Polri memastikan perayaan Tahun Baru 2023 berjalan aman - WisataHits
Jawa Tengah

Polri memastikan perayaan Tahun Baru 2023 berjalan aman

Polri memastikan perayaan Tahun Baru 2023 berjalan aman

Merdeka.com – Polri memastikan perayaan Tahun Baru 2023 yang digelar di berbagai daerah di Indonesia berjalan lancar. Hal itu berdasarkan hasil analisis dan evaluasi (Anev) yang dilakukan jajaran. POLISI.

“Sejak temuan Anev hingga pagi ini, seluruh wilayah Indonesia berada dalam situasi kondusif bagi Kamtibmas saat perayaan malam pergantian tahun dan perayaan di hari Minggu,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan. Senin (2/1).

Artikel media Taboola

Menurut Dedi, pihaknya bisa mengendalikan kemacetan lalu lintas di berbagai daerah. Termasuk juga dukungan langsung dalam menangani daerah yang terkena bencana alam.

“Meski jalur pulang padat, tapi bisa dikendalikan dengan baik. Beberapa daerah yang pernah terjadi banjir seperti di Jawa Tengah juga sudah dibenahi,” kata Dedi.

Jumlah kendaraan yang memasuki kawasan Kabupaten Puncak, Bogor, Jawa Barat pada dinamika Tahun Baru 2023 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pada perayaan tahun baru ini, jumlah kendaraan yang masuk ke Puncak, menurut pantauan kami turun 20 persen dibanding tahun lalu,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Posko Pelayanan Terpadu Gadog, Ciawi, Bogor, Minggu (1/1). / 2023).

2 dari 3 halaman

Menurutnya, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan jumlah masyarakat yang mengisi liburan tahun baru di kawasan Puncak tidak sebanyak periode sebelumnya, salah satunya kemungkinan cuaca ekstrim.

“Mungkin karena kami juga melakukan imbauan dan menyampaikan berbagai informasi, cuaca juga cukup ekstrim sehingga masyarakat tidak bisa ke Puncak,” kata Iman seperti dikutip Antara.

Ia pun menduga saat ini wisatawan tidak hanya fokus berlibur di kawasan Puncak Bogor. Pasalnya, Kabupaten Bogor kini memiliki banyak destinasi wisata di wilayah lain.

“Beberapa tempat wisata baru juga tersebar di kawasan Sentul, Bogor Barat, dan Bogor Timur. Jika dilihat dari pengawasan seluruh pegawai di jalur Puncak, kendaraan roda dua dan roda empat masih bisa melaju di atas 30 kilometer per jam. ” dia berkata.

Lalu lintas terpantau ramai di sepanjang jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada malam terakhir liburan Tahun Baru 2023, Minggu.

3 dari 3 halaman

Pantauan di jalur Puncak Bogor, tidak ada kepadatan kendaraan setelah Polres Bogor kembali menormalkan arus kendaraan dari satu arah atau satu arah menuju Jakarta.

Pukul 20.30 WIB, antrean kendaraan menuju Jakarta dari Pasir Angin Junction hingga Gadog Junction, Ciawi hanya sedikit.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana dari Posko Gadog mengatakan, pihaknya memperkenalkan jalur satu arah menuju Jakarta dari pukul 12.00 WIB hingga 17.20 WIB.

Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengalirkan lalu lintas kendaraan di jalur Puncak pada hari terakhir libur tahun baru 2023.

“Dulu antrean kendaraan menunggu puncak, menunggu jalur normal kembali. Tapi sekarang sudah mulai terurai, bergerak lagi dan tidak ada antrean,” kata Ketut.

Meski demikian, Satlantas Polres Bogor akan menyiagakan personel di tempat-tempat rawan kemacetan hingga Senin (2-1).

“Kami berharap bisa menurunkan petugas di lokasi rawan kemacetan seperti Pasir Muncang, Megamending, dan Pasar Cisarua. Kami berharap masyarakat yang masih menikmati jalur Puncak bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Menurut dia, hingga Minggu pagi, pihaknya masih menemukan ada 18.000 kendaraan wisata di jalur Puncak, namun ribuan kendaraan tersebut sudah kembali ke Jakarta selama operasi satu arah dari siang hingga malam hari.

“Dulu kami perkirakan lebih dari 18.000 kendaraan yang masuk Tol Jagorawi untuk perjalanan keluar. Untuk angka sebenarnya, kami sedang menunggu data dari Tol Jagorawi,” ujar Ketut.

Reporter: Nanda Perdana

Sumber: Liputan6.com

(mdk/eko)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button