Pemprov Jabar terus berupaya menambah SPBU untuk kendaraan listrik - WisataHits
Jawa Barat

Pemprov Jabar terus berupaya menambah SPBU untuk kendaraan listrik

Wartawan TribunJabar.id Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Ai Saadiyah Dwidaningsih, Kepala Biro Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Provinsi Jawa Barat, mengatakan: Jabar terus berupaya membangun stasiun pengisian kendaraan listrik atau SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan Pertukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum. Stasiun (SPBKLU) untuk menyediakan. .

Sebagai komitmen lebih lanjut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2050.

Melalui peraturan tersebut, Pemprov Jabar telah menetapkan target terkait energi baru dan terbarukan (EBT) yang mencakup semua sektor seperti transportasi dan industri.

Untuk mempercepat penggelaran kendaraan listrik, sebanyak 26 perangkat daerah di Pemprov Jabar akan mulai menggelar kendaraan listrik tahun depan, menurut Ai.

“Mudah-mudahan solusi ini digagas, infrastruktur juga dimajukan, bagaimana keamanan dan kenyamanannya, kepercayaan masyarakat bahwa menggunakan kendaraan listrik aman dan nyaman, tanpa takut aki mati dan lain sebagainya,” ujarnya di acara Temu Tokoh Masyarakat. Aspirasi (TEPAS). ) dengan topik “Wisata Asyik Menggunakan Kendaraan Listrik” di Jembatan Rengganis Situ Patenggang, Sabtu (17 September 2022).

Pemprov Jabar juga akan bekerja sama dengan PLN dan pihak lain, termasuk UMKM, dalam pengadaan SPKLU dan SPBKLU.

“Jawa Barat sudah ada rencana SPKLU, kita yang melakukan flyover di mana pun PLN membangunnya dan yang kosong kita isi,” ujarnya.

Ai juga mengatakan, Pemprov Jabar telah banyak berkolaborasi dalam ekosistem kendaraan listrik. Salah satunya, Jawa Barat, mendapat dukungan dari UNDP.

Kemudian Jabar mendapat dukungan dari Ditjen Ketenagalistrikan. Dari jumlah tersebut, hingga tiga provinsi akan menjadi pilot project, yakni DKI, Jawa Barat, dan Bali. Ketiga provinsi tersebut didukung oleh tujuh unit SPKLU dan lima unit SPBKLU.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Beralih ke Kendaraan Listrik Itu Keharusan

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button