Rekomendasi pilihan desa liburan di Garut, cocok untuk liburan keluarga - WisataHits
Jawa Barat

Rekomendasi pilihan desa liburan di Garut, cocok untuk liburan keluarga

Kekayaan alam Garut sangat melimpah. Hampir setiap daerah memiliki pariwisata yang bisa dikembangkan. Desa adalah salah satunya. Banyak desa di Garut yang kemudian dikembangkan menjadi desa wisata karena menawarkan peluang yang besar. Apa saja desa wisata di Garut? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Desa Wisata Saung Ciburial

Ciburial.jpg

Dibuka untuk umum sejak tahun 2013 dan diresmikan oleh gubernur Jawa Barat, desa wisata ini berhasil menarik perhatian warga. Gubernur Jawa Barat menjadikan Desa Wisata Saung Ciburial sebagai pusat pencanangan program One Village One Company (OVOC), dengan mempertimbangkan keberhasilan kegiatan desa wisata dan menggalakkan kegiatan ekonomi kreatif bagi warga untuk meningkatkan kesejahteraan penunjang masyarakat.

Mengusung tema wisata edukasi, desa ini tidak hanya menawarkan pemandangan, wisatawan dapat menikmati kearifan lokal di Garut yang sarat dengan berbagai potensi budaya, sosial, alam dan ekonomi.

Desa Wisata Saung Ciburial juga menawarkan homestay jika Anda ingin bermalam. Saung Ciburial Village menjadi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi dan wajib masuk list kamu saat ke Garut, kan!

2. Desa Wisata Mulakeudeu

mulakeudeu.jpg

Kekayaan alam yang kaya dengan sejarah dan desa pendidikan menjadi daya tarik utama Desa Wisata Mulakeudeu. Memiliki luas sekitar 6 hektar dengan sebaran di ujung barat sentra kerajinan Bambu Mini Craf dan di tengah desa terdapat Kelompok UMKM Pengolahan Singkong Renggining.

Masyarakat desa menyadari potensi besar yang dimiliki untuk menjadi desa wisata sehingga masyarakat desa dapat berpartisipasi dalam pembangunan desa Mulakeudeu. Memiliki 9 tempat wisata seperti Wisata Budaya Ngawuwuh, Wisata Religi Makam Waliyullah Eyang Mulahaji Sunan Rohmatullah, Wisata Kuliner Liweut Reumeuy Kacang Gambeut, Wisata Camping Religi, Wisata Air Kolam Renang Middle Garden, Wisata Agro Petik Jeruk, Wisata Taman Quran, Wisata Edukasi dan Sekolah Alam.

3. Desa Wisata Sindangkasih

Sindangkasih.jpg

Suasana pedesaan bisa Anda nikmati sambil bermain river tubing di Desa Wisata Sindangkasih. Menghadirkan keindahan alam yang masih asri dan bebas polusi. Desa Wisata Sindangkasih sangat cocok bagi anda yang menyukai fotografi karena terdapat banyak spot foto yang estetis dengan pemandangan yang indah.

Jika Anda merasa lelah setelah melakukan river tubing, Anda bisa menikmati sebungkus nasi timbel di tepi sungai sambil menikmati karoke yang dibanderol dengan harga Rp 20.000/jam. Selain itu, daya tarik desa wisata ini adalah Kereta Lembur, Gua Warisan Bankir Hindia Belanda/Bankir dengan seni budaya Calung, Jaipong, Silat, Marawis serta wisata kuliner seperti pembuatan gula dan umbi-umbian Bojongla.

4. Desa Wisata Situ Cangkuang

Cangkuang.jpg

Desa Situ Cangkuang memiliki sejarah yang panjang sejak zaman kerajaan Hindu. Pada tahun 2021 desa ini diresmikan sebagai desa wisata. Meski baru berumur satu tahun, keindahan Desa Wisata Situ Cangkuang tak kalah menarik. Desa yang bernuansa alam dengan kearifan lokal ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan. Ada Village Park yang berkonsep kekinian dengan spot foto yang menarik dan instagramable.

Situ Cangkuang yang dikelola oleh desa tidak kalah menarik, Anda bisa menikmatinya dengan menaiki rakit atau perahu naga dan angsa. Pencinta sejarah juga dapat mempelajari sejarah Candi Cangkuang dan Rumah Adat Kampung Pulo yang terletak di Cagar Budaya Candi Cangkuang. Desa Wisata Situ Cangkuang, kamu harus berlangganan daftar untuk berkunjung, ya!

5. Desa Wisata Linggaratu

Linggaratu.png

Jika Anda suka berpetualang dan mencari tempat wisata di dekat pusat Kota Garut, Desa Wisata Linggaratu adalah jawabannya. Meski dekat dengan pusat kota, pemandangannya sangat indah. Ada deretan bebatuan cantik berusia sepuluh abad yang berpadu apik dengan keindahan alam Hutan Linggaratu. Selain itu, Desa Wisata Linggaratu merupakan objek wisata religi di Kabupaten Garut.

Ada makam leluhur Raja Kingking, salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam, sehingga banyak peziarah datang ke desa ini. Kedepannya, berbagai fasilitas lain seperti camping ground, hiking dan wisata lainnya akan dibangun untuk menarik banyak pengunjung.

6. Desa Wisata Samida

Samida.jpg

Keunikan kerajinan bambu menjadi daya tarik Desa Wisata Samida. Hotel ini terletak di distrik Selaawi, penghasil produk bambu terkenal di pulau Jawa. Jika Anda ingin melihat proses pembuatan aneka kerajinan bambu, Anda bisa merasakannya di sini. Di Desa Wisata Samida, Anda bisa menghabiskan waktu seharian belajar tentang kehidupan warga yang sarat akan kearifan lokal.

Nah, inilah desa wisata tempat Anda bisa menghirup udara segar dan bersantai. Coba desa wisata mana yang ingin kamu kunjungi?

Source: infogarut.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button