Bogor

Rute Menuju Jalan Surya Kencana Bogor, Photo Unsplash/Febrian Adi Bagi anda yang ingin berkunjung ke Surya Kencana, silahkan lihat uraian dibawah ini untuk rute menuju Jalan Surya Kencana Bogor dari Stasiun Bogor.

Jarak dari Stasiun Bogor ke Jalan Surya Kencana cukup sempit, sekitar 2,4 kilometer. Anda bisa berjalan kaki 35 menit atau naik kendaraan online atau angkutan umum. Namun, jika Anda mengendarai kendaraan bermotor, Anda harus melewati jalan yang melewati Kebun Raya Bogor.

Jika naik kendaraan, Anda bisa menuju utara di Jalan Nyi Raja Permas dari Stasiun Bogor menuju Jalan Masjid Agung Bogor lalu belok kanan. Kemudian belok kiri ke Jalan Dewi Sartika.

Setelah 130 meter belok kanan ke Court Road. Kemudian belok kanan ke Jalan Gedong Sawah lalu belok kiri ke Jalan Arsitek F. Silaban. Setelah 120 meter, belok kiri ke Jalan Ir. H. Juanda.

Kemudian gunakan 2 jalur kanan untuk berbelok sedikit ke kanan untuk sampai ke Jalan Jalak Harupat setelah melewati Lapangan Sempur di sisi kiri jalan. Gunakan jalur mana saja untuk belok kanan ke Jalan Pajajaran.

Setelah itu belok kanan di Tugu Kujang menuju Jalan Otto Iskandinata. Tidak jauh dari sana, belok kiri setelah sekitar 750 meter ke Jalan Surya Kencana dan Anda telah sampai di tujuan.

Selain kendaraan online, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum seperti angkutan kota atau angkutan umum. Anda bisa naik angkot nomor 02 dan turun tepat di depan Jalan Surya Kencana.

Ada apa di Jalan Surya Kencana Bogor?

Di Jalan Surya Kencana Bogor Anda akan menemukan berbagai pedagang yang menjajakan dagangan kulinernya. Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya keturunan Tionghoa, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai makanan khas China serta berbagai makanan khas Bogor.

Beberapa kuliner yang bisa Anda coba di sini mulai dari Soto Kuning Bogor, Asinan Bogor, Bakso, Sate, Nasi Goreng hingga makanan khas lezat lainnya. Banyak menu non halal juga disajikan di sini. Jadi berhati-hatilah bagi sobat muslim jika ingin berwisata kuliner di Jalan Surya Kencana.

Hal lain yang bisa Anda temukan di sini adalah bangunan bersejarah yang berdiri di beberapa sudut jalan. Bangunan-bangunan ini bahkan termasuk bangunan yang dilindungi pemerintah. Ada juga pagoda, patung naga dan berbagai ornamen Cina menghiasi jalan.

Kisah Surya Kencana Bogor

Kutipan dari buku “100 peta tempat jajan dan makan di BogorLilly T. Erwin, (2013: 8), pada zaman Belanda Jalan Surya Kencana merupakan bagian dari Jalan Raya Pos yang dibangun oleh Gubernur Jenderal Daendels untuk menghubungkan Anyer dengan Panarukan untuk memobilisasi Tentara Hindia Timur Belanda.

Hingga tahun 1970-an, Jalan Surya Kencana yang dulu bernama Jalan Handelstraat dikenal sebagai kawasan Pecinan di Bogor. Banyak warga Tionghoa yang tinggal di jalan ini, termasuk beberapa jalan terdekat seperti Jalan Roda dan Jalan Padasuka.

Daerah ini juga telah menjadi pusat perekonomian di Bogor selama berabad-abad. Hiruk pikuk transaksi jual beli dilakukan di Pasar Baroe yang terletak di sekitar Jalan Surya Kencana.

Demikian informasi tentang rute menuju Jalan Surya Kencana Bogor lengkap dengan sejarah dan apa saja yang ada disana. Semoga informasi ini dapat membantu anda yang akan berkunjung ke jalan. (Bilangan prima)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button