Pusat Informasi Turis dari Kastil Dunia yang Hilang - WisataHits
Yogyakarta

Pusat Informasi Turis dari Kastil Dunia yang Hilang

Tak perlu diragukan lagi ketenaran Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pusat budaya dan pariwisata. Mulai dari mengunjungi bangunan bersejarah seperti Candi Prambanan hingga berjalan-jalan di lereng Gunung Merapi, semuanya bisa dilakukan di Yogyakarta.

Berbicara tentang wisata petualangan di Gunung Merapi, tidak jauh dari kawasan ini terdapat wahana wisata menarik bernama The Lost World Castle. Seperti namanya, pengunjung yang datang ke sini disuguhi pemandangan indah dan bangunan menarik seperti di negeri dongeng.

Penasaran kan? Yuk, kita bahas bersama kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di The Lost World Castle.

1. Latar Belakang Kastil Dunia yang Hilang

Informasi Turis The Lost World Castle: Lokasi, Aktivitas, dan TipsKastil Dunia yang Hilang (instagram.com/daisy.diary23)

Berdiri sejak tahun 2016, wahana wisata ini terletak sekitar 6 km dari puncak Gunung Merapi. Dirangkum dari berbagai sumber, The Lost World Castle dibangun untuk mengenang pemukiman penduduk yang hancur akibat letusan Gunung Merapi pada tahun 2010.

Pendirian wahana wisata ini juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian di kawasan Desa Kepuharjo yang sebelumnya terkena dampak erupsi Merapi 2006 silam.

2. Lokasi dan Akses ke The Lost World Castle

Informasi Turis The Lost World Castle: Lokasi, Aktivitas, dan TipsPresentasi petunjuk arah (unsplash.com/Isaac Mehegan)

Lost World Castle terletak di Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kendaraan ini dari pusat kota Yogyakarta adalah 1 jam dengan mobil. Namun, karena kemacetan lalu lintas, waktu perjalanan dapat berubah.

Pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi seperti sepeda motor, mobil atau bus untuk mengunjungi The Lost World Castle. Kemudian cara tercepat menuju tempat ini adalah melalui Jalan Kaliurang.

Baca Juga: 9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk Liburan

3. Informasi harga dan jam operasional

Informasi Turis The Lost World Castle: Lokasi, Aktivitas, dan TipsTiket Masuk Lost World Castle (instagram.com/yemimatheologi_)

Lost World Castle buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore. Estimasi tiket masuk wahana ini adalah Rp 30.000 per orang dan biaya parkir berkisar antara Rp 5.000 hingga 25.000.

Ada beberapa atraksi dan fasilitas di wahana yang dikenakan biaya tambahan. Berikut contoh perkiraan harga atraksi dan fasilitas di The Lost World Castle:

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

  • Biaya pembalasan untuk memasuki kawasan Kaliadem: Rp 10.000 per orang.
  • Atraksi Gledekan: Rp 10.000
  • Menonton Film 9D: Rp 25.000.
  • Rumah Hobbit dan Rumah Jamur: Rp 20.000
  • Stonehenge: Rp20.000
  • Sewa kostum: Rp 25.000
  • Spot Foto Balon Udara: Rp 10.000
  • Toilet umum: Rp 2.000

4. Aktivitas Menarik di The Lost World Castle

Informasi Turis The Lost World Castle: Lokasi, Aktivitas, dan TipsRainbow Arch di The Lost World Castle (instagram.com/thelostworldcastle)

Di dalam Lost World Castle terdapat berbagai bangunan dengan tema unik seperti benteng, rumah hobbit atau miniatur bangunan terkenal dari negara lain seperti Da Nang Golden Bridge dan Stonehenge.

Atraksi yang terkenal di wahana ini adalah Gledekan, dimana pengunjung akan menaiki kereta api yang menyerupai Go Karto yang memiliki tiga roda disertai dengan dua pegangan kemudi kiri dan kanan. Pengunjung bisa balapan bersama teman atau keluarga menggunakan Gledekan sambil berkendara melewati miniatur bangunan seperti benteng dan tembok.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa kostum dan foto di Sakura Park. Tempat wisata terkenal lainnya yang patut dikunjungi adalah:

  • Miniatur Colosseum Roma
  • area seni 3D
  • Miniatur Stonehenge
  • rumah India
  • perahu bajak laut
  • rumah pohon
  • rumah hobbit dan rumah jamur
  • Miniatur Tembok Besar China
  • Gerbang Pelangi atau Tanah Di Atas Awan
  • Spot foto dengan balon udara
  • dinosaurus

5. Tips penting lainnya

Informasi Turis The Lost World Castle: Lokasi, Aktivitas, dan TipsRumah pohon di The Lost World Castle (instagram.com/sintadias23)

Pengunjung yang datang dengan anak-anak harus memperhatikan dan/atau memegang tangan anak saat berjalan-jalan. Ini karena ada beberapa area di perjalanan yang curam.

Pengunjung juga disarankan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat mengunjungi objek wisata ini. Waktu yang tepat untuk jalan-jalan adalah di pagi hari karena tidak terlalu panas dan Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, beberapa atraksi dan fasilitas umum memerlukan biaya tambahan, sehingga lebih baik menyiapkan anggaran lebih. Maka tidak ada salahnya membawa uang tunai untuk melewati keterbatasan kemampuan dompet digital dan layanan kartu kredit.

Ini adalah informasi wisata tentang Lost World Castle yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Objek wisata ini cocok untuk pengunjung dari segala usia. Namun jangan lupa gunakan protokol kesehatan dan kebersihan saat berkunjung ke The Lost World Castle.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button