5 danau mengerikan di puncak gunung di Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

5 danau mengerikan di puncak gunung di Indonesia

Kamis, 8 September 2022 – 22:28 WIB

PITA – Ada beberapa danau angker di puncak gunung yang mungkin belum Anda ketahui. Selain keindahan panorama alam yang begitu mempesona, beberapa gunung di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Tidak hanya hutan belantara tetapi beberapa gunung dikenal memiliki danau yang sangat indah.

Namun di balik keindahannya, beberapa di antaranya dianggap cukup horor. Masyarakat sekitar mempercayai cerita mistis terkait danau-danau tersebut. Bahkan, cerita itu diyakini akhirnya diturunkan ke generasi berikutnya. Nah, berikut ini akun lengkap danau angker di puncak gunung yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Danau Haberna

Danau angker pertama di puncak gunung ada di Gunung Trikora, Papua. Danau ini sangat kaya akan cerita mistis. Bahkan, banyak yang mengatakan sering mendengar suara tangisan anak di waktu-waktu tertentu. Dikatakan bahwa bocah lelaki itu dikutuk karena melanggar adat istiadat setempat.

2. Ranu Kumbolo

Bagi pecinta gunung, Ranu Kumbolo mungkin terdengar asing. Danau angker di puncak gunung ini berada di Gunung Semeru atau biasa disebut Mahameru. Ranu Kumbolo memiliki cerita mistis yang berhubungan dengan seorang dewi di danau. Dia suka menunjukkan dirinya di tengah danau.

Biasanya, kehadiran sang dewi selalu disertai kabut putih di tengah danau. Selain kisah dewi penjaga telaga, ada juga kisah keberadaan pocong yang kerap muncul. Pocong sering membuat takut pendaki. Tak heran Ranu Kumbolo menjadi salah satu danau yang paling angker.

3. Danau Tiga Warna

Danau tiga warna ini memiliki keunikan tersendiri seperti namanya yang memiliki tiga warna di airnya. Terletak di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Warna air di danau ini sering berubah-ubah. Penduduk setempat percaya bahwa setiap warna yang muncul di danau ini dihuni oleh arwah orang mati.

4. Danau Segara Anak

Danau yang menempati posisi keempat sebagai danau angker di puncak gunung adalah Danau Segara Anak. Lokasinya berada di atas Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Rumor mengatakan bahwa danau ini dihuni oleh bentuk hantu yang menunggu. Konon ada gua di sekitar danau ini yang tidak boleh dijelajahi oleh pendaki karena alasan keamanan.

5. Danau Ziharus

Menurut kepercayaan penduduk setempat, danau ini memiliki sejarah yang misterius. Penduduk setempat percaya bahwa ada banyak roh yang menunggu untuk memerintah di sana. Danau Ciharu terletak di Gunung Rakutak, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Danau yang satu ini juga sering disebut sebagai kembaran Ranu Kumbolo karena banyak kemiripannya. Namun, ada beberapa jenius yang sering menunjukkan diri kepada pengunjung. Biasanya hantu muncul kepada orang-orang yang melakukan perbuatan tidak senonoh.(dra)

Source: bandung.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button