Pertama di Indonesia! Kementerian PUPR membangun jembatan gantung kaca terpanjang dan memicu adrenalin - WisataHits
Jawa Tengah

Pertama di Indonesia! Kementerian PUPR membangun jembatan gantung kaca terpanjang dan memicu adrenalin

(Foto Twitter oleh Kementerian Pekerjaan Umum)

SIGIJATENG.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia baru-baru ini menerbitkan proyek baru yaitu membangun jembatan kaca terpanjang di Indonesia.

Jembatan kaca ini terletak di Seruni Point, Probolinggo, Jawa Timur. Bagi kamu yang suka memacu adrenalin, melintasi jembatan ini wajib banget. Namun, kapan tepatnya jembatan ini akan diresmikan agar bisa digunakan masyarakat belum diumumkan Kementerian PUPR.

Jembatan berlantai kaca ini membentang di ngarai sedalam 80-100 m. Jadi Anda bisa langsung melihat ke dalam jurang di bawah ini. Bukankah itu bagus?

Jembatan berkapasitas 100 orang sekaligus ini memiliki panjang 120 meter, lebar 1,8 meter, dan lebar 3 meter di bagian tengah jembatan. Anda tidak perlu khawatir. Meski terbuat dari kaca, jembatan ini sangat aman!

Sistem struktur dek lantai atau jembatan adalah kaca laminasi yang terdiri dari setidaknya dua panel kaca. Panel kaca ini direkatkan dengan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer) dengan ketebalan total 25,55 milimeter.

Tentunya jembatan ini dibangun dengan perhitungan perencanaan yang matang sesuai standar yang berlaku. Agar jembatan ini dapat berfungsi dengan aman bagi wisatawan, juga dilakukan prosedur uji laboratorium.

Struktur jembatan memiliki baja pelindung ganda berupa baja galvanis yang dilapisi dengan cat epoxy agar lebih tahan karat. Jembatan yang dibangun dengan metode kabel gantung ini mulai dibangun pada akhir September 2021 dan kini telah selesai.

Jembatan ini dibangun untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata. Harapannya, dengan adanya jembatan unik ini, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Ayo rencanakan perjalananmu di sini!

Seruni Point sendiri tempat dibangunnya jembatan ini merupakan tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya mentari pagi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Puncak Seruni Point di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo ini berada di kawasan yang sama dengan Gunung Bromo.

Puncak Seruni Point tidak hanya dilengkapi dengan menara observasi, tetapi juga dengan 256 anak tangga. Berjalan melalui tangga seperti berjalan melalui tangga di Tembok Besar China.

(Achida)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button