Perjalanan ke Petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Perjalanan ke Petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pajajaran, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bagi wisatawan yang suka berwisata dalam suasana religi dan ingin menikmati sejarah Majalengka, ada tempat wisata yang membuat ingin berwisata ke tempat religi dan sarat akan sejarah. Wisata tersebut adalah kunjungan ke petilasan Brabu Siliwangi di kaki Gunung Ciremai.

Prabu Siliwangi dikenal sebagai raja dengan kepemimpinan terbesar, yang pernah memerintah kerajaan Padjajaran. Tempat ini mulai dijadikan sebagai tempat wisata yang dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah. Tidak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk berziarah ke makam Prabu Siliwangi.

Di sana Anda bisa menikmati suasana yang penuh religi dan sarat akan sejarah. Selain itu, pemandangan yang disajikan cukup rindang dan asri. Banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar tempat wisata. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik dengan tempat ini.

Sekilas tentang Petilasan Prabu Siliwangi

Tentang Petilasan Prabu SiliwangiKredit gambar: Google Maps negara kita sendiri

Petilasan Prabu Siliwangi terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Udara segar khas pegunungan bisa Anda rasakan saat berada di Petilasan ini. Meski tempatnya terlihat seperti, namun memberikan nuansa mistis.

Petisian ini mulai dikelola pada tahun 1990 oleh kelompok penggerak wisata sebagai objek wisata dan hutan lindung. Petilasan yang memiliki luas 3 hektar ini dikelola dengan baik oleh warga dan manajemen.

Peninggalan peninggalan Prabu Siliwangi sangat dijaga oleh penduduk desa setempat. Segala sesuatu yang berhubungan dengan peninggalan Prabu Siliwangi dianggap sangat sakral oleh masyarakat Sunda. Semua karena Prabu Siliwangi adalah raja yang paling berpengaruh di masa puncaknya.

Pusat tempat wisata di Petilasan Prabu Siliwangi adalah makam beliau. Dimana makamnya dihias sehingga menjadi tempat ziarah bagi para pengunjung. Ziarah mereka memiliki tujuan tersendiri, terkadang ada yang berniat berobat, membuat permohonan bahkan bersemedi di makam Prabu Siliwangi.

Hal yang Dapat Dilakukan di Petilasan Prabu Siliwangi

Atraksi Petilasan Prabu SiliwangiKredit gambar: Kontribusi Google Maps oleh Obyek Wisata Alam Prabu Siliwangi

1. Danau Emas

Di Petilasan Prabu Siliwangi terdapat dua buah telaga yang airnya dianggap keramat dan membawa berkah oleh masyarakat Sunda dan wisatawan. Yang pertama adalah Telaga Emas, di telaga ini pengunjung biasanya menyempatkan diri untuk mandi dan mengambil air dari mata airnya pulang.

Telaga Emas juga dikenal sebagai Pancuran Malaikat. Disebut demikian karena orang Sunda percaya bahwa telaga emas ini adalah tempat mandi para bidadari yang turun dari surga. Di area Danau Emas ini, Anda akan mencium aroma kental bunga dan dupa yang disajikan di dekatnya.

Jika Anda ingin berenang di Danau Emas ini, Anda harus meminta izin kepada penjaga yang menjaga Danau Emas. Karena tempat tersebut sangat sakral, maka tidak boleh ada orang yang mandi tanpa seizin wali.

2. Danau Pancuran

Untuk telaga kedua yaitu Telaga Pancuran, untuk mandi di telaga ini juga perlu meminta izin kepada penjaga yang menjaga Telaga Pancuran. Lokasi air mancur ini adalah tempat makam Prabu Siliwangi berada.

Jika beruntung, di belakang lokasi makam Prabu Siliwangi adalah Bambu Soekarno. Bambu ini dikatakan abadi, bahkan jika mati mereka akan tumbuh kembali, jadi ketika Anda mati, Anda tumbuh kembali. Sayangnya untuk Bambu Soekarno belum diterbitkan ulang oleh manajemen.

