Pemdes Sidomulyo Pacitan mempercantik pantai Baban Gede - WisataHits
Jawa Timur

Pemdes Sidomulyo Pacitan mempercantik pantai Baban Gede

Pemdes Sidomulyo Pacitan mempercantik pantai Baban Gede

TIMESINDONESIA, PACITAN – Dalam rangka pemulihan ekosistem kawasan pesisir, Pemerintah Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, melakukan penghijauan dengan menanam bibit kayu Trembesi di kawasan Pantai Baban Gede pada Sabtu (01/07/2022). . .

Penyemaian 5.000 bibit kayu Trembesi dilakukan bersama aparat desa, lembaga desa, karang taruna, LPMD dan tokoh masyarakat.

Menurut Kepala Desa Sidomulyo, Mahrus Ali, penghijauan sendiri penting untuk menjaga kelestarian alam. Selain itu, Pantai Baban Gede memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan.

“Kami akan melanjutkan visi dan misi mantan Kepala Desa Sidomulyo, pertama kami akan membangun kolam renang, tapi sebelum kesana kami akan melakukan penghijauan untuk menjaga kelestarian alam,” ujarnya.

Pilih kayu trembesi, tambah Mahrus, saat kondisi tanah di kawasan pantai cukup labil, sehingga perlu diperkuat dengan banyak pohon untuk penopang jika ada peluang terjadinya gelombang pasang.

“Nantinya berfungsi untuk menjaga tekstur tanah dan juga memberikan kontribusi keindahan kawasan pantai,” imbuhnya.

Benih tanaman-2.jpgPemdes Sidomulyo dan Wakil Ketua DPRD Pacitan Fibi Irawan menunjukkan bibit Trembesi yang ditanam di kawasan Pantai Baban Gede. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Kepala desa muda yang juga seorang aktivis ini tak memungkiri bahwa pantai yang belum tersentuh tangan manusia ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding pantai lainnya. Namun, hal itu masih perlu menjadi perhatian pembuat kebijakan. Sedangkan akses dan fasilitas sangat minim.

“Sedangkan saat ini perlu dilakukan pekerjaan akses jalan, kemudian dari sisi pengamanan di sekitar pantai seperti pemasangan talud dan pagar di sekitar pantai,” jelas Mahrus.

Ia menilai, penghijauan merupakan langkah awal sebelum Pantai Baban Gede menjadi kawasan wisata. Rencananya, ke depan akan dibangun kolam renang, area camping.

“Karena masih perintis, saat ini sudah menjadi tempat pemancingan, ke depan akan terus kita pelihara, mudah-mudahan pemerintah Kabupaten Pacitan memberikan perhatian,” ujar Mahrus Ali.

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden DPRD Pacitan Fibi Irawan menegaskan selain dari dugaan pelestarian alam khususnya ekosistem melalui penghijauan, pantai Baban Gede merupakan aset desa yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Saya yakin ini akan menjadi andalan pariwisata ke depan sehingga bisa menambah pendapatan awal desa, sehingga perlu digagas dari sekarang,” ujarnya.

Keindahan Pantai Baban Gede

Benih tanaman-3.jpg

Pantai Baban Gede yang terletak di Dusun Kaliwaru, Desa Sidomulyo ini sebenarnya mengarah ke sebuah bukit menjulang tinggi yang memisahkan dua sisi barat dan timur.

Keindahannya sudah tidak diragukan lagi, deburan ombak yang menghantam karang menjadi ciri tersendiri. Sejauh mata memandang ke Samudera Hindia di selatan kawasan.

Banyak pemandangan indah yang bisa kita jumpai ketika sampai di puncak bukit, meski harus berjalan di atas struktur tanah yang bercampur bebatuan dan kapur, namun terlihat subur.

Di sebelah barat Anda juga bisa melihat bebatuan yang terpisah dari unitnya, yang terlihat kokoh meski berada di tengah lautan.

Untuk menambah keindahannya, tempat ini juga ditanami berbagai pohon seperti pinus dan lainnya. Sedangkan Pemdes Sidomulyo masih menggunakan dana swadaya dan kerjasama masyarakat.

Lokasi Pantai Baban Gede mudah ditemukan, berada di perbatasan desa Sidomulyo dan berjarak 15 kilometer dari Pendopo Kabupaten Pacitan melalui Jalan Lintas Selatan (JLS).

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button