Pameran Pariwisata dan Industri Kreatif Nusantara, Upaya Disparta Kota Batu Genjot Sektor Pariwisata Pascapandemi - WisataHits
Jawa Timur

Pameran Pariwisata dan Industri Kreatif Nusantara, Upaya Disparta Kota Batu Genjot Sektor Pariwisata Pascapandemi

Walikota Batu Dewanti Rumpoko meresmikan Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022 yang diselenggarakan pada 25-27 Agustus di halaman Balai Kota Among Tani. Acara ini digagas oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. (MVoice/Pemerintah Kota Batu).

SUARA WARNA – Kota Batu bertekad mengembalikan sektor pariwisata yang menjadi tulang punggung perekonomian. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan agar sektor pariwisata di Kota Batu tetap aktif pasca dampak pandemi Covid-19.

Salah satunya menggelar Expo Wisata Nusantara dan Ekonomi Kreatif di Balai Kota Among Tani Kota Batu pada 25-27 Agustus mendatang. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko membuka acara yang diikuti 75 peserta yang terdiri dari perwakilan beberapa pemerintah daerah, BUMN, serta pemangku kepentingan pariwisata dan UMKM.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini antara lain pameran produk pariwisata lokal, produk industri kreatif, festival kuliner Food Street Nusantara, gelar budaya, pameran virtual dan live YouTube promotion untuk pariwisata Nusantara. Juga digelar Forum Wisata Nusantara, Fashion di Jalan Ekonomi Kreatif Kota Batu dan Batu Great Sale.

Pameran Pariwisata dan Industri Kreatif Nusantara diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu untuk mempromosikan secara komprehensif seluruh komponen potensi pariwisata Kota Batu. (MVoice/Pemerintah Kota Batu).

Baca juga : Disparta Kota Batu Gelar Expo Pariwisata dan Industri Kreatif Nusantara pada 25-27 Agustus

“Intinya Disparta Kota Batu ingin mengembalikan pariwisata melalui event seperti ini. Sehingga wisatawan dapat kembali percaya diri untuk berkunjung ke Kota Batu yang menawarkan kegiatan wisata yang aman dan nyaman pascapandemi,” kata Arief As Siddiq, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu (Kamis, 25,8).

Arief menambahkan, Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara juga merupakan rangkaian perayaan HUT RI ke-77. Acara ini dijadikan sebagai program rutin tahunan untuk mempromosikan secara menyeluruh seluruh komponen pariwisata di Kota Batu, mulai dari sektor pariwisata, industri kreatif, seni budaya tradisional dan produk UMKM.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq.

Baca juga : Expo Wisata Kota Batu 2021, diharapkan menjadi mesin ekonomi masyarakat

“Misalnya big sale yang terjadi saat pameran. Penjualan yang bagus dapat membantu pemangku kepentingan pariwisata seperti B. Pelayanan akomodasi hotel, stakeholder destinasi wisata akan memberikan promosi yang menarik untuk menarik minat wisatawan. Karena ada diskon besar-besaran, seperti tarif kamar hotel yang lebih murah hingga 50 persen,” kata Arief.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa Archipelago Tourism and Economic Expo 2022 merupakan salah satu langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kota Batu.

Baca juga : “Sangat SIP” Disparta Kota Batu Dinobatkan ke Synovik Kemenpan RB Top 45

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan produk ekonomi kreatif dan potensial dari berbagai daerah dapat lebih dikenal masyarakat luas dan meningkatkan minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Batu.

“Pemerintah akan terus mendukung para pelaku industri kreatif agar tetap semangat dan terus meningkatkan kualitas produknya, karena jika dikembangkan dengan baik akan meningkatkan nilai ekonomi mereka,” kata Dewanti.

Source: malangvoice.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button