Konon jika Bambu Soekarno masih diterbitkan, akan banyak orang tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai keturunan Soekarno dan mengambil bambu. Jika Anda beruntung, ini adalah kesempatan yang sangat langka.

3. Situ Beber dan Situ Cipadung

Atraksi yang diadakan oleh Petilasan Prabu SiliwangiKredit gambar: Google Maps fahril husaen

Atraksi lain di Alun-alun Petilasan Prabu Siliwangi adalah dua buah telaga. Pertama ada Situ Beber, suasana di Situ Beber membuat pengunjung yang datang ke sana bersemangat untuk terjun. Karena airnya yang sangat jernih dan sejuk membuat pengunjung ingin berlama-lama di dalam air.

Di Situ Beber selain anda bisa berenang, anda juga bisa bermain dengan ikan-ikan yang dipelihara disana. Jenis ikan yang dipelihara adalah jenis ikan hikue yang dianggap sebagai ikan sial saat dipegang. Sayangnya, orang-orang saat ini tidak pernah memperhatikannya dan masih melekat padanya.

Situ Cipadung yang letaknya agak jauh dari Situ Beber ini terletak di gerbang masuk Petilasan Prabu Siliwangi. Jika Anda berlibur ke Petiasan, situs yang pertama kali akan Anda lihat adalah Situ Cipadung. Tempatnya relatif lebih dekat, banyak anak muda yang santai-santai.

Di Situ Cipadung terdapat Sumur Kemuliaan dan Petilasan Buyut Arjuna yang letaknya tidak jauh dari Situ Cipadung. Di Sumur Kemuliaan, diyakini bahwa air di sumur tidak akan pernah habis, bahkan di musim kemarau.

Selain wisata alam di dekat Situ Cipadung, wisata buatan juga ditawarkan seperti kolam renang, Flying Fox, camping ground, panahan dan kereta permainan.The Flying Fox sendiri tidak hanya buka saat hari libur saja. Sedangkan bumi perkemahan adalah untuk sekolah yang ingin mengadakan acara perkemahan di lokasi ini.

4. Area Hutang Dilindungi

Kawasan hutan lindung yang terletak di Petilasan Prabu Siliwangi menjadi daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Majalengka. Hati-hati dengan barang bawaan Anda jika memasuki kawasan hutan lindung ini. Karena ada banyak monyet yang suka menembak apa yang mereka lihat.

5. Sumur Tujuh

Di Petilasan Prabu Siliwangi juga terdapat tujuh sumur yang tak kalah keramatnya. Disebut sumur tujuh karena di Sumatera Utara terdapat tujuh mata air dan dibuat dari sumur yang terpisah. Konon di sumur tujuh ini memiliki sejarah tersendiri. Sehingga banyak pengunjung yang penasaran dan datang ke Petilasan.

Harga tiket masuk Petilasan dari Prabu Siliwangi

Harga Tiket Petilasan Prabu SiliwangiKredit gambar: Google Maps Anwar Sanusi

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Petilasan ini akan dikenakan biaya masuk dan biaya parkir. Harga tiketnya sendiri akan berbeda jika memasuki musim liburan. Di hari biasa Anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 untuk anak-anak, Rp 17.000 untuk dewasa. Di akhir pekan, Rp 18.000 untuk anak-anak, Rp 20.000 untuk dewasa. Musim liburan dikenakan biaya Rp 20.000 untuk anak-anak dan Rp 22.000 untuk dewasa.

Jam bukanya mulai pukul 06:00 hingga 18:00. Sedikit informasi harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah tergantung keadaan dan sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata

Berikut beberapa tempat wisata yang terdapat di Petilasan Prabu Siliwangi di kaki Gunung Ciremai. Semoga dengan berwisata ke Petilasan Prabu Siliwangi Square akan menyadarkan kita betapa pentingnya sejarah bagi kita. Terutama sejarah membangun Indonesia sejak kemerdekaan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button