Pesona Eksotis Set Pantai 'Lidah' Sejile di Gunung Baluran wajib dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

Pesona Eksotis Set Pantai ‘Lidah’ Sejile di Gunung Baluran wajib dikunjungi

situbondo

Namanya Pantai Sejile, kawasan wisata eksotis ini terletak di Situbondo, Jawa Timur. Perpaduan panorama pantai berpasir putih dan hutan patut untuk dikunjungi. Seperti apa kelihatannya?

Dalam bahasa setempat, Sejile berarti lidah. Ini mengacu pada lokasi pantai yang mencuat seperti lidah.

Saat air laut surut, muncul daratan berpasir putih, menjorok ke tengah teluk. Lebarnya sekitar 10 meter, dengan panjang 30 meter seperti lidah. Itulah mengapa pantai ini disebut Sejile atau Si Lidah.

Bukan hanya pasir putih. Ombak di Teluk Tosca yang hijau ini juga mengalir dengan tenang, nyaris tanpa ombak. Tidak terlalu dalam juga. Sangat cocok untuk berenang dan wisata air seperti kano, kayak bahkan jet ski.

Tidak hanya itu, vegetasi di kawasan zona pemanfaatan Taman Nasional Baluran juga beragam dan masih alami. Di beberapa bagian pantai juga terdapat vegetasi mangrove dengan fauna yang beragam.

Pantai Sejile SitubondoFasilitas jet ski di Pantai Sejile Situbondo (Foto: Chuck Shatu Widarsa/detikJatim)

Dengan latar belakang Gunung Baluran yang tampak biru dari kejauhan, Pantai Sejile begitu indah. Namun, akses menuju kawasan di dalam Taman Nasional Baluran masih relatif sulit. Pasalnya, infrastruktur yang ada belum memadai.

Untuk menuju kawasan ini, pengunjung harus menempuh jarak kurang lebih 9-10 km melalui hutan di kawasan Taman Nasional Baluran. Jalan masih berbatu dan harus melintasi beberapa anak sungai.

Namun bagi para pecinta alam terbuka dan petualangan, medan untuk menuju kawasan pantai ini memiliki tantangan tersendiri. Karena bisa memacu adrenalin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